Sulit Ajar Anak Dengarkan Suara Tuhan?  Yuk Parents Pasti Bisa Lewat Cara Ini…

Sulit Ajar Anak Dengarkan Suara Tuhan? Yuk Parents Pasti Bisa Lewat Cara Ini…

Lori Official Writer
879

Sebagai orangtua, kita pasti kesulitan menjelaskan atau bahkan mengajarkan anak cara mendengar suara Tuhan. Karena pola pikir yang masih sangat sederhana, anak juga pasti akan kesulitan mencerna gaya bahasa orang dewasa yang cenderung sulit dimengerti.

Dalam pengertian anak berusia empat tahun, mendengar itu berkaitan dengan suara yang kita dengar lewat telinga. Berbeda dengan mendengar dalam pengertian orang dewasa.

Karena itu, orangtua perlu menjelaskan bahwa mendengar suara Tuhan itu gak selalu lewat telinga, tapi juga lewat suara hati.

Ada beberapa cara mengajarkan anak tentang mendengar suara Tuhan.

1. Mengenalkan Anak Sama Suara Tuhan

Sama seperti anak mengenali suara ibu dan ayahnya, anak juga bisa belajar mengenal suara Tuhan sejak usia muda. Orangtua bisa mengajari mereka bagaimana cara mendengar suara Tuhan dan membedakannya dengan suara hatinya sendiri atau suara orang lain.

Anak akan terlatih mendengar suara Tuhan saat anak semakin akrab dengan firman Tuhan.

"Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku…" - Yohanes 10: 27

2. Tuhan Bicara Lewat Firman-Nya

Biasanya Tuhan akan menyampaikan isi hati-Nya lewat firman.

Mulailah dengan menyampaikan kalau Allah adalah firman. Jadi, supaya kita akrab dengan suara-Nya, ya kita harus lebih banyak membaca firman-Nya. Jadi parents ada baiknya meluangkan waktu setiap hari untuk membaca Alkitab bersama. Parents juga bisa membantu anak supaya mereka makin mencintai firman Tuhan dan punya waktu sendiri untuk makin dekat sama Tuhan.

Kalau parents merasa cara ini agak sulit, bisa coba lakukan ini:

  • Pilih Alkitab yang sesuai usia anak. Lalu temukan ayat favoritmu.
  • Buat daftar ayat Alkitab yang harus dihafalkan keluarga setiap hari.
  • Dorong anak membagikan apa yang dia dapat dari ayat Alkitab yang di abaca.

Baca Juga:

Di Usia Inilah Waktu yang Tepat Anak Mudah Hafalkan Ayat Alkitab

 

Parents, Jika Ingin Anakmu Kuat Dalam Iman Ajarkan Soal Tuhan Dengan Cara Ini…


3. Tuhan Bicara Lewat Roh Kudus

Mengajarkan tentang Roh Kudus sama sulitnya dengan mengajarkan anak tentang mendengar suara Tuhan.

Ini benar-benar menantang! Karena itu, ajarkan anak kalau Roh Kudus itu ada sesuatu yang berbicara di dalam hati kita. Misalnya, waktu menemukan selembar uang jatuh, akan ada suara yang bergejolak di dalam hati kita yang bilang antara ambil atau jangan. Biasanya Roh Kudus dalam hati kita akan selalu mengarahkan kita ke arah yang benar. Jadi, kalau kita patuh sama Roh Kudus, kita pasti gak akan mengambil selembaran uang itu.

Ingatkan kalau suara Tuhan yang muncul di dalam hati kita pasti akan selalu mendorong kita melakukan hal yang benar.

4. Suara Tuhan Gak Hanya Fokus Sama Kebutuhan Anak Sendiri

Ajarkan anak kalau Tuhan akan bicara kalau Dia mau memakainya sebagai jawaban doa untuk orang lain. Tuhan gak hanya fokus bicara soal diri anak. Tapi kebanyakan pastinya bicara soal orang lain. Ajarkan anak untuk memeriksa adakah sesuatu di dalam hatinya yang mendorong dia melakukan sesuatu yang baik buat orang lain. Pastikan kalau itu adalah suara Tuhan.

Pasti gak gampang mengajarkan hal ini ke anak. Tapi sebagai orangtua teruslah meminta Roh Kudus bekerja di dalam diri anak sampai dia benar-benar mengalami Tuhan secara pribadi sesuai dengan cara-Nya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami