Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Penting Ini

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Penting Ini

Lori Official Writer
186

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun ini kembali diperingati secara serempak. Kali ini Presiden Jokowi akan memimpin upacara peringatan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. 

Upacara peringatan ini sendiri juga digelar secara virtual mengingat situasi pandemi yang masih terjadi. Sehingga jajaran menteri dan pejabat negara diwajibkan menghadiri mengikutinya secara virtual di kantor masing-masing.

Terkait peringatan Kesaktian Pancasila ini, Presiden Jokowi sendiri mengunggah ucapan selamat melalui akun Instagramnya. Dia menuliskan bahwa ‘Setiap era dan zaman selalu datang dengan tantangannya sendiri.’

Dia menilai bangsa Indonesia pun telah melewati berbagai tantangan sejak masa kemerdekaan hingga masa pembangunan. Demikian pula dengan tantangan yang saat ini dihadapi berupa pandemic Covid-19.

“Bagi bangsa Indonesia, tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk kita hadapi di zaman kemerdekaan, di masa pembangunan, pada era globalisasi. Dan  sekarang negara kita ditantang dengan ujian yang tak alang-kepalang. Pandemi Covid-19,” tulisnya.

Meski begitu, Presiden Jokowi tetap optimis jika tantangan ini akan berhasil dilalui bangsa Indonesia. Pastinya jika persatuan dan kesatuan  terbangun dengan baik dengan dasar ideologi Pancasila.

“Semua tantangan itu selalu dapat kita lewati dan kita menangi berkat kekuatan yang nyata, yaitu persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila,” terangnya.


Baca Juga: Mengapa Orang Kristen Harus Memperingati Hari Lahir Pancasila?


Senada dengan itu, Mendikbud Nadiem Makarim juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen bagi bangsa Indonesia kembali diingatkan akan perjuangan para pahlawan di masa lalu. Dengan menyadari sejarah Pancasila, dia percaya masa krisis saat ini juga terlewati dengan tetap menyalakan api Pancasila sebagai penerang. 

Nadiem berpesan supaya setiap orang bisa menyalakan lilin Pancasila sesuai dengan kapasitasnya masing-masing melalui tindakan kemanusiaan.

“Kita mengenal Pancasila sebagai akar yang menyambung masa lalu dan masa depan kita bersama. Tapia pa arti Pancasila bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, apa makna dari sila-sila Pancasila bagi seorang pemimpin, seorang pekerja, seorang guru, seorang ibu dan seorang anak? Kalau melihat dengan seksama, kita bisa menyadari Kesaktian Pancasila terus menjadi sejarah daging di generasi kita. Di masa krisis seperti ini lilin-lilin Pancasila menerangi kegelapan di mana-mana,”ungkapnya lewat unggahan video di Youtube Kemendikbud RI.

Seperti diketahui, peringatan resmi Hari Kesaktian Pancasila ini dimulai dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan pembacaan Naskah UUD NKRI Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.  

Pembacaan ikrar dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Lalu diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Sama seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dan Mendikbud Nadiem Makarim, mari optimis jika tantangan pandemi Covid-19 ini akan berhasil dilalui bangsa Indonesia dengan baik. Karena itu penting untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar warga negara yang berdasar kepada ideologi Pancasila.

Untuk itu, segenap jajaran tim Jawaban.com juga turut mengucapkan Selamat Hari Kesaktian Pancasila untuk Indonesia. Biar berbeda-beda, tapi mari menjadi satu untuk mewujudkan kemajuan bangsa.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami