Cara Atasi Hutang & Menambah Penghasilan, Rahasianya Diungkap di Webinar Solusi Talks Ini

Cara Atasi Hutang & Menambah Penghasilan, Rahasianya Diungkap di Webinar Solusi Talks Ini

Puji Astuti Official Writer
484

Kondisi pandemi saat ini bukan hanya berdampak kepada mereka yang sakit saja, namun juga kepada banyak orang yang terdampak kondisi ekonominya, dan tidak sedikit yang mengalami keputusasaan bahkan ada yang sempat berpikir mau bunuh diri, hal itu disampaikan oleh Juhono Sudirgo, CFP, QWP dalam acara webinar Solusi Talks melalui Zoom bertema "Mengatasi Hutang dan Menemukan Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi" pada Jumat, 19 Juni 2020 lalu.

“Saya sampai harus bikin kelompok-kelompok, untuk mentoring, ada banyak orang yang harus di tolong. Mulai dari Medan hingga di Biak, Papua sana,” demikian Juhono menjelaskan bagaimana ia melakukan mentoring keuangan secara online.

Ia mendorong mereka yang hadir dalam acara webinar Solusi Talks untuk mengajak mereka yang mengalami masalah keuangan untuk masuk dalam komunitas sehingga ada orang yang mendampingi, sehingga yang sudah putus asa bisa menemukan pengharapan.

Acara webinar ini terbagi dalam dua sesi, diawali dengan pemaparan tentang cara mengatasi hutang dan sesi kedua tentang cara menemukan penghasilan tambahan.

Mengatasi hutang, temukan akar masalahnya

Hutang tidak selalu negatif, demikian ungkap Juhono, “jika digunakan untuk hal produktif atau menghasilkan.” Seperti hutang kepemilikan mobil, namun mobil tersebut digunakan untuk usaha seperti taksi online.

Yang berbahaya adalah saat orang melakukan hutang konsumtif.  Hal inilah yang  membuat banyak orang terjerat hutang , yaitu hutang konsuntif untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.

Untuk penyelesaian kondisi  ini Juhono merujuk kepada kisah janda nabi yang mendapatkan warisan hutang, seperti yang ditulis  firman Tuhan dalam 2 Raja-raja 4:7, “Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."

Baca juga: 

Solusi Talks Financial, Menjadi Jawaban di Masa Krisis

Solusi Talks: Tips Membuat Rumah Produksi – Yandy Laurens, Sutradara Keluarga Cemara

Untuk mereka yang terjerat  hutang karena gaya hidup, satu-satunya cara  memperbaikinya adalah dengan menurunkan gaya hidup, fokus membayar hutang, dan hidup dibawah penghasilan mereka, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Dua hal lain yang membuat orang terjerat hutang adalah salah investasi, Ia melarang kita untuk berhutang sebagai modal awal investasi.  Dan yang ketiga adalah musibah tanpa asuransi

Disini setiap peserta diminta evaluasi, dibagian manakan mereka melakukan kesalahan. Apakah karena salah gaya hidup, salah investasi atau karena mengalami musibah tanpa asuransi.

Ada banyak hal lain yang dibahas dalam seminar ini, seperti bagaimana mengajukan kelonggaran pelunasan hutang ke bank, bagaimana cara menghadapi penagih hutang (debt collector), bagaimana menghindari jebakan pinjol. 
Menemukan penghasilan tambahan

Sedangkan untuk sesi menambah penghasilan, Juhono mengajak semua peserta untuk menyalakan survival mode atau mode bertahan hidup, yaitu memulai usaha tanpa modal dan tanpa hutang.

Bagaimana caranya?

Ada beberapa peluang menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal, seperti menjadi makelar mobi, property, atau agen asuransi. Bisa juga dengan menjadi reseller atau jualan dengan system dropship secara online.

Jika pun mau memulai usaha sendiri, disarankan dari apa yang dimiliki, seperti skill yang ada, atau alat-alat yang dimiliki di rumah. Lalu produknya dipasarkan dengan menggunakan social media.

Juhono juga mengingatkan bahwa setiap orang memiliki 6 harta yang dipercayakan oleh Tuhan, yaitu spiritual asset, soul asset (contoh pendidikan), body asset (kesehatan), relationship asset (dukungan keluarga), dan financial asset.

Dengan mengenali asset yang dimiliki dan memaksimalkannya akan membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Idenya pun bisa mencontek dari orang lain, hanya perlu menerapkan prinsip ATM : Amati, Tiru dan Modifikasi.

Dipastikan bahwa webinar Solusi Talks kali ini sangat memberkati, apa lagi peserta yang ikuti diberi kesempatan untuk tergabung dalam kelompok kecil untuk dimentori langsung oleh Juhono Sudirgo sehingga mereka bisa benar-benar menerapkan apa yang sudah dipelajari. Wah, kesempatan yang langka ya.

Jadi, pastikan Anda ikut dalam webinar-webinar yang akan diadakan oleh CBN Indonesia selanjutnya ya. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami