Obati Sariawan Tanpa Rasa Sakit. Cek Di Sini!

Obati Sariawan Tanpa Rasa Sakit. Cek Di Sini!

Claudia Jessica Official Writer
318

Sariawan merupakan keadaan umum yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Biasanya, sariawan ditandai dengan munculnya lesi berwarna putih atau kuning yang muncul di bibir, pipi, gusi ataupun lidah.

Hal yang menjengkelkan dari sariawan biasanya membuat kita menjadi sulit untuk makan, terasa sakit saat bicara, juga saat sikat gigi.

Penyebab pasti sariawan masih belum diketahui. Namun, biasanya sariawan muncul ketika manusia mengalami stres, infeksi terhadap virus atau jamur, alergi, dan kekurangan makanan atau minuman.

Biasanya sariawan akan sembuh dengan sendirinya setelah 10-14 hari. Tapi, tidak perlu khawatir karena jika kamu tidak dapat menahan rasa sakitnya, sariawan dapat diatasi tanpa rasa sakit. Bagaimana caranya?

1. Kumur dengan larutan garam

Campurkan 1 sendok teh garah atau 1 sendok teh baking soda dengan 200 ml air hangat, lalu berkumur dengan larutan ini selama 15-30 detik. Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

2. Perbanyak minum air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sariawan bisa terjadi karena kurangnya asupan air, minum banyak air terutama air dingin, dapat membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan bongkahan kecil es batu di atas sariawan hingga meleleh sebagai obar sariawan alami.

3. Oleskan magnesium hidroksida

Magnesium hidroksida merupakan antasida yang biasa digunakan bersamaan dengan aluminium hidroksida untuk meredakan gangguan pencernaan seperti asam lambung. Zat ini terdapat pada obat maag cair.

Selain mengobati gangguan pencernaan, magnesium hidroksida juga bisa digunakan sebagai obat sariawan. Zat ini dapat menurunkan tingkat keasaman di mulut sehingga sariawan tidak bisa berkembang, mencegah iritasi, dan mengurangi rasa sakit.

Oleskan sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan beberapa kali sehari untuk mengobati sariawan.

4. Konsumsi makanan bergizi

Kekurangan berbagai nutrisi, dapat memicu tumbuhnya sariawan. Karenya, konsumsilah makanan, sayuran serta buah-buahan yang tinggi akan vitamin C, vitamin B, folat, zinc dan besi.

Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan vitamin B komoleks yang dipercaya dapat mempercepat kesembuhan sariawan.

Supaya sariawan gak makin parah, kamu juga bisa melakukan hal-hal berikut:

- Rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.

- Hindari konsums makanan pedas atau asam yang menyebabkan iritasi dan nyeri menih lanjut.

- Sikat gigi secara perlahan atau gunakan sikat gigi yang lembut serta pasta gigi tanpa deterjen.

- Konsumsi makan lunak yang mudah ditelan. Potong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.

- Hindari makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat melukai sariawan, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.

- Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

- Jangan menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar.

- Jika mulut benar-benar terasa sakit, gunakan sedotan jika ingin minum.

- Berhenti merokok.

Apabila sudah melakukan hal di atas dan sariawan tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter. Terutama jika sariawan semakin membesar, menyebar, setelah 3 minggu dan terasa sangat sakit meskipun telah minum obat. 

Jagalah keseharan mulutmu dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari. Semoga sehat selalu ya, JCers.

Sumber : alodokter

Ikuti Kami