Tak Usah Takut, Tuhan Sudah Janjikan 8 Penjagaan Sempurna Atas Hidupmu

Tak Usah Takut, Tuhan Sudah Janjikan 8 Penjagaan Sempurna Atas Hidupmu

Lori Official Writer
909

Tuhan gak terkejut sama sekali dengan apa yang kita hadapi setiap hari. Tuhan berdaulat atas segala sesuatu, jadi Dia tahu semua tentang kondisi, kepanikan, kekacauan dan kejahatan yang kita hadapi dalam hidup. Dia selalu bersama kita, gak peduli masalah apa yang kita hadapi.

Melalui firman-Nya, Tuhan mengingatkan kita akan janji perlindungan dan kuasa-Nya yang tak terbatas atas kita.

Dari Mazmur 18: 2, kita bisa memetik 8 janji penjagaan-Nya atas kita.

"Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!"

1. Tuhan Adalah Bukit Batuku

Waktu kita tergoncang dengan keadaan hidup, penting untuk mengingat bahwa Tuhan adalah bukit batu kita. Dia adalah Tuhan yang perkasa dan berkuasa.

Gak ada sosok lain yang bisa kita andalkan selain daripada Dia. Tuhan ibarat orangtua yang jadi tempat perlindungan saat seorang anak dihantui ketakutan.

2. Tuhan Adalah Kubu Pertahananku

Kubu pertahanan atau benteng biasanya bersifat sangat kuat dan sulit untuk ditembus. Demikian pula dengan sosok Tuhan. Dia adalah tempat perlindungan dan kubu pertahanan. Tidak ada yang bisa menggoncangkan-Nya. Bahkan dalam kisah waktu Yesus dicobai di padang gurun, Dia membuktikan bahwa tak satupun yang bisa mempengaruhi-Nya selain daripada tetap teguh kepada kehendak Allah.

Tuhan adalah kubu pertahanan kita yang jauh lebih kuat dari apapun. Tidak ada yang bisa mengalahkan Tuhan. Si musuh memang akan selalu menyerang kita dengan ketakutan tapi Tuhan tahu bahwa itu hanyalah taktik si iblis untuk membuat kita terkecoh dari kuasa Tuhan.

3. Tuhan Adalah Penyelamatku

Untuk melahirkan kita harus mengalami rasa sakit. Kadang, kita harus dikeluarkan dari situasi yang terjadi di sekitar ita. Seperti Tuhan membebaskan Daniel dari gua singa. Dia tidak dibebaskan secara fisik, tapi sebaliknya Tuhan menutup mulut singa dan menjagai Daniel dengan mengirimkan malaikatnya (Daniel 6: 19-23).

Di kayu salib, Yesus sudah membebaskan kita dari hukuman dosa. Dan Tuhan juga sudah melepaskan kita dari kuasa dosa, karena kita diberitahu kalau Yesus akan memerdekakan dan kita akan benar-benar merdeka (Yohanes 8: 36).

4. Tuhan Adalah Allahku

Tuhan adalah Allah  yang hidup. Dia bahkan memastikan kita bisa terhubung dengan Dia kapan pun dan dimanapun. Dia memberikan ita akses kepada kerajaan Surga.

Allah adalah Allah dan Dia punya jalan pikir yang jauh lebih tinggi dari jalan pikir kita sediri (Yesaya 55: 8-9).

Tuhan peduli kepada kita dan Dia mau kita menyerahkan rasa kuatir kita kepada-Nya (1 Petrus 5: 7). Kalau orang-orang di dalam hidup kita bisa meninggalkan kita, maka Tuhan berjanji tidak akan meninggalkan kita sendirian (Ulangan 31: 6).

5. Tuhan Adalah Tempat Perlindungan

Tempat perlindungan bisa dimaknai sebagai tempat kita lari dari bahaya atau perteduhan saat dalam kesusahan. Di masa-masa ini kita isa mengalami sejuta ketakutan yang membuat kita bingung harus lari atau mencari tempat perteduhan kemana. Karena itulah dengan jelas Tuhan menyampaikan diri-Nya sebagai tempat perlindungan bagi orang-orang yang lemah, kecil dan rentan.

Mari belajar seperti Daud waktu dia dikejar-kejar pasukan Raja Saul, dia memilih untuk berseru kepada Tuhan dan meminta pertolongan. Mintalah maka Dia akan menyelamatkan kita dari bahaya.

6. Tuhan Adalah Perisaiku

Tuhan memberikan perlindungan atas kita Musuh kita, si iblis, berjalan seperti singa yang mengaum-ngaum mencari mangsa untuk diterkam (1 Petrus 5: 8).

Tapi Tuhan mengingatkan bahwa saat kita sudah menerima Tuhan, kita adalah anak-anak Tuhan dan bahwa Roh Tuhan yang tinggal di dalam kita lebih besar dari musuh yang ada di dunia ini (1 Yohanes 4: 4).

Tuhan sendiri mengatakan bahwa Dia adalah perisai kepada Abraham  (Kejadian 15: 1). Tuhan adalah Bapa yang penyayang dan Dia akan selalu melindungi kita.

7. Tuhan Adalah Tanduk Keselamatan

Tanduk melambangkan pengorbanan Yesus di kayu salib. Itu adalah janji perlindungan masa depan untuk orang percaya. Jens tanduk yang dimaksud adalah senjata mematikan seekor sapi liar. Dalam kitab suci dikatakan, “Engkau meninggikan tandukku seperti tanduk lembu” (Mazmur 92: 9).

Tuhan adalah tanduk keselamatan karena Dia memakai kuasanya untuk mengamankan dan melindungi umatNya. Tuhan bukan saja sebagai tanduk keselamatan untuk membebaskan kita, tapi juga untuk menjadikan kita menjadi orang-orang kudus dan benar yang tidak hidup dalam ketakutan karena kita sudah percaya kepada-Nya.

8. Tuhan Adalah Kota Bentengku

Benteng adalah sesuatu yang terlindungi dari serangan. Dan Tuhan adalah benteng kita. Dia memberi kita firman-Nya untuk membimbing kita dan memberi kita hikmat.

Tuhan juga memberitahu kita bagaimana kita harus mengenakan perlengkapan senjata Tuhan. Dengan perlengkapan itu, kita akan mampu melawan para penguasa, otoritas dan kekuatan gelap dunia ini (Efesus 6: 10-18).

Dalam hidup, ada kalanya kita akan berhadapan dengan hal-hal yang mustahil. Tapi kita diingatkan bahwa hal yang tak mungkin bisa jadi mungkin di dalam Dia (Matius 19: 26).

Apakah hari-hari ini kamu merasa terancam, dikejar sesuatu atau diserang kekuatiran berlebihan? Perkatakanlah Mazmur 18: 2 di atas dan percayakan semua hal dalam hidupmu di dalam Dia.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami