Alkitab Bahasa Isyarat Akhirnya Lengkap Setelah 4 Dekade!

Alkitab Bahasa Isyarat Akhirnya Lengkap Setelah 4 Dekade!

Claudia Jessica Official Writer
401

Setelah hampir 4 dekade, Alkitab lengkap dengan Bahasa Isyarat Amerika akhirnya selesai untuk pertama kalinya.

Terjemahan Alkitab dalam bahasa isyarat untuk pertama kalinya telah diterbitkan dan dirayakan secara luar biasa di Amerika. Pelayanan ini akan membutuhkan usaha yang besar untuk membuat penduduk Amerika bisa membaca Alkitab tersebut.

Deaf Missions, sebuah pelayanan yang didedikasikan untuk mengkomunikasikan “Injil Yesus dengan para Tunarungu melalui bahasa hati, budaya dan identitas mereka,” memulai proyek tersebut pada awal 1980-an.

Pada tahun 2016, misi tersebut bermitra dengan Wycliffe USA, American Bible Society, Deaf Bible Society, Deaf Harbour, DOOR International, Pioneer Bible Translators, dan Seed Company untuk menyelesaikan proyek tersebut, menurut Mission Network News.

Bab terakhir yang dibutuhkan diselesaikan dalam musim gugur tahun ini. Sekarang 70 juta orang teman tuli di dunia dapat memiliki Alkitab dengan Bahasa Isyarat secara gratis melalui media sosial ataupun pada aplikasi di ponselnya. Terjemahan ini dipimpin oleh teman-teman tuli yang terlatih dengan Bahasa yang Alkitabiah.

“Sekitar 98% populasi tunarungu di seluruh dunia tidak pernah bertemu dengan Yesus yang sebenarnya,” catat situs web Deaf Missions. “Apa masalah nomor satu yang dihadapi teman tuli dalam hal mengenal Yesus? Jawabannya bermuara pada dua kata: hambatan komunikasi.”

Ini merupakan reaksi yang luar biasa dan menarik dari komunitas Kristen Tuli di AS.

Melakukan penerjemahan Alkitab Bahasa Isyarat dengan video membutuhkan waktu lebih lama daripada melakukan penerjemahan dengan teks atau buku.

Presiden Deaf Missions, Chad Entinger bersyukur kepada Tuhan karena kemurahan hati para donatur, mitra penerjemah, dan banyak bantuan lain yang didapatkan sehingga Alkitab Bahasa Isyarat ini dapat diselesaikan 13 tahun lebih cepat daripada yang ditargetkan.

Presiden The Deaf Bible Society JR Bucklew mengatakan penting bagi teman tuli untuk memiliki Alkitab dalam Bahasa isyarat.


Baca juga: Franklin Graham Sebut Hanya Tuhan yang Bisa Selesaikan Kekacauan Amerika


Mereka bertujuan untuk menyediakan jalan menuju Kristus bagi jutaan orang yang tuli dan buta dan tidak memiliki cara lain untuk berkomunikasi secara efektif dengan dunia.

Pada bulan Maret, Wycliffe Associates merilis terjemahan Perjanjian Baru dalam bahasa berbasis konsep baru yang disebut SUN (Symbolic Universal Notation), sebuah representasi simbolis dari kata-kata dalam Alkitab.

Dikembangkan oleh Wycliffe Associates, SUN bertujuan untuk menyediakan jalan menuju Kristus bagi jutaan orang yang tuli dan buta dan tidak memiliki cara lain untuk berkomunikasi secara efektif dengan dunia.

“Bahasa hati, itu terkait dengan identitas seseorang,” jelas Etinger kepada MNN. “Agar seseorang melihat sesuatu dalam bahasa hatinya yang benar-benar akan menangkap hatinya, dan orang itu kemudian akan merasa seperti, ‘Ya ampun, mereka sebenarnya berkomunikasi dengan saya. Ini adalah bahasa saya.’”

Keren sekali ya, sekarang Alkitab juga tersedia dalam bentuk Bahasa Isyarat. Semoga dengan kehadiran Alkitab Bahasa Isyarat ini banyak teman tuli yang terberkati dan tentunya bisa mengenal Tuhan lebih dekat melalui Alkitab.

Sumber : christianpost.com

Ikuti Kami