Salah Satu Kebahagiaan Rumah Tangga: Akur Dengan Mertua. Ini 7 Rahasianya!

Salah Satu Kebahagiaan Rumah Tangga: Akur Dengan Mertua. Ini 7 Rahasianya!

Claudia Jessica Official Writer
478

Hubungan antara mertua dan menantu adalah hubungan yang unik. Sebagian bisa sangat dekat hingga memahami satu sama lain, sebagian lagi menjaga jarak dan bahkan sebagian lagi ada yang berselisih paham.

Namun bagaimanapun juga, mertuamu adalah orang tua dari pasanganmu. Tinggal bersama dengan mertua atau tidak, kamu harus tetap memiliki hubungan yang baik, akur dan rukun agar bisa bahagia, bukan?

Untuk membangun hubungan yang harmonis, tentu membutuhkan effort. Ini dia 7 tips yang bisa kamu coba untuk membangun hubungan yang harmonis dengan mertua.

1. Saling menghargai perbedaan

Sangatlah wajar apabila kita memiliki perbedaan dengan mertua. Berbagai faktor dari usia yang terpaut jauh, memiliki kebiasaan atau kesukaan yang berbeda, perbedaan prinsip, hingga perbedaan suku bisa menyebabkan perselisihan.

Namun, semua hal tersebut bukanlah sesuatu yang lantas bisa diperdebatkan. Ajak mertuamu untuk bicara dari hati ke hati, diskusikan tentang batasan-batasan yang bisa mertua lakukan terhadapmu lalu buatlah kompromi.

Jika hal ini tidak berhasil, kamu bisa mengajak pasangan untuk berdiskusi bersama kalian.

2. Lakukan kegiatan bersama mertua

Menghabiskan waktu bersama dengan orang lain dapat meningkatkan kedekatan diantara mereka termasuk antara mertua dan menantu. Gak harus lakukan hal yang berat, kamu bisa mengajak mertua untuk menyiapkan makan malam bersama, olahraga bersama, menonton serial tv kesukaannya, atau sekedar ngobrol bersama.

3. Rawat suami dan anak-anak dengan baik

Mertua akan bahagia ketika anaknya bahagia dan melihat cucu-cucunya tumbuh sehat. Membahagiakan pasangan dan cucunya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya memenuhi kebutuhan mereka secara finansial dan emosional.

4. Miliki empati

Cobalah untuk tidak melihat segala sesuatu hanya dari kacamatamu sendiri. Tapi cobalah untuk melihat dari sudut pandang mertuamu. Dengan mencoba menempatkan diri pada posisi mereka, maka kita akan lebih memahami sudut pandang dan jalan pikirannya.

Ketika kita dapat melihat melalui sudut pandanganya, sedikit-banyak kita mampu memahami perasaannya dan kita mampu berempati dan tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan cara pikir dan sudut pandang.

5. Tunjukkan perhatian kepadanya

Perhatian khusus dapat membuat seseorang merasa spesial. Tak perlu tunggu hari spesial seperti hari ulang tahunnya, kamu bisa memberikan mertuamu hadiah kecil atau mengirimkan makanan kesukaannya.

6. Jangan ragu meminta saran atau pendapatnya dan menghormatinya

Selayaknya orangtuamu sendiri, kamu bisa meminta nasehat dan pendapat dari mertuamu untuk rumah tanggamu. Jika kamu menghadapi masalah dengan pasanganmu, kamu bisa bercerita dengan orang tua atau mertuamu.

Pengalaman mereka mungkin saja bisa membantumu menghadapi masalah yang saat ini kamu hadapi.

7. Berkunjunglah sesekali

Jika kamu tinggal terpisah dengan mertua, kamu juga bisa mengunjunginya secara langsung, melalui telepon maupun pesan. Jagalah komunikasi karena hubungan yang baik, didasari dengan komunikasi yang baik juga.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami