Ini Sebabnya Kenapa Ponsel Bisa Bikin Mata dan Kepala Sakit, Pernah Ngalamin Gak?

Ini Sebabnya Kenapa Ponsel Bisa Bikin Mata dan Kepala Sakit, Pernah Ngalamin Gak?

Lori Official Writer
365

Gak ada yang benar-benar tahu berapa banyak dari kita yang mengalami sakit kepala dan mata secara bersamaan setelah memakai ponsel dalam waktu yang lama.

Tapi dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa disebabkan oleh penggunaan ponsel yang lama, sehingga membahayakan saraf mata dan juga otak.

Ada beberapa gejala fisik yang terjadi saat menatap ponsel dalam jangka waktu yang lama, diantaranya:

  • Mata tegang dan kelelahan
  • Sakit mati atau peradangan
  • Penglihatan kabur atau terganggung
  • Mata kering
  • Disfungsi mata saat berkedip
  • Sakit kepala (baik migrain maupun pusing seluruhnya)
  • Mata sensitif terhadap cahaya (fotofobia)

Penggunaan ponsel atau perangkat komputer dalam kehidupan sehari-hari memang bukan tanpa risiko. Karena itulah penting untuk mengidentifikasi 4 gejala rasa sakit kepala dan kelelahan pada mata akibat ponsel.

1. Mata terasa lelah

Bahkan untuk mata dan otak yang sehat, menatap layar ponsel dalam waktu yang lama bisa menyebabkan sakit kepala atau gejala kelelahan pada sepertiga pengguna ponsel.

Tanda-tanda awal dari kelelahan mata terjadi saat seseorang menatap layar ponsel selama satu jam lebih. Kondisinya akan jauh lebih parah saat mata terpapar layar ponsel lebih dari empat jam.

Penting dicatat bahwa semakin sering kita memakai perangkat seluler, semakin besar pula kemungkinan mengalami berbagai gejala sakit pada mata.

Beberapa penyebab sakit mata adalah karena latar cahaya pada ponsel dan juga ukuran font ponsel atau komputer.

2. Tidak toleran atau sensitif terhadap cahaya

Migrain pada umumnya disebabkan karena paparan cahaya buatan, terutama dari layar ponsel. Walaupun ada banyak penelitian berpendapat berbeda tentang penyebab migraine, tapi dipastikan jika penggunaan ponsel berisiko pada terjadinya migrain.

Saat rasa sakit muncul, maka mata akan secara otomatis akan sensitif terhadap cahaya. Kondisi ini disebut dengan fotofobia atau hiper-reaktivitas otak. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengeluh kalau cahaya dalam ruangan terlalu terang walaupun sebenarnya cahaya tergolong normal.

3. Leher dan tulang belakang tegang

Kakunya leher dan tulang belakang dipercaya terjadi akibat penggunaan ponsel dalam waktu yang lama.

Kondisi ini biasa disebut dengan neuralgia oksipital, dimana saraf di tulang belakang terkompresi dan menyebabkan sakit kepala menjalar dan nyeri di bagian tubuh yang lain.

4. Menatap layar ponsel di ruang gelap

Kebiasaan menatap ponsel di tengah ruangan gelap bisa membahayakan kesehatan.

Setelah 20 menit terpapar layar dalam gelap, kita bisa mengalami lebih banyak gejala ketegangan mata secara siginifikan, seperti mata kering, mengalami sensasi terbakar dan sensitif terhadap cahaya. Sakit kepala dan kelelahan ini bisa berlangsung lama.

 

Cara mengatasi sakit kepala dan mata

Menonton televisi, komputer, tablet, ponsel dan video game dalam waktu yang lama adalah penyebab utama dari kelelahan pada mata yang berujung pada rasa sakit yang muncul dari mata dan kepala.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini diantaranya:

1. Mengambil waktu istirahat untuk mata seperti berjalan sebentar dan meregangkan leher, lengan dan punggung.

2. Jika sakit kepala terus berlanjut dan menyebabkan migrain, cobalah memejamkan kedua mata dan mulailah tarik napas dalam untuk membuat otak menjadi rileks.

Yuk sayangi mata kita dari sekarang dengan memastikan penggunaan ponsel yang tepat.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami