Pernah Merasa Insecure, Runner Up Miss Universe Ini Sembuh Berkat Tuhan

Pernah Merasa Insecure, Runner Up Miss Universe Ini Sembuh Berkat Tuhan

Lori Official Writer
876

Maria Venus Bayonito Raj atau dikenal dengan sapaan Venus Raj mengaku pernah merasa insecure atau tidak aman dengan dirinya sendiri. Sampai pada akhirnya, dia bisa membebaskan dirinya dari perasaan negatif tersebut setelah menemukan identitasnya di dalam Tuhan.

Mantan runner up 4 Miss Universe 2010 ini menyampaikan bahwa perasaan insecure yang dialaminya dulu terletak pada rasa takutnya dalam membuat pilihan dan keputusan yang tidak tepat. Seringnya dia akan mulai merasa takut gagal dan ditolak .

Dia pun mengaku perasaan insecure itu muncul akibat pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu. Seperti momen saat dirinya merasa terintimidasi oleh orang lain. Selain itu dia juga tumbuh tanpa mengenal ayah kandungnya.

"Hal itu meninggalkan kekosongan besar di dalam hatiku. Aku tidak merasa dicintai. Aku merasa sangat tidak aman dengan anak-anak lain yang punya ayah atau keluarga lengkap," ucapnya.

Untuk mengisi kekosongan itu Venus pun memenuhinya dengan hubungan bersama para pria. “Aku pikir kalau aku punya pacar, aku akan lengkap dan semua rasa insecureku akan hilang. Tapi itu ternyata tidak benar,” katanya.

Pada akhirnya wanita kelahiran Doha, 7 Juli 1988 ini menyadari identitasnya.

“Kalau kamu tidak tahu nilaimu sebagai pribadi, kamu akan selalu menekankan nilaimu pada benda, pada hubungan dan pada orang lain,” jelasnya.

Dia pun membeberkan kunci bagaimana dia sembuh dari rasa insecure yang dia alami.

Pertama, katanya, menemukan nilai dirinya di dalam Tuhan. “Kedua, temukan keamananmu di dalam Dia yang telah merajutmu di dalam rahim ibumu. Dan terakhir, temukan kepercayaan dirimu pada pribadi yang sudah menciptakanmu dengan menakjubkan dan luar biasa,” ungkapnya.

Dia pun menjelaskan bahwa setiap orang akan mengalami sebuah kekosongan yang berbentuk Tuhan di dalam hatinya. Jadi untuk mengisi kekosongan itu, kita hanya membutuhkan Tuhan. “Tidak ada orang lain yang bisa (mengisinya),” ucap Venus.

Setelah menemukan identitasnya di dalam Yesus, Venus mengakui kalau seketika itu rasa insecure yang dia alami seketika lenyap. Dia gak lagi menaruh nilainya kepada setiap perkataan orang lain selain kepada firman Tuhan.

Dia berpesan supaya siapapun yang sedang merasa insecure untuk mencari Tuhan dengan segenap hati.

“…apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati…” – Yeremia 29: 13

Setelah semakin dekat dengan Tuhan, wanita asal Filipina ini pun memilih untuk hidup sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan. Dia bahkan memutuskan untuk menghapus semua foto-foto dengan busana seksi dari Instagramnya. Dia bahkan memilih berhenti bermain Facebook sejak tahun 2017 silam.


Dia beralasan bahwa sebelum mengenal Tuhan, dia cenderung tidak melindungi tubuhnya dalam menjalani setiap hubungan dengan seseorang. Karena itu, dia memilih untuk menjaga tubuhnya sebagai bait kudus Allah.

“Sejak aku mengenal Tuhan, sesuai keyakinanku aku (memilih) tidak memakai pakaian renang lagi di depan umum karena akum au melindungi mata orang lain, mata saudara-saudaraku di dalam Kristus, dan orang-orang yang menyaksikanku dengan pakaian itu,” katanya.

Saat ini, Venus pun aktif terlibat dalam satu organisasi kemanusiaan di Filipina bernama Elevate Movement. Bersama organisasi ini dia aktif menyuarakan terhadap anak-anak remaja dan anak muda.

“Ini adalah pelayanan kaum muda dan kami pergi ke sekolah yang berbeda di seluruh Filipina. Kami membantu siswa sekolah menengah, bahkan mahasiswa, untuk mengatasi masalah mereka seperti kehamilan dini, seks pranikah, masalah keluarga, dan lain-lain. Aku akan berbicara di depan mereka. Lalu aku juga mengikuti berbagai kegiatan perusahaan,” jelasnya.

Di masa-masa lajangnya, dia berharap bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan hati Tuhan.

“Doaku adalah ‘Tuhan kalau Engkau menginginkan aku melajang selama sisa hidupku supaya kehendakMu terjadi. Bisakah Engkau menghilangkan keinginan (menikah) dari hatiku.’ Saat ini, aku masih punya keinginan untuk membangun hubungan (dengan seseorang), punya keluarga, menjadi istri, menjadi seorang ibu,” katanya.

Mari belajar dari Venus Raj bahwa Tuhan bisa melengkapi rasa tidak aman di dalam diri kita. Karena itu, carilah Tuhan dan temukanlah identita sejatimu di dalam Dia.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami