Mata Terasa Kering dan Sensitif? Lakukan 6 Hal Ini Untuk Meredakannya
Sumber: unsplash.com

Health / 22 July 2020

Kalangan Sendiri

Mata Terasa Kering dan Sensitif? Lakukan 6 Hal Ini Untuk Meredakannya

Claudia Jessica Official Writer
1989

Berapa banyak waktu yang kamu habiskan selama sehari untuk menatap layar? Layar komputer, layar ponsel, atau bahkan layar TV?

Mata yang terus terpapar sinar radiasi dari gadget dapat mengalami sindrom penglihatan komputer dengan gejala seperti penglihatan yang menurun atau kabur, mata terbakar atau menyengat, sensitivitas terhadap cahaya, sakit kepala, dan sakit punggung dan leher.

Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, lakukan 6 hal ini untuk meredakan ketegangan dan menghindari rasa sakit:

1. Sesuaikan sudut tampilan

Sudat pandang sangat berpengaruh pada sindrom penglihatan komputer atau yang dikenal Computer Vision Syndrome (CVS). Untuk sudut yang ideal, layar harus berjarak 20 hingga 28 inci dari matamu dan 4 hingga 5 inci di bawah ketinggian mata.

Jika kamu harus melihat bolak-balik antara layar dengan bahan referensi, simpanlah materi di tempat yang kamu lihat dengan gerakan kepala dan minimalkan gerakan mata.

2. Kurangi silau

Sering kali huruf yang tertulis di layar memiliki sedikit kontras yang tipis antara huruf dan latar belakang atau terlihat silau sehingga membuat mata harus bekerja lebih keras. Hal ini dapat mengakibatkan sensitivitas terhadap cahaya.

Posisikanlah layarmu untuk menghindari silau dari lampu atau jendela. Kamu bisa menutup jendela atau mengubah lampu dengan watt yang lebih rendah di lampu mejamu. Jika kamu tidak bisa mengubah pencahayaan untuk meminimalkan silau, belilah filter untuk layarmu.

3. Gunakan aturan 20-20-20

Ketika kamu menggunakan komputer atau perangkat untuk jangka waktu yang lama, gunakanlah aturan ini. Ketika kamu telah menatap layar selama 20 menit, alihkanlah pandanganmu kepada objek lain yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

Ini dapat membuat fokus kembali serta otot mata tidak tegang. Setelah menggunakan komputer selama 2 jam, istrirahatkanlah mata selama 15 menit.

4. Sering berkedip

Biasanya, orang berkedip sekitar 18 kali per menit, tetapi pengguna komputer cenderung hanya berkedip seperempatnya saja. Ini dapat membuat mata menjadi kering.

Berkediplah lebih sering untuk mengurangi risiko ini. Kemudian jagalah kelembaban di kamar setidaknya 40% saat tidur untuk mengurangi risiko mata kering.

5. Periksa mata

Jika kamu mengenakan kacamata atau lensa kontak, kamu perlu memiringkan kepala atau condong ke layar untuk melihatnya dengan jelas, resep lensa kamu mungkin perlu disesuaikan.

Ataus sekalipun kamu tidak memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatan, setidaknya kamu membutuhkannya untuk menggunakan komputer atau perangkat lainnya.

6. Batasi waktu layar

Bekerja di depan layar selama 8 jam dan masih memainkan ponsel di luar jam tersebut, membuat mata kita kerap kali kelelahan. Karenanya, buatlah waktu untuk menggunakan gadget dan waktu untuk mengistirahatkan matamu ya.

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang luar biasa dimana kita dapat melihat segala sesuatu dan kita memerlukannya untuk melakukan begitu banyak aktivitas. Jadi, jagalah kesehatan matamu ya JCers.

Sumber : health.clevelandclinic.org
Halaman :
1

Ikuti Kami