6 Orang Ini Akan Dianugerahkan Gelar Pahlawan Dari Presiden Jokowi

6 Orang Ini Akan Dianugerahkan Gelar Pahlawan Dari Presiden Jokowi

Claudia Jessica Official Writer
254

Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh di Istana Negara pada 10 November atau bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara.

“Ada enam calon penerima gelar pahlawan nasional 2020, Insyaallah tidak ada perubahan,” kata Juliari seperti dilansir dari Antara, Jumat (6/11/2020).

Dua dari enam calon penerima gelar pahlawan nasional tersebut ialah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, lalu Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat. Gelar ini akan menjadi yang pertama bagi Maluku Utara dan Papua Barat karena hingga kini belum memiliki pahlawan nasional.

Kemudian ada juga Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama yang berasal dari DKI Jakarta.

Selanjutnya ada Arnold Mononutu daru Provinsi Sulawesi Utara juga akan menerima gelar pahlawan nasional.


Baca juga: BLT Tahap 2 Cair November, Tanggal Berapa Ya?


“Beliau juga tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan era Presiden Soekarno,” ucap Juliari.

Yang kelima ada Mr Sultan Mohammad Amin Nasution yang berasal dari Sumatera Utara dan yang keenam atau yang terakhir berasal dari Provinsi Jambi yakni, Raden Mattaher Pangeran Kusen bin Adi.

"Itu enam nama calon penerima gelar pahlawan nasional yang akan disampaikan langsung oleh Presiden di Istana Negara pada 10 November setelah upacara ziarah nasional," kata Juliari.

Juliari mengatakan bahwa keenam tokoh yang akan mendapatkan gelar pahlawan itu telah melalui proses, baik di Kementrian Sosial maupun Dewan Gelar.

Sumber : kompas.com

Ikuti Kami