5 Makanan Ini Biasanya Akan Hadir Ke Tempatmu Ketika Lebaran. Ada Salah Satunya?

5 Makanan Ini Biasanya Akan Hadir Ke Tempatmu Ketika Lebaran. Ada Salah Satunya?

Claudia Jessica Official Writer
567

Memiliki tetangga atau kerabat yang merayakan lebaran terkadang membuat kita ‘kecipratan’ makanan khas lebaran. Saling menghargai satu sama lain akan menimbulkan rasa toleransi.

Biasanya kalau sudah begini, kita biasanya akan menemui beberapa menu di bawah ini:

1. Ketupat

Biasanya ketika bersilaturahmi pada tetangga yang merayakan, makanan yang satu ini hampir ga pernah absen di setiap rumah. Ketupat berbahan dasar beras atau ketan ini dibungkus dengan anyaman pembungkus.

Ketupat sebenarnya adalah nasi yang dimasak di dalam sebuah bungkus sehingga bentuknya menjadi lebih padat. Ketupat juga dijadikan sebagai makanan khas di beberapa daerah seperti kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai jenis menu lain yang menggunakan ketupat.

2. Opor Ayam

Nah, opor ayam sendiri biasanya adalah teman ketika kita makan ketupat. Selain itu, opor ayam juga merupakan makanan yang terkenal di Indonesia. Bahkan opor ayam tidak hanya disajikan ketika hari lebaran, opor ayam juga dijadikan menu dan konsumsi sehari-sehari.

Opor ayam adalah makan berkuah yang dibuat dari daging ayam yang direbus menggunakan santan. Kuah santannya sendiri dibuat dari beberapa bumbu seperti santan kelapa, serai, kencur, kunyit juga garam. Selain dimakan bersama ketupat, opor ayam juga bisa dimakan dengan nasi.

3. Rendang

Makanan asal Padang yang telah mendunia ini pun menjadi salah satu menu wajib yang biasanya hadir ketika lebaran tiba. Seperti yang telah disebutkan tadi, rendang telah diakui kelezatannya di dunia.

Biasanya, rendang dibuat dari daging sapi atau kerbau dengan menggunakan berbagai macam rempah. Proses memasaknya pun tidak mudah karena harus diproses beberapa kali agar daging menjadi empuk.

Bumbu yang digunakan pun cenderung banyak, seperti jahe, serai, lengkuas, kunyit, cabai dan bawang. Campurannya memang banyak, namun rasa rendang dominan asin, manis dan gurih.

4. Semur Daging

Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan juga kentang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bermacam-macam makanan seperti tempe, telur, tahu, ikan atau makanan lainnya seuai dengan selera.

Semur adalah makan berkuah yang diolah dari daging yang direbus dan diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala, dan rempah lainnya.

5. Sambal Kentang Goreng

Sambal, salah satu makanan pelengkap yang banyak di cari sebagai pendamping makan. Seperti namanya sambal kentang goreng, dibuat dengan bahan dasar cabai dan kentang.

Biasanya kentang akan dipotong dadu dan dimasak dengan sambal. Makanan ini cocok dipadukan dengan berbagai menu khas Indonesia lainnya.

Nah dari 5 makanan di atas apa ada yang sampai ke rumah kamu Jcers? Atau mana nih menu favorit kamu?

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami