Sumpah Pemuda Dan Perjuangan Untuk Persatuan dan Toleransi

Sumpah Pemuda Dan Perjuangan Untuk Persatuan dan Toleransi

Puji Astuti Official Writer
244

Hari ini, 28 Oktober menjadi peringatan bersejarah yang sangat penting, yaitu apa yang kita kenal saat ini sebagai Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1928. Saat itu bukan saja menjadi awal perjalanan panjang menuju kemerdekaan Indonesia, namun juga sebuah tekad bersama untuk bersatu tanpa melihat latar belakang kedaerahan, organisasi  ataupun agama untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang bersatu dan berdaulat. 

Kongres Pemuda II, dimana kesepakatan Sumpah Pemuda dibacakan, diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia atau yang kita kenal saat ini sebagai Jakarta. Berbagai organisasi pemuda daerah, agama dan politik berkumpul seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Batak, Jong Islamieten Bond, dan lainnya sepakat mengakui bahwa bertanah air yang satu, yaitu tanah Indonesia, mengakui berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung persatuan melalui bahasa yang satu, yaitu bahasa Indonesia. 

Generasi muda menjadi penggerak untuk lahirnya Bangsa Indonesia yang besar, mereka bergerak bersama dalam persatuan dan toleransi untuk mencapai tujuan bersama, dengan melihat sebuah visi yang besar untuk negeri ini. Bahkan, banyak nama mereka tak tercatat dalam sejarah, walau mereka mengorbankan jiwa raga mereka untuk memperjuangkan negeri ini. Mereka adalah orang-orang yang tanpa pamprih, pahlawan-pahlawan tanpa nama. 

Teladan dan jejak kaki mereka inilah yang perlu diikuti oleh anak-anak muda jaman ini, memperjuangkan kemajuan negeri ini dengan mengedepankan persatuan dan toleransi. 

Perjuangan saat ini bukan lagi melawan penjajah secara fisik, atau bertaruh nyawa di medan perang. Perjuangan jaman ini adalah untuk melawan pemecah belah dan penghancur toleransi yang muncul dalam berbagai wajah, mulai dari berita hoax, ideologi ekstrimis dalam berbagai bentuk, tindakan anarkis dan kebencian yang disebarkan, kemiskinan dan minimnya akses pendidikan, serta banyak hal lainnya. 

Inilah saatnya anak muda BERANI BERGERAK untuk berjuang bagi Indonesia. Mari bergandengan tangan membangun negeri ini untuk menjadi bangsa yang bersatu, penuh toleransi, adil dan makmur seperti impian para bapak pendiri bangsa Indonesia. Mari kita jaga bersama ideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi roh bangsa Indonesia. Mari, dimanapun Anda berada, ambil bagian untuk membangun Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami