Kenapa Sih Potensi Diri Anak Itu Harus Ditemukan Sekarang?

Kenapa Sih Potensi Diri Anak Itu Harus Ditemukan Sekarang?

Claudia Jessica Official Writer
468

Kapan kita harus menemukan potensi yang ada di dalam diri anak kita? Potensi anak sudah dapat diketahui sejak berusia balita. Namun, apakah terlambat jika baru menemukan potensi yang dimilikinya sekarang saat usianya sudah remaja? Tentu saja tidak.

Dengan menemukan potensi diri, anak akan dengan mudah menentukan tujuannya. Salah satu hal yang harus dimiliki adalah kemampuan public speaking atau berbicara di depan banyak orang.

Kemampuan public speaking dibutuhkan di semua bidang termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk untuk membangun ikatan pertemanan, persahabatan juga memperluas jaringan kerjasama dan usaha.

Skill ini tidak bisa diatasi hanya dengan modal keberanian, tapi juga membutuhkan persiapan baik secara pengetahuan maupun secara mental. Menurut Choky Sitohang, dengan berbekal persiapan yang matang, kita akan jauh lebih percaya diri saat berbicara di depan banyak orang.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mendukung anaknya mencapai kesuksesan. Salah satunya dengan mendukung minat dan bakat anak.

Untuk mendukung potensi anak, kamu perlu memahami mengapa sih anak perlu menguasai keahlian ini.

1. Dengan public speaking, anak mampu meningkatkan rasa percaya diri

Berbicara di depan banyak orang tentu membutuhkan rasa percaya diri yang cukup agar demam panggung atau tediam ketika berada di depan banyak orang dapat diatasi.

Dengan belajar public speaking, anak akan belajar untuk memupuk rasa percaya diri yang nantinya akan sangat berguna ketika anak harus berbicara di depan umum dan juga di saat-saat lainnya. Dengan demikian, kemungkinan untuk meraih karir yang lebih baik atau mencapai impian pun akan menjadi lebih terbuka.

2. Membuat orang lain memberikan perhatian kepadanya

Orang dengan kemampuan public speaking akan memiliki gaya bicara yang enak untuk didengarkan. Menjadi pribadi yang mudah untuk diajak bergaul juga dapat membuka peluang untuk karir nantinya.

Selain itu, orang dengan kemampuan ini juga cenderung hebat untuk merangkai kata-kata yang menarik sehingga dapat menjadi penjual yang andal.


Baca juga: Daripada Nonton Drakor, Mending Gali Pontensi Diri Selama di Rumah Lewat Hal Sederhana Ini


3. Meningkatkan kualitas diri anak

Ketika seseorang memiliki kemampuan yang baik untuk berbicara di depan umum atau banyak orang, maka banyak orang yang akan tertarik untuk merekrut orang tersebut atau bahkan mereka juga tertarik untuk melakukan kerja sama.

Kemampuan untuk menyakinkan klien adalah salah satu kelebihan dari orang-orang dengan kemampuan public speaking.

4. Membuat anak berpikir dengan lebih kritis

Public speaking menuntut orang untuk berbicara dengan menarik sehingga, dia harus memilih kata-kata dan cara penyampaian yang tepat. Secara tidak langsung, hal ini merangsang otak untuk lebih berpikir kritis.

Kemapuan berpikir kritis adalah kemampuan otak untuk mencari cara untuk memecahkan atau mengatasi permasalahan dengan cepat dan tepat.

Ketika berbicara di depan umum, orang akan dituntut untuk berpikir dengan cepat dan memilih kata-kata apa yang sebaiknya digunakan.

5. Anak mampu menjadi pemimpin

Berbicara di depan umum atau orang banyak, sering kali menuntut orang-orang untuk memperhatikan sang pembicara. Hal itu memberikan kepercayaan atau pengaruh terhadap apa yang dikatakan orang tersebut. Pada umumnya, orang-orang yang sering diminta untuk berbicara di depan umum adalah orang-orang yang dianggap memiliki kemampuan lebih dari orang lain.

Orang yang memiliki kelebihan dan mampu mempengaruhi orang lain adalah orang yang cocok untuk menjadi pemimpin. Seorang pemimpin bertugas untuk mendelegasikan tugas, memberikan instruksi, serta membuat anak buahnya percaya kepadanya. Semua itu sangat membutuhkan kemampuan public speaking.


Baca juga: Yuk Belajar Public Speaking, Agar Selepas Wabah Corona Karirmu Bisa Berkembang


Secara tidak langsung, mempelajari public speaking juga merupakan pelajara untuk menjadi seorang pemimpin.

Jika kamu ingin anakmu memiliki kemampuan yang luar biasa seperti ini, yuk ikuti Webinar 'Kembangkan Potensimu' yang diadakan oleh CBN Indonesia pada 7, 13, 14 November 2020.

Di Webinar ini, anak-anak akan diajarkan tentang 3 skill yang harus dimiliki generasi zaman now. Pastinya acara ini juga akan menghadirkan figur-figur bertalenta di Indonesia seperti Igor Saykoji, Choky Sitohang, Gamaliel Paulus, Yeshua Abraham dan banyak lagi.

Yuk daftar sekarang juga DI SINI.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami