Claudia Jessica

Official Writer
322


Sebelumnya, kita telah membahas 4 fakta mengenai trauma. Kali ini kita akan membahas 5 fakta lainnya. Ayo disimak:

• Kamu bisa menyakiti seseorang meskipun kamu memiliki niat baik

Dikutip dari iBelieve.com, penulis mengalami penolakan oleh pembimbingnya ketika dirinya mengajukan diri untuk membantu memimpin pelayanan kampus. Penulis merasa marah selama beberapa dekade dan kemudian bertemu kembali satu sama lain dan menceritakan apa yang dialaminya kepada pembimbingnya dahulu.

Pembimbingnya meminta maaf, dia tidak meminta maaf dan penulis pun tidak berkomunikasi dengan baik kepadanya. Meskipun memiliki niat baik, dia masih merasa sakit. Namun bagaimanapun, kerendahan hatinya menyembuhkan hubungan mereka.

• Hubungan yang sehat adalah terapi terbaik untuk menyembuhkan trauma

Dalam bukunya, The Boy Who Dibesarkan sebagai Anjing, psikolog Bruce Perry menceritakan pengalamannya membantu anak-anak dari kompleks Cabang Davidian yang hancur. Beberapa anak dikirim ke kerabatnya, dan beberapa dikirim di rumah kelompok dengan para professional yang siap sedia 24/7.

Setelahnya, Perry menemukan anak-anak yang dikirim ke anggota keluarga mengalami pemulihan dari trauma. Pengalaman itu membuatnya menjadi rendah hati, dan dia berkomentar, "Orang, bukan program, yang mengubahkan orang."

Obat-obatan, rawat inap, dan bantuan profesional adalah alat penting untuk penyembuhan, tetapi hubungannya dengan keluarga, teman, dan gereja yang menjadikan alat profesional itu paling efektif.

Tuhan menciptakan kita untuk persekutuan, dan tanpanya, manusia tidak bisa berkembang.

• Memulihkan diri dari trauma memerlukan kepercayaan pada diri sendiri

Kita semua rentan terhadap penipuan dan kesombongan diri. Namun, setelah kamu mengalami pelecahan, para pelaku bahkan melucuti harga dirimu yang sehat, kepercayaan diri hingga emosi.

Yesus memanggil kita untuk menyangkal diri kita sendiri, Dia berbicara tentang bayangan diri kita sendri, bukan rupa Allah yang sempurna. Tapi sering kali gereja tidak menjelaskan perbedaan ini.


Baca juga:

Kamu Punya Trauma? Ini 8 Fakta yang Harus Kamu Ketahui (Bagian-1)


• Gereja mengambil peran untuk membantu kita sembuh

Teolog, pelayanan awam, pelatihan pastoral, dan komunitas gereja kita harus bijak dalam memahami bagaimana trauma bekerja, seperti apa bentuknya, dan bagaimana mengenalinya.

Kita harus bekerja untuk menyembuhkan trauma alih-alih mengatakan agama sebagai kepura-puraan dan diberkati. Kita harus membangun komunitas yang penuh dengan cinta dan rasa memiliki yang kuat yang berfungsi sebagai dasar untuk pemulihan bagi setiap orang yang patah hati.

Gereja memiliki akses pemulihan yang unik. Kita memiliki cinta kasih Yesus Kristus yang diberikan tanpa pamrih, komunitas gereja, tubuh dan roh yang diberikan Tuhan. Bersama-sama kita dapat sembuh dan memberkati dunia yang membutuhkan kasih Tuhan.

Sumber : iBelieve


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7230

advertise with us