Lori

Official Writer
284


Selama masa pandemi, dunia pariwisata memang lagi off. Dalam artian, semua tempat-tempat wisata untuk sementara harus ditutup.

Setelah hampir tiga bulan, masih banyak tempat-tempat wisata memilih untuk tetap ditutup sesuai ajuran pemerintah. Walau begitu, beberapa negara pada akhirnya menerapkan kebijakan baru yang bukan cuma menarik tapi juga menyuguhkan pengalaman baru yaitu melalui tur virtual.

Dari beberapa sumber diketahui kalau ternyata diantara sekian negara tujuan wisata, 3 negara diantaranya sudah meluncurkan tur virtualnya sejak bulan Juni 2020 ini.

Adapun ketiga negara tujuan wisata ini diantaranya:

1. Jepang

Seperti diketahui, JRPass (Japan Rail Pass) sendiri tengah melakukan uji perjalanan virtual pertamanya di dunia. JRPass sendiri masuk dalam daftar 20 tur virtual teratas yang menggandeng situs website transportasi.

Saat melakukan tur ini, para pelancong akan bisa menyaksikan keindahan pemandangan Jepang lewat kereta. Beberapa destinasi yang termasuk di dalamnya adalah keindahan Gunung Fuji, Kastil Himeji, Shibuya Crossing, Taman Tepi Laut Hitachi, Stasiun Tokyo, Gerbang tori di Fushimi Inari Taisha, Hutan Bambu Arashiyama dan sebagainya.

Tur virtual ini sendiri bisa diakses lewat Google Street View. Tur ini sendiri masih dalam tahap uji coba dan kemungkinan akan diluncurkan pada Juli 2020 mendatang.

2. Korea Selatan

Gak ketinggalan dari Jepang, salah satu tujuan wisata populer di Asia ini juga mulai resmi meluncurkan tur virtualnya.

Dalam tur virtual ini, pemerintah Korea Selatan menyuguhkan keindahan ibukota Seoul dengan berbagai ikon-ikon wisatanya. Seperti menyusuri berbagai wilayah pertokoan khas baju tradisional Korea, hanbok dan Istana Gyeongbok.

Sementara Istana Gyeongbok hanya bisa ditelusuri sampai di gerbang depan. Karena memang masih harus ditutup sampai 14 Juni mendatang.

Setelah itu, para pelancong virtual akan di bawa ke Gwanghwamun Gate, yang merupakan tempat pada penjaga istana Gyeongbok yang terdiri dari empat jenderal binatang seperti kura-kura, naga, harimau dan phoenix.

Setelah selesai melakukan swafoto, lalu pelancong virtual akan dibawa menyusuri Gwanghwamun Square. Yang merupakan tempat yang banyak dijadikan latar shooting drama Korea.

Di sana pelancong bisa menyaksikan patung terkenal Raja Sejong, patung Jendral Yi Sun Shin yang menang melawan penjajah Jepang di masanya. Setelah dari sana, pelancong akan mengakhiri perjalanan di sungai paling ikonik yaitu Cheonggye Stream.

Jadi, untuk menikmati tur virtual yang lancar dan menyenangkan pelancong diharapkan punya jaringan internet yang memadai. Petualangan virtual ini sendiri dibuat sama seperti dalam realitanya dan memakan waktu selama 1 jam.

Adapun biaya tur virtual ini dikenakan biaya seharga Rp 25.000 – 30.000 untuk tur virtual domestik dan Rp 50.000 – 150.000 untuk tur virtual Internasional.


Baca Juga:

Jalan-jalan Ikut Trip ‘Warisan Wisata Ahok’, Rasanya Gimana Ya?

Jarang Terekspos, Museum Jepang Ini Ternyata Tempat 26 Martir Kristen Disiksa. Ngeri!


3. Indonesia

Sementara Indonesia mengumumkan momen perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta dengan memakai tur virtual keliling Jakarta.

Tur virtual ini sendiri diberi tajuk Keliling Jakarta dengan menyuguhkan tujuh rute perjalanan. Diantaranya menyusuri budaya dan kuliner Betawi, landmark ikonik dan bersejarah, taman kota dan makam cantik, gedung pencakar langit, gemerlap kehidupan malam, seribu cerita dari Kepulauan Seribu dan Kampung Berseri Astra dan kawasan akulturasi budaya asing.

Tur virtual ini akan berlangsung selama 7 hari berturut-turut yaitu sejak tanggal 22-28 Juni. Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak 12 Juni 2020 lalu. Untuk biaya sendiri pemerintah mematok harga sebesar Rp 30.000 per orang. Bagi yang tertarik bisa mendaftar lewat link www.atourin.com/keliling-jakarta ini.

Kalau dipikir-pikir, ada banyak kebiasaan baru yang bermunculan karena pandemi yang dihadapi oleh dunia saat ini. Salah satu kebiasaan ini adakah dimana teknologi memungkinkan kita tetap bisa berwisata ke berbagai tempat yang kita mau secara virtual. Asyik dan menyenangkan bukan?

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2