Bukan Cuma Luna Maya, Cedera Metatarsalgia Juga Pernah Dialami 5 Atlet Dunia Ini Loh!

Bukan Cuma Luna Maya, Cedera Metatarsalgia Juga Pernah Dialami 5 Atlet Dunia Ini Loh!

Lori Official Writer
160

Kabar gak menyenangkan datang dari model dan aktris Luma Maya. Lewat sosial media, dia menyampaikan kalau dirinya sedang mengalami cedera di salah satu bagian kakinya.

Setelah menjalani pemeriksaan, rupanya cedera yang dideritanya disebut dengan istilah metatarsalgia yang merupakan nyeri dan peradangan pada bola kaki.

Luna Maya pun menceritakan awal kejadian yang menimpa kakinya tersebut karena jatuh dari tempat tidur.

"Jadi sekitar berapa hari sebelum aku ke Bali, dua hari atau sehari. Aku jatuh dari tempat tidur aku. Jadi pagi-pagi kan mau lari terus aku stretching, ngulet, ngulet, guling-guling kan suka gitu. Dan ternyata di ujung tempat tidurku, tempat tidurku lumayan tinggi," ungkapnya.

Menyadari tubuhnya akan jatuh ke lantai, Luma Maya pun mencoba untuk menahan bagian tubuh dengan salah satu kakinya. Sampai akhirnya kejadian tak terduga pun terjadi.

“Jadi aku benar-benar jatuh mau ke muka. Aku kaget refleks, namanya bangun pagi mau jatuh ke muka, kalau misalnya enggak refleks, nyelamatin diri aku, bisa kepala aku. Aku coba pakai kaki ternyata kakinya enggak siap, dan bunyinya krek. Aku inget dan cuma diem, aku kayak tuh bodoh banget,” lanjutnya.

Kejadian itupun membuat kakinya mulai merasa nyeri, mulai bengkak dan membiru.

 

Apa Itu Metatarsalgia

Istilah metatarsalgia ini diambil dari nama bagian tulang kaki yang disebut metatarsus atau metatarsal yang meliputi lima tulang panjang di kaki.

Pada umumnya cedera ini kerap dialami oleh atlet. Hal ini bisa terjadi karena benturan atau tekanan yang terlalu keras yang mengenai tulang metatarsus. Selain itu bisa juga karena kelainan kaki dan juga sepatu yang terlalu ketat atau longgar.

Walaupun umumnya cedera ini tidak serius, metatarsalgia bisa membuat seseorang tidak nyaman.

 

Gejala-gejala yang Dirasakan

Saat mengalami cedera metatarsalgia, seseorang akan mengalami beberapa gejala seperti:

1. Nyeri tajam atau terbakar di bagian bola kaki, telapak di belakang jari-jari kaki.

2. Nyeri yang memburuk saat berdiri, berlari, melenturkan kaki atau berjalan terutama tanpa alas kaki di permukaan yang keras dan membaik saat beristirahat.

3. Nyeri tajam dan menusuk, mati rasa atau kesemutan di jari-jari kaki

4. Merasa bagian kaki seperti ditusuk-tusuk saat mengenakan sepatu


Baca Juga: Ternyata Ini Loh Penyebab Nyeri Otot Habis Olahraga


Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Jika kondisi cedera dianggap masih ringan, maka penderita bisa melakukan beberapa pengobatan ini.

  • Mengompres bagian kaki yang cedera dengan es setiap 15 sampai 20 menit sekali sepanjang hari
  • Mengkonsumsi obat anti peradangan seperti ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit
  • Mengistirahatkan kaki dari aktivitas yang berat, termasuk berjalan dan berlari. Pastikan posisi kaki tetap tegak selama istirahat

Namun untuk kondisi yang cukup parah seperti patah tulang metatarsal yang menyebabkan kaki bengkak dan membiru, harus ditangani secara medis. Karena kondisi tertentu bisa memaksa penderita harus menjalani operasi, pemasangan gips dan terapi pada kaki.

Kondisi cedera metatarsalgia ini sendiri pernah juga dialami oleh atlet-atlet kenamaan dunia. Bukan saja harus istirahat dari pertandingan, tapi sebagian dari mereka juga harus menjalani operasi karena tulangnya dinyatakan patah. Siapa saja mereka? Diantaranya ada:

1. David Beckham. Dia mengalami cedera metatarsal pada tahun 2002 silam. Dia harus beristirahat dari lapangan sepakbola selama dua bulan penuh sebelum siap bertanding di Piala Dunia waktu itu.

2. Wayne Rooney. Sepanjang karirnya Rooney sudah mengalami empat kali cedera metatarsal. Yang terakhir dia alami pada tahun 2006 silam. Tanpa menunggu lama, dia pun segera pulih dan siap bertanding.

3. Michael Owen. Pada tahun 2005 lalu, Owen harus menghadapi komplikasi cedera metatarsal. Kondisinya dianggap cukup parah sehingga memaksanya untuk mengambil waktu istirahat selama 17 minggu.

4. Neymar. Pada tahun 2018 silam, Neymar juga mengalami retak tulang metatarsal. Kondisi ini memaksanya untuk menjalani operasi dan pemasangan baut di bagian tulangnya.

5. Lionel Messi. Saat sedang bermain di lapangan, Messi harus mendapatkan benturan keras tepat di bagian kakinya. Cedera itupun membuat dia harus vakum selama tiga bulan untuk menjalani pengobatan.

Jadi, walaupun kemungkinan besar cedera metatarsal ini dialami oleh banyak atlet. Tapi pengalaman Luna Maya juga mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati ya. Jangan sampai bagian kaki kita terkena benturan atau tekanan karena kesalahan kita sendiri. 

 

Buat kamu yang belum tahu bagaimana caranya memulai pola hidup sehat, Jawaban.com punya kabar baik buat kamu. Tepatnya pada Rabu, 26 September 2020 nanti, kita akan mengadakan Webinar bertajuk ‘Sehat Kuat Bersama Jawaban’. Bagi kamu yang berminat bisa segera mendaftarkan diri dengan menghubungi atau mengirim pesan ke SINI.

Sumber : Jawaban.com

Live Chat

Email

Phone / SMS
0811 9914 240
0817 0300 5566

Whatsapp
0822 1500 2424

Ikuti Kami