7 Ayat Alkitab Yang Wajib Direnungkan Jelang Halloween

7 Ayat Alkitab Yang Wajib Direnungkan Jelang Halloween

Puji Astuti Official Writer
373

Sekalipun di Indonesia perayaan Halloween adalah sesuatu yang tidak lazim, namun budaya dari negara Eropa ini tetap muncul dalam berbagai bentuk dalam keseharian kita, mulai dari di sosial media, pusat perbelanjaan dan gentre film horor yang tampil di televisi ataupun layar lebar. 

Halloween yang merupakan hari libur di Amerika Serikat, yaitu setiap 31 Oktober memiliki sejarah panjang ribuan tahun ke belakang. Mulai dari bagian dari peringatan Samhaim, yang merupakan peringatan tahun baru bangsa Celtik atau Eropa Kuno,  yaitu peralihan ke musim dingin, hingga bagian dari peringatan Hari Orang Kudus (all saint day) dari umat Katolik. 

Walau ada upaya dari kalangan Kristen untuk memakai momen Halloween ini untuk memberitakan Injil, namun seperti tak bisa membendung suasana horor dan magis. 

Walau Alkitab tidak berbicara langsung tentang Halloween, namun ada banyak ayat Alkitab yang berbicara tentang setan, penyembahan berhala dan rasa takut. Berikut adalah 7 ayat Alkitab yang bisa Anda renungkan menjelang hari Halloween :

1# Roma 12:2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tuhan ingin kita menjadi pemberi pengaruh, bukan yang dipengaruhi. Pertanyaannya, apakah kita yang sedang dipengaruhi oleh budaya dunia ini? Apakah kita tahu apakah budaya yang ada saat ini seperti Halloween berkenan kepada Allah atau tidak? Hal ini yang harus menjadi pertimbangan kita. 

2# 2 Timotius1:7

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Ini yang membedakan Roh Tuhan dan roh yang ada di dunia ini, Roh Tuhan memberikan kita kekuatan, kasih dan ketertiban, tapi roh jahat menebarkan ketakutan. Jika Anda sudah merasakan atmosfer yang berlawanan dari Roh Allah, tinggalkanlah hal itu. 

3# Efesus 6:11

Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

Sebagai orang percaya Anda harus selalu waspada terhadap tipu muslihat Iblis. Dengan berbagai cara lihai si jahat berusaha membuat manusia lengah dan membuat apa yang jahat di mata Allah menjadi sesuatu yang menarik dan tak berbahaya, seperti budaya jaman ini yang membuat setan ataupun sihir menjadi tampil menarik dalam film dan buku-buku cerita. 

4# Efesus 6:12

Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Peperangan kita adalah melawan roh-roh jahat di udara, ini adalah sesuatu yang nyata. Apa yang terjadi di dunia ini, dikendalikan dari alam roh. Roh-roh jahat yang kita hadapi bukan mahluk yang menyenangkan atau lucu seperti dalam film-film, karena misi mereka adalah untuk menghancurkan, membunuh dan membinasakan manusia. 

5# 1 Timotius 4:7

Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.

Ini penting, daripada fokus kepada dongeng dan takhayul, yuk latih hidup kita beribadah dan fokus kepada kebenaran firman Tuhan. 

6# Yesaya 5:20

Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit.

Lihatlah segala sesuatu dari sudut pandang Tuhan, dan jangan biarkan dunia ini memutarbalikkan fakta. 

7# Efesus 5:15-17

Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

Buatlah prioritas yang benar, dan hiduplah sesuai dengan kebenaran. Jangan kompromi, tapi pegang teguh kebenaran firman Tuhan. 

Itulah 7 ayat Alkitab untuk direnungkan di akhir Oktober, di masa-masa jelang Halloween ini. Kiranya Anda diberkati dan semakin mengenal kehendak Tuhan dalam hidup Anda sebagai orang percaya. 

 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami