Kekinian! ‘Sofa Kuning’ Mola TV Kenalkan Kembali Lagu Anak Nusantara Sambil Nostalgia

Kekinian! ‘Sofa Kuning’ Mola TV Kenalkan Kembali Lagu Anak Nusantara Sambil Nostalgia

Claudia Jessica Official Writer
531

Mirwan Suwarso yang mewakili Mola TV mengemukakan saat ini keberadaan lagu anak di Indonesia kian berkurang. Bahkan saat ini, anak-anak lebih memilih mendengarkan atau menyanyikan lagu-lagu untuk orang dewasa yang tidak sesuai dengan usianya.

Ia mengatakan, banyak anak tidak pernah mengenal lagu anak karya ibu Soed, Pak Kasur, AT Mahmud yang legendaris, seperti 'Naik Delman', 'Burung Kutilang', 'Lihat Kebunku', 'Naik Kereta Api', 'Menanam jagung', dan masih banyak lagi. Padahal lagu anak pernah mencapai masa keemasan hingga tahun 2000-an.

Melalui hal ini, Mola TV membuat program ‘Sofa Kuning’ yang menampilkan lagu anak-anak Indonesia yang diaransemen ulang dengan nuansa yang lebih segar serta mengikuti perkembangan zaman sehingga lebih mudah untuk disukai oleh anak-anak.

Tak hanya itu, program ini juga diharapkan bisa menjadi acara yang dapat mengajak keluarga untuk berkumpul, belajar, dan bermain bersama.

"Kami berharap acara 'Sofa Kuning' dapat menjadi sebuah acara yang mengajak keluarga berkumpul bersama, belajar bersama dan juga bermain bersama. Kami pun yakin bahwa acara 'Sofa Kuning' akan menjadi acara yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak balita Indonesia," tutur Mirwan.

Pada episode perdananya yang tayang di NET TV, Sofa Kuning mendapatkan banyak dukungan positif. Selain itu, sebagai bagian dari upaya menarik perhatian seluruh anggota keluarga, “Sofa Kuning” mengajak pemirsa di rumah turut bermain dengan menyediakan hadiah sebesar 200 juta rupiah bagi 45 pemenang setiap minggunya.

Bersama dengan pasangan musisi Aqi Singgih dan Audrey Meirina dari grup musik DIAA bersama kedua buah hati mereka mengaku menyanyikan lagu-lagu anak yang tak hanya menghibur tapi juga memiliki unsur pendidikan dengan gaya yang kekinian merupakan satu kesempatan yang luar biasa bagi pasangan ini.


Baca juga: Ini Loh Penyanyi Kristen yang Masuk Nominasi Musik Dove Awards ke-51, Ini Daftarnya


Selain memperkenalkan kembali lagu-lagu anak, orang tua juga ikut bernostalgia mendengarkan kembali lagu-lagu anak Indonesia, sehingga mudah untuk memperkenalkannya kepada anak-anak mereka. Hal ini juga yang dilakukan oleh pasangan Aqi Singgih dan Audrey Meirina kepada buah hatinya agar mereka bisa mengajarkan lagu-lagu anak yang sesuai dengan usianya.

"Seneng dan excited banget bisa ikut ambil bagian dari program ‘Sofa Kuning’ ini. Gue tumbuh dengan nyanyiin lagu-lagu ini pas kecil, dan sekarang dengan mengaransemen ulang, gue bisa sekaligus ngajarin anak-anak gue kenal lagu yang sesuai umur mereka. Bonusnya, gue punya quality time terus sama keluarga! Seru!" ulas Aqi.

Sementara itu, buat Audrey Merina, ‘Sofa Kuning’ merupakan program impiannya bahkan sebelum memiliki anak. Ia menilai ‘Sofa Kuning’ bisa menaikkan kembali pamor lagu-lagu anak yang kian tenggelam.

Well, ini general lagu-lagu anak Indonesia banyak terkubur aja. Bahkan anak-anakku sendiri banyak menyanyikan lagu barat. Sementara lagu anak Indonesia ini bagus-bagus banget. Ngajarin pantun, ngajarin santun, seperti lagu Pergi Sekolah dan, ya berimajinasi lah,” sambung Audrey.

Selain kedua musisi di atas, Mola TV juga merangkul SMK Raden Umar Said - Kudus dalam pembuatan program 'Sofa Kuning'. SMK yang dikenal sebagai penghasil animator-animator terbaik itu membuat tokoh animasi yang ikut bernyanyi, menari dan berinteraksi sepanjang acara, yang pasti akan menarik untuk ditonton anak-anak bersama keluarga.

Wah, selain memperkenalkan kembali lagu-lagu anak Indonesia yang mampu mendidik anak-anak sekaligus membuat orang tua nostalgia, program ‘Sofa Kuning’ juga merangkul anak bangsa untuk berkarya.

Semoga dengan adanya program ini, anak-anak bisa mengenal budaya negaranya dan menumbuhkan rasa nasionalisme mereka ya. 

Sumber : detik.com

Ikuti Kami