Claudia Jessica

Official Writer
382


Dengan menghirup wanginya saja, mie instan sudah terasa menggiurkan bagi kebanyakan orang. Hampir semua orang sepakat bahwa mie instan adalah makanan yang lezat sekaligus terbilang murah.

Mie instan sendiri memiliki banyak penggemar mulai dari masyarakat kalangan bawah sampai mengah atas. Tidak terkecuali seorang pria berinisial TS yang menceritakan pengalaman pahitnya mengonsumsi mie instan.

Sebagai seorang perantau, TS memutuskan untuk mengonsumsi berbagai macam varian mie instan demi menghemat biaya pengeluaran per bulannya. Bahkan TS bisa menghabiskan setengah kardus mie instan dalam kurun wakti seminggu.

Karena perbuatannya sendiri, TS harus merasakan muntah darah dan dirinya divonis untuk tidak boleh mengonsumsi mie instan lagi sepanjang hidupnya.

Melalui facebooknya, TS menuliskan "Dalam waktu seminggu, gue bisa menghabiskan setengah kardus mi instan baik itu kuah atau goreng, bahkan rekor yang pernah gue alami adalah tiga kardus dalam waktu tiga minggu," tuturnya.

Kemudian yang semakin memperparah keadaannya adalah, TS langsung tidur setelah mengonsumsi mi instan. Makanan yang baru saja masuk dan belum sempat dicerna oleh sistem pencernaanmu tetapi kamu langsung pergi tidur.

"Dulu gue paling sering sehabis ngemil mi instan atau apapun itu langsung tidur begitu ngantuk," tambahnya.

Selama kita tidur, sistem pencernaan akan melambat. Inilah alasan makan larut malam ataupun tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan, karena enzim dan asam lambung yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi tidak aktif, sehingga menumpuk kalori dalam tubuh.

Hingga suatu hari, TS merasakan dampak buruk akibat perbuatannya. Ia muntah darah dan juga merasa kerongkongannya seperti terbakar. Setelah melakukan pemeriksaan di rumah sakit, TS didiagnosa hernia hiatal.

Hernia hiatal terjadi ketika bagian atas perut menonjol melalui otot besar yang memisahkan perut dan dada (diafragma).

Diafragma punya celah kecil (hiatus) yang melaluinya tabung makanan (esofagus) lewat sebelum terhubung ke perut. Pada hernia hiatal, perut mendorong ke atas melalui celah itu dan masuk ke dada.

Hernia Hiatal yang besar dapat memungkinkan makanan dan asam untuk kembali ke kerongkongan, yang menyebabkan mulas.


Baca juga:

Kalau Gak Terkontaminasi, Jamur Enoki Punya 8 Manfaat Ini Loh Buat Kesehatan!

Menjenguk Bayi Baru Lahir Di Masa COVID-19 Memang Rentan. Ini Yang Harus Kamu Perhatikan


Beberapa gejalanya yaitu: maag, regurgitasi makanan atau cairan ke dalam mulut, arus balik asam lambung ke kerongkongan (acid reflux), kesulitan menelan, nyeri dada atau perut, sesak napas, muntah darah atau buang air besar, yang mengindikasikan perdarahan gastrointestinal.

Kemudian, tidak hanya mie instan saja yang dilarang. Tapi TS juga dilarang mengonsumsi beberapa makanan lain yang digemari oleh anak muda seperti minuman bersoda, makanan pedas dan asam, kopi, keripik, hingga makanan atau minuman panas. Kemudian, TS juga dilarang untuk tiduran setelah makan.

"Harus duduk atau berdiri minimal 30 menit, dan kalau bisa 2-3 jam. Hal ini dikarenakan asam lambung akan surut mencerna makanan di lambung dalam waktu 2 jam (untuk non daging) atau 3jam (untuk daging)," cetusnya.

Kemudian beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

• Hindari kebiasaan telat makan.

• Makan dalam porsi kecil namun sering lebih baik daripada sekaligus dalam porsi besar.

• Hindari konsumsi makanan tidak sehat.

• Hindari konsumsi makanan pedas, asam, berminyak berlemak, kopi, teh, cokelat, alkohol dan kebiasaan merokok jika kamu memiliki penyakit asam lambung.

• Hindari aktivitas berat setelah makan. Sebaiknya beri jarak sekitar 2 hingga 3 jam untuk memberikan kesempatan lambung mengosongkan isinya baru melakukan aktivitas berat atau olahraga agar dapat lebih efektif, nyaman dan tidak menimbulkan gejala kenaikan asam lambung.

Makan mie instan boleh saja. Tetapi tetap perhatikan efek samping yang ditimbulkan dari makan makanan instan seperti ini ya. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Dan juga, ingat bahwa tubuh kita adalah bait Allah yang telah dibayar lunas dengan harga yang mahal yaitu darah Yesus.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

Kanan Agustus