Seharian Menatap Layar Membuat Penglihatanmu Memburuk? Atasi dengan 6 Cara Ini

Seharian Menatap Layar Membuat Penglihatanmu Memburuk? Atasi dengan 6 Cara Ini

Claudia Jessica Official Writer
566

Bekerja di depan layar komputer selama 8 jam, kemudian setelah bekerja pun mata masih harus terpapar layar lain seperti ponsel atau televisi. Ini adalah kegiatan rutin yang sepertinya sudah tidak bisa kita hindari.

Mata kita membayar harga atas penggunaan perangkat kita tanpa henti. Kita banyak melibatkan dan mengandalkan laptop, ponsel dan tv dalam kegiatan sehari-hari kita. Ini membuat kita lebih rentan mengalami sindrom penglihatan komputer.

Lebih dari 90% pengguna komputer mengalami sindrom penglihatan komputer yang disertai dengan gejala seperti penglihatan kabur, mata terasa terbakar atau menyengat, sensitif terhadap cahaya, sakit kepala, nyeri punggung dan leher.

Jika kamu mulai merasakan gejala-gejala ini, cobalah untuk meredakan ketegangan oto dan menghindari rasa sakit dengan 6 hal ini:

1. Sesuaikan sudut penglihatan

Sudut penglihatan berperan penting dalam sindrom penglihatan komputer. Sudut terbaik adalah bagian tengah monitor, tablet atau ponsel harus berjarak 20 hingga 28 inci dari mata dan 4 hingga 5 inci di bawah ketinggian mata.

Jika kamu harus melihat bolak-balik antara data dan komputer, usahakan untuk meminimalkan gerakan mata dan lihatlah dengan gerakan kepala.

2. Kurangi Silau                       

Kontras antara huruf dan latar belakang atau silau pada layar membuat matamu bekerja lebih keras. Hasilnya, sensitivitas terharap cahaya.

Usahakan untuk membuat layarmu terhindar dari silau lampu overhead atau cahaya dari jendela. Kamu bisa menutup jendelamu dengan tirai dan beralih menggunakan lampu dengan watt yang lebih rendah. Jika kamu tidak bisa mengubah pencahayaan untuk meminimalkan silau, belilah filter silau untuk layarmu.

3. Gunakan aturan 20-20-20

Jika kamu menggunakan perangkat komputer dalam jangka waktu yang panjang, alihkan padanganmu setiap 20 menit sekali ke arah lain yang bejarak 20 kali selama 20 detik untuk mencegah ketegangan mata.

Ini akan memberi matamu kesempatan untuk fokus kembali. Kemudian, setelah 2 jam menggunakan komputer terus menerus, istirahatkan mata selama 15 menit.

4. Sering berkediip

Biasanya, seseorang akan berkedip 18 kali per menit, tetapi pengguna komputer cenderung berkedepin seperempat, ini meningkatkan kemungkinan mata kering.

Usahakanlah untuk berkedip lebih sering. Jaga kelembaban di kamarmu setidaknya 40% ketika kamu tidur untuk mengurangi risiko mata kering.

5. Periksa mata

Masalah penglihatan yang tidak diperiksa secara berkala dapat mengakibatkan kelelahan mata dan nyeri otot tulang. Sekalipun kamu tidak memerlukan kacamata untuk kegiatan sehari-hari, setidaknya kamu mungkin membutuhkannya untuk menggunakan komputer atau perangkat lainnya.

Melakukan pemeriksaan mata dapat membantu mencegah rasa sakit di leher, bahu atau punggung yang dihasilkan dari usahamu untuk melihat layar.

6. Batasi waktu untuk melihat layar

Dalam era digital ini, kita dituntut untuk melihat layar hampir sepanjang waktu sejak kita bangun hingga mau tidur. Namun, penting sekali untuk membatasi waktu layar kita.

Melihat laptop atau ponsel sebelum tidur tidak hanya buruk bagi mata tapi juga menghambat tidurmu. Otak tidak memiliki kesempatan untuk memperlambat dan membuatmu terjaga lebih lama sehingga membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan istirahat malam yang baik.

 

Usahakanlah untuk mengurangi waktumu menatap layar. Simpan ponselmu selama 30 menit sebelum tidur. Kemudian pada hari berikutnya, kamu bisa menambahkannya menjadi satu jam. Semoga dengan ini kamu bisa lebih sehat.

Sumber : health.clevelandclinic.org

Ikuti Kami