Lori

Official Writer
464


Satu-satunya tujuan berolahraga adalah supaya menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan berat badan ideal. Untuk mencapai tujuan ini, banyak orang yang mulai berolahraga setiap hari.

Salah satu olahraga pilihan yang banyak dilakukan adalah joging. Tapi pernah nggak sih ngalamin sehabis joging badan malah terasa lemas dan sakit?

Sebagai salah satu penggemar joging, baru-baru saya merasakan kondisi yang sama. Setelah menyelesaikan beberapa putaran dengan jarak tempuh yang lumayan panjang, di pertengahan jalan tubuh saya mulai merasa lelah disertai dengan sedikit pusing.

Merasakan alarm tubuh yang gak enak ini, saya pun segera memperlambat langkah dan mulai melakukan pendinginan sebelum selesai. Sayangnya, kondisi tubuh masih tetap lemas dan malah makin buruk.

Rupanya seteah ditelusuri, badan lemas sehabis joging atau olahraga lainnya bisa disebebkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Kurang Pemanasan

Kalau dalam olahraga renang, teknik pemanasan sangat dianjurkan bagi para atlet renang untuk mengurangi risiko yang gak diinginkan terjadi saat berenang, seperti contoh kram kaki dan otot.

Ternyata teknik pemanasan ini sendiri gak hanya berlaku untuk olahraga renang aja loh. Tapi hampir semua olahraga dianjurkan untuk lebih dulu melakukan pemanasan.

Kalau untuk joging sendiri, pemanasan bisa dimulai dengan peregangan otot kaki, tangan dan badan. Lalu disusul dengan jalan pelan dan santai. Lakukan pemanasan sampai tubuh merasa sudah siap untuk berlari pelan atau berjalan lebih cepat.

Kurangnya pemanasan bisa menyebabkan badan lemas sehabis olahraga. Tanpa pemanasan tubuh bisa shock karena energi yang dikeluarkan tiba-tiba terkuras. Pemanasan sendiri sama pentingnya dengan pendinginan. Setelah merasa olahraga cukup, mulailah melakukan pendinginan dengan mengurangi kecepatan, mengambil waktu meregangkan bagian kaki, tangan, leher dan kepala. Lakukan pendinginan sampai intensitas detak jantung kembali normal.

2. Kekurangan Cairan Tubuh

Melakukan pemanasan dan pendinginan dengan tepat akan menghasilkan kondisi tubuh yang bugar sehabis olahraga. Dan kalau ternyata sehabis olahraga badan masih lemas, berarti kemungkinan penyebabkan adalah kekurangan cairan tubuh.

"Saat kita olahraga sirkulasi tubuh menjadi bagus dan oksigen yang masuk juga banyak. Tapi kalau kita kurang cairan atau dehidrasi, metabolisme jadi terlambat, sehingga kita jadi lemah," kata dr Leane, Sp. GK.

Karena itu saat berolahraga penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum, saat dan sesudah olahraga. Karena waktu tubuh mulai kehilangan cairan, maka koordinasi tubuh dan konsentrasi akan berkurang. Akibatnya, energi tubuh akan perlahan habis dan menyebabka lemas. Kondisi ini bisa saja berujung cedera atau kra pada otot.

Dalam kasus yang saya hadapi, kemungkinan penyebab badan lemas adalah karena kekurangan cairan tubuh. Semakin besar energi yang dihabiskan, semakin besar pula cairan tubuh yang hilang. Karena itu perlu untuk minum air sedikit-sedikit bahkan waktu berolahraga.


Baca Juga: Ini Alasan Kamu Harus Pertahankan Kebiasaan Olahraga Setelah Keadaan Balik Normal


3. Pertama Kali Olahraga

Penyebab badan emas setelah olahraga bisa juga karena jarang olahraga. Buat yang baru olahraga atau joging biasanya kondisi ini terjadi setelah badan dipaksa melakukan olahraga yang cukup berat.

Hal ini terjadi karena organ tubuh yang biasanya gak pernah bergerak merasa shock karena dipaksa untuk bergerak. Bagian badan seperti jantung, saraf, sendi dan otot akan mulai kelelahan, sakit dan kaku.

Karena itu, sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara bertahap, mulai dari tahap ringan, sedang dan berat.

Saat mengalami kondisi ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh yaitu:

1. Penuhi cairan tubuh seusai olahraga

Selain air mineral, minuman kaya ion tubuh juga bisa dikonsumsi seusai olahraga.

2. Lakukan peregangan, pijat atau mandi air es. Hal ini berguna untuk merelaksasi kembali otot yang kaku atau kram karena dipaksa berolahraga.

3. Konsumsi makanan penuh nutrisi. Pilihlah makanan dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat kompleks.

4. Istirahat yang cukup. Setelah berolahraga, sangat disarankan untuk mengambil waktu istirahat yang cukup.

Nah, supaya berolahraga tetap maksimal untuk kesehata tubuh cobalah untuk tidak melakukan tiga kesalahan di atas. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2