Aman Gak Sih, Pakai Lensa Kontak di Masa Covid-19 Ini?

Aman Gak Sih, Pakai Lensa Kontak di Masa Covid-19 Ini?

Claudia Jessica Official Writer
776

Memakai lensa kontak tidak menempatkan seseorang pada risiko yang lebih besar terkena paparan COVID-19. Tapi yang menjadi masalah adalah kebersihan yang baik dan penggunaan kontak yang tepat untuk saat ini sangat penting.

Seperti yang diketahui bahwa virus corona diperkirakan memasuki tubuh melalui mata, hidup dan mulut. Jadi secara teori, jika tanganmu terkontaminasi oleh virus corona, kemudian kamu mententuh matamu, kamu bisa terinfeksi.

Orang yang memakai lensa kontak cenderung lebih sering menyentuh mata, inilah masalah utamanya. Karenanya sangat penting bagi pengguna lensa kontak untuk menjaga kebersihannya.

Mencuci dan mengeringkan tangan sebelum memakai atau melepas lensa kontaknya. Rawatlah lensa kontakmu sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pabrik pembuat lensa atau dokter matamu.

Jika kamu sering menggosok mata, pertimbangkan untuk beralih menggunakan kacamata. Selain itu, disarankan juga untuk menghentikan pemakaian lensa kontak jika kamu sakit terutama dengan gejala pilek atau flu.

Dengan menggunakan kacamata bukan berarti kamu telah aman dari ancama virus corona. Tapi setidaknya dengan menggunakan kacamata kamu bisa meminimalisir kontak pada mata.

Selain itu, memakai kacamata juga juga dapat menurunkan risiko infeksi bakteri kornea yang tidak ada kaitannya dengan COVID-19 namun bisa menyebabkan kehilangan penglihatan secara permanen atau kebutaan.

Lensa kontak yang disalahgunakan sangat meningkatkan risiko itu. Jadi, penting juga untuk menghindari:

- Memakai lensa kontak orang lain.

- Tidur saat masih menggunakan lensa.

- Menggunakan lensa lebih dari jangka waktu yang ditetapkan.

- Menyimpan lensa kontak dengan air keran.

- Memakai lensa kontak sepanjang waktu

Baca juga: Memakai Masker Membuat Kacamata Jadi Berkabut? Begini Triknya Supaya Ga Berkabut Lagi

Memakai lensa kontak sebenarnya tidaklah berbahaya jika digunakan sesuai dengan aturan pakai yang tepat. Memakai lensa selama 3-4 hari tanpa henti juga berpotensi menyebabkan infeksi serius pada kornea sehingga dapat memicu kebutaan.

Profesor ophtalmologi dari Johns Hopkins University di Baltimore Amerika Serikat (AS) Oliver Schein mengatakan bahwa risiko infeksi kornea akibat penggunaan lensa kontak yang terlalu lama memang sudah terbukti bertahun-tahun.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami