Langsung Mandi Setelah Olahraga Berbahaya?

Langsung Mandi Setelah Olahraga Berbahaya?

Claudia Jessica Official Writer
373

Mandi setelah olahraga bikin kita jadi sakit? Apakah benar begitu? Menurut dr. Sovian Anugerah dari Obor Berkat Indonesia, ada tahapan sebelum kita langsung mandi setelah berolahraga.

Karena setelah berolahraga, tubuh kita akan menjadi panas sehingga pori-pori kita terbuka dan cairan yang ada di dalam tubuh keluar menjadi keringat. Keringat adalah cairan kotor yang perlu kita buang. Maka dari itu, mandi setelah berolahraga sangat penting untuk mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh kita.

Tapi sebelum mandi setelah berolahraga, sebaiknya kita membiarkan suhu tubuh kita menjadi normal terlebih dahulu. Ketika kita berolahraga, kalori dalam tubuh akan terbakar dan membuat tubuh kita panas sehingga kita harus menetralkan kembali suhu tubuh.

Untuk menurunkan suhu tubuh setelah berolahraga, dr. Sovian mengatakan, kita bisa mengeringkan keringat dengan handuk, kemudian menunggu hingga tubuh kita berhenti mengeluarkan keringat.

Perlu diingat bahwa jangan biarkan keringat terlalu lama apa lagi dibiarkan mengering dengan sendirinya teruma dengan cara diangin-anginkan karena pori-pori kita dedang terbuka dan hal itu dapat menyebabkan udara, virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, di bawah kulit manusia juga terdapat kelenjar keringat yang dapat mendorong kulit mati keluar sehingga membuat tubuh kita menjadi bersih. Seperti yang kita ketahui, bahwa kulit mati dan keringat dapat menjadi daki. Apabila tidak dibersihkan tubuh akan menjadi kotor dan lembab sehingga menjadi media yang baik bagi pertumbuhan bakteri.


Baca juga: Kalori Defisit, Apakah Berbahaya Untuk Kita?


Setelah suhu tubuh mulai menurun, segeralah mandi dengan air dingin atau air biasa. Gunakanlah handuk baru yang bersih untuk mengeringkan tubuh, jangan gunakan handuk bekas mengelap keringat karena handuk tersebut sudah kotor dan terdapat banyak bakteri yang sebelumnya menempel di tubuh ataupun keringat.

Tapi dalam situasi tertentu, kita tidak bisa mandi setelah olahraga misalnya, tempat berolahraga tidak memiliki fasilitas kamar mandi, jarak tempat berolahraga jauh dari rumah dan sebagainya. Dalam situasi seperti ini, dr. Sovian menyarankan untuk setidaknya mengganti baju yang basah setelah berolahraga dengan baju yang bersih. Tentunya setelah kita mengeringkan keringat dengan handuk dan tubuh sudah berhenti menguluarkan keringat yang berlebihan.

Dr. Sovian juga menyarankan untuk melakukan mandi dengan air hangat sebelum tidur karena dapat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks sehingga istirahat jadi lebih maksimal karena tubuh sudah merasa kebutuhan hangatnya telah terpenuhi.

Jadi, JCers pilih mandi air hangat atau air dingin nih kalau habis olahraga? Tulis di kolom komen ya! Untuk video kesehatan lainnya, JCers bisa kunjungi YouTube kami dengan klik DI SINI.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami