Claudia Jessica

Official Writer
390


Di masa new normal ini bukan hanya gaya hidup saja yang berubah. Keuangan pribadi juga perlu berubah untuk menyesuaikan kebutuhan yang harus dipenuhi selama menjalani new normal.

Selama pandemi covid-19 berlangsung, begitu banyak orang menghadapi masalah finansial. Mungkin kamu termasuk salah satunya. Untuk menghadapi hal ini, tentu saja kita harus mempersiapkan kondisi finansial yang ideal untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan pada masa new normal?

1. Evaluasi Jumlah Pemasukan

Pemasukan yang kamu dapatkan harus menutupi semua kebutuhan lama dan baru serta beberapa kebutuhan penting lain yang harus dipenuhi.

2. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran sering kali dianggap sepele. Padahal, dengan mencatat setiap kegiatan keuangan, kamu bisa mengevaluasi kondisi keuangan di waktu mendatang.

Dengan catatan keuangan yang jelas, kamu jadi bisa membuat penilaian di akhir periode sehingga kamu bisa melihat secara objektif dan akurat seberapa banyak uang yang kamu habiskan untuk hal-hal yang bukan prioritas.

3. Urutkan Pengeluaran Berdasarkan Prioritas

Setelah mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, mulailah urutkan berdasarkan prioritas kebutuhan. Buatlah pola kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai prioritas pengeluaranmu dan kelompokan apa saja pengeluaran yang dapat ditunda atau bahkan sudah tidak diperlukan sama sekali.

4. Bijaklah Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk memenuhi kehidupan. Sedangkan keinginan, kamu masih bisa tetap hidup meskipun tidak terpenuhi serta tidak mempengaruhi kehidupanmu sehari-hari.

Di era new normal ini, cobalah untuk menahan diri melakukan keinginanan yang tidak begitu penting.

5. Atur Ulang Pos Pengeluaran

Setelah mencatat dan mengevaluasi pengeluaranmu, kini saatnya untuk mengatur ulang pos-pos pengeluaran. Selain itu, berdasarkan protokol kesehatan di tengah masa pandemi ini, ada beberapa hal penting yang harus mausk ke dalam daftar belanja kebutuhan sehari-hari seperti; masker, sanitizer, disinfektan hingga sarung tangan.

Selain itu kamu juga perlu membeli vitamin dan makanan sehat lainnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Evaluasi dan hitung kembali pengeluaran yang kamu butuhkan.


Baca juga:

Jadi Kunci Selamatkan Negara Dari Resesi, UMKM Dapat Banyak Bantuan Loh! Yuk Dimanfaatkan

Tetap Optimis Di Tengah Resesi Yang Melanda Dunia, Indonesia Pasti Bisa

Jadi Bahan Perbincangan, Apa Sih Resesi Ekonomi Itu?


6. Temukan Peluang Untuk Menambah Penghasilan

Demi kondisi finansial yang stabil, manfaatkanlah peluang sebaik mungkin untuk mencari penghasilan tambahan. Manfaatkan waktu yang kamu miliki selama di rumah untuk bereksplorasi diri dan tetap produktif.

Terutama jika kamu bekerja di perusahaan yang terdampak covid yang berpotensi untuk mengurangi jumlah pekerja ataupun pemotongan gaji.

Membuka bisnis online atau menjadi freelancer yang dapat bekerja tanpa terikat oleh waktu dapat menjadi pekerjaan sampingan dan menambah penghasilanmu.

Teruslah berpikir kreatif untuk memanfaatkan peluang disetiap keadaan sehingga kamu bisa mendapatkan kondisi keuangan yang sehat serta ideal yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

Jadilah bijak untuk mengelola uang yang kamu miliki untuk memenuhi kebutuhanmu. Orang yang bijak akan memperhatikan langkahnya (Amsal 14:15).

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7234

Kanan Agustus