Ini Loh 5 Fakta Penyakit Diabetes yang Sebabkan Komedian Omas Meninggal

Ini Loh 5 Fakta Penyakit Diabetes yang Sebabkan Komedian Omas Meninggal

Lori Official Writer
403

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Pada Kamis, 16 Juli 2020 kemarin, komedian Omaswati atau akrab disapa Omas meninggal dunia di usia 54 tahun. Menurut konfirmasi dari pihak keluarga, kematian Omas disebabkan komplikasi diabetes yang dideritanya.

Seperti diketahui, diabetes adalah salah satu penyakit mematikan karena menyerang sistem hormon dalam tubuh. Kondisi ini ditandai dengan terganggunya produksi hormon insulin dari pankreas sehingga tubuh tidak memperoleh asupan insulin yang cukup. Kondisi inilah yang menyebabkan penumpukan gula dalam darah yang bisa berujung pada komplikasi seperti stroke dan serangan jantung.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang diabetes, ketahui 5 fakta berikut:

Fakta 1: Sekitar 422 juta orang di seluruh dunia mengalami diabetes

Dikutip dari situsnya, WHO menyampaikan bahwa diabetes terus meningkat selama 3 dekade terakhir. Peningkatan tertinggi terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Di tahun 2012, penyakit diabetes menyebabkan kematian terhadap 1.5 juta orang. Karena itulah penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Fakta 2: Diabetes terdiri dari 3 jenis yaitu Tipe 1, Tipe 2 dan diabetes gestasional

Diabetes Tipe 1 sendiri merupakan golongan diabetes dimana tubuh gagal memproduksi insulin. Itu sebabnya penderita tipe 1 akan selalu bergantung pada insulin buatan sendiri setiap hari untuk tetap bisa bertahan.

Diabates Tipe 2 merupakan kondisi dimana tubuh masih memproduksi insulin. Tapi masalahnya, sel-sel tubuh tidak lagi merespon insulin dengan efektif. Sehingga fungsi insulin dalam tubuh tidak lagi bekerja dengan maksimal. Diabetes tipe ini merupakan jenis yang paling umum terjadi di seluruh dunia.

Sementara yang terakhir adalah diabetes gestasional. Diabetes ini umumnya terjadi kepada ibu hamil dimana selama masa kehamilan muncul perubahan hormon yang menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan persalinan. Walaupun penyakit ini akan sembuh setelah melahirkan, tapi pada umumnya ibu dan anak yang dilahirkan kemungkinan akan menghadapi peningkatan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.


Baca Juga:

Rekomendasi Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Benar Gak Sih Makan Buah-buahan Bisa Sebabkan Diabetes?


Fakta 3: Diabetes bisa menyebabkan komplikasi

Penyakit diabetes umumnya akan menyebabkan dua macam komplikasi yaitu mikrovascular (kerusakan pembuluh darah kecil) dan makrovaskular (kerusakan pembuluh darah besar).

Komplikasi mikrovascular meliputi kerusakan pada mata yang berujung kebutaan, kerusakan ginjal dan saraf, impotensi serta infeksi parah pada kaki yang memaksa tindakan amputasi.

Sedangkan komplikasi makrovascular meliputi terjadinya serangan jantung, stroke dan penyumbatan aliran darah.

Selain itu, diabetes juga bisa menyebabkan perubahan pada kesehatan mulut, gigi dan juga emosi pada wanita hamil.

Fakta 4: Diabetes tidak disebabkan semua jenis gula

Kebiasaan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula tinggi seperti soda, makanan olahan dan cemilan ringan memang bisa berpotensi menyebabkan diabetes.

Tapi perlu diketahui bahwa makanan dengan kandungan gula murni seperti buah, tidak akan menyebabkan diabetes.

Diabetes Tipe 1 sendiri terjadi karena diwariskan dari gen bawaan keluarga, gangguan autoimun dan juga konsumsi makanan olahan yang mengandung gula buatan. Sementara Diabetes Tipe 2 kebanyakan menyerang orang-orang dengan kelebihan berat badan akibat konsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak kalori.

Fakta 5: Belum ditemukan obat untuk menyembuhkan diabetes

Sampai hari ini penderita diabetes harus terus berjuang mengkonsumsi insulin untuk tetap bertahan. Karena dunia medis sendiri masih belum menemukan obat untuk menyembuhkan diabetes.

Meski begitu, penderita diabetes Tipe 2 tetap punya kemungkinan untuk sembuh jika menjalani pola hidup sehat dengan teratur. Seperti rutin berolahraga fisik selama 30 menit setiap hari dan mengatur pola makan sehat untuk mengurangi peningkatan glukosa darah.

Serangan penyakit diabetes mengingatkan bahwa kita sedang berada di tengah perang melawan beragam penyakit mematikan. Tersedianya berbagai produk makanan olahan murah dan enak di pasaran jelas sangat menggoda kita untuk menjalani pola hidup yang tidak sehat. Kalau kita benar-benar sayang sama hidup kita, mari belajar untuk menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami