Terlalu Lama Tatap Layar Digital Bikin Lelah dan Stress? Atasi Dengan 6 Cara Ini...

Terlalu Lama Tatap Layar Digital Bikin Lelah dan Stress? Atasi Dengan 6 Cara Ini...

Lori Official Writer
631

Pastinya ada banyak orang yang mengalami masalah ini bukan? Merasa lelah dan stress setelah sepanjang hari menatap layar computer atau ponsel. Sekali karena terlalu asik, tapi banyak yang terpaksa harus bergelut dengan layar karena tuntutan pekerjaan.

Apakah masalah kelelahan dan stress ini sudah kamu alami berulang kali? Jangan pernah mengabaikan tanda-tanda ini karena bisa saja akibatnya akan jauh lebih fatal jika dibiarkan.

Nah, untuk membantumu mengatasi kekelahan dan stress kamu perlu melakukan 6 cara ini:

1. Ambil waktu jauh dari layar computer atau ponsel selama jam kerja

Untuk menghindari stress dan kelelahan karena menatap komputer dan ponsel, kamu perlu mebuat jadwal khusus untuk menjauhkan diri dari dua benda itu dalam beberapa waktu selama bekerja.

Beritahulah rekan kerja atau orang-orang yang bekerja denganmu bahwa kamu tidak sedang mengakses email atau ponsel di waktu itu. Selama waktu itu, ambillah waktu untuk mematikan atau mendiamkan komputer dan menjauhkan ponsel dari jangkauan.

Atau jika kamu merasa kesulitan melakukannya saat kerja, ambillah waktu bebas menatap layar ponsel dan komputer di malam hari. Ambillah waktu pulang kerja untuk memanjakan dirimu, seperti berendam di bak mandi, membaca buku, atau berolahraga.

2. Buat jadwal pertemuan langsung

Salah satu masalah utama dalam berkomunikasi lewat email, whatsapp dan media sosial adalah sulitnya mendeteksi nada atau makna pesan yang disampaikan oleh lawan bicara serta banyaknya waktu yang harus dihabiskan untuk menunggu balasan pesan dari seseorang. Kondisi ini tentunya akan sangat mudah membuat seseorang stress dan cemas.

Jadi, untuk menghindari kondisi ini pilihlah untuk melakukan komunikasi langsung atau tatap muka. Hal ini tentu saja akan jauh lebih baik bagi kesehatan dan juga waktumu.

3. Tahan diri memeriksa ponsel

Pesan yang masuk dan muncul di layar ponsel pasti akan mendorong kita untuk membukanya. Bukan hanya pesan saja, tapi notifikasi dari berbagai platform media sosial juga bisa membuat fokus kita teralihkan. Akibatnya, bisa membuat mood kita rusak dan berujung stress.

Untuk menghindari kondisi ini, cobalah untuk menahan diri memeriksa ponsel sesering mungkin. Kalau perlu, matikan jaringan internetnya secara sengaja dan biarkan sampai kamu punya waktu yang tepat untuk memeriksanya sekali waktu sekaligus.


Baca Juga: 

Biar Nggak Stress, Yuk Simak 8 Cemilan Pereda Stress Ini!

Masalah Hidup Bikin Kamu Stress, Atasi dengan 3 Cara Alkitabiah Ala Rick Warren Ini


4. Sadarilah bahwa kita gak harus tahu semua yang terjadi

Kehadiran teknologi membuat orang-orang berlomba untuk tahu segala sesuatu yang terjadi di dunia. Perasaan takut ketinggalan informasi mendorong mereka untuk selalu aktif 24 jam di internet.

Padahal gak semua informasi yang ada benar-benar penting untuk kita tahu. Karena terlalu banyak menyerap informasi pun hanya akan membuat kita pusing dan stress sendiri. Percaya atau gak penulis pernah mengalaminya!

Jadi, penting untuk menyadari bahwa kita gak perlu tahu semua yang terjadi di dunia ini. Kita gak akan pernah bisa menggantikan fungsi google. Teknologi seharusnya bukan untuk membuat kita stress dan frustrasi, sebaliknya teknologi harusnya bisa meningkatkan kehidupan kita. Jadi, gak ada gunakanya terlalu tergantung dengan komputer dan ponsel untuk membuktikan dirimu tahu segala hal yang terjadi.

Karena terlalu banyak menampung informasi pun hanya akan membuat fungsi memori jangka panjang otka menjadi rusak. Jadi batasilah aktivitasmu hanya untuk mengakses hal-hal yang diperlukan untuk pekerjaan saja.

5. Jalani detoks digital

Banyak dari kita menghabiskan sebagian besar waktu terhubung dengan internet lewat komputer dan ponsel.

Sayangnya tanpa sadar kita bisa kehilangan banyak sekali sumber kesenangan setiap hari karena hal itu, misalnya kehilangan interaksi langsung dengan orang lain dan membuat kita merasa kesepian yang berujung stress.

Jadi, untuk mengatasi kondisi ini akan sangat membantu jika kamu menerapkan detoksivikasi digital. Artinya, kamu mengambil waktu-waktu tertentu untuk sama sekali gak menyentuhnya. Bagi yang bekerja hari yang sangat memungkinkan bisa dilakukan pada Sabtu dan Minggu.

Kamu akan merasakan perbedaan besar saat kamu mematikan ponsel atau komputer untuk satu atau dua hari penuh. Seperti merasa jauh lebih rileks dan tertantang melakukan hal-hal menarik di luar sana.

6. Matikan semua alat digital sebelum tidur

Mengakses internet bukan saja membuat perubahan besar terhadap suasana hati, tapi juga bisa menganggu pola tidur. Saat kita kurang tidur karena terlalu lama menatap layar ponsel sepanjang malam, maka pola tidur kita akan terganggu. Akibatnya kita akan mengalami kurang tidur dan berujung pada kelelahan, perubahan mood dan sistem imun melemah.

Kalau saat ini kamu sudah mulai menyadari tanda-tanda stress dan kelelahan ini, segeralah mengubah kebiasaanmu. Bagi kamu yang bekerja, beberapa poin di atas bisa kamu terapkan dan lihatlah bagaimana hasilnya terhadap pikiran dan kesehatanmu secara keseluruhan.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami