Relaksasi Belum Berlaku di Indonesia, Menlu dan Menag Ingatkan Peningkatan Jumlah Terpapar
Sumber: Panritanews.com

Nasional / 20 May 2020

Kalangan Sendiri

Relaksasi Belum Berlaku di Indonesia, Menlu dan Menag Ingatkan Peningkatan Jumlah Terpapar

Lori Official Writer
2546

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 masih belum selesai dalam waktu dekat.

Walaupun sejumlah negara di Eropa di bulan-bulan ini sudah mengalami penurunan kasus dan mulai pemberlakuan relaksasi lockdown. Namun bukan berarti setiap negara mengalami kondisi yang sama. Dia menegaskan bahwa di beberapa negara kondisinya justru sebaliknya, dimana peningkatan kasus positif Covid-19 terus meningkat. Negara-negara ini diantaranya adalah Rusia, Brazil, India, Arab Saudi, Afrika. Bahkan Indonesia termasuk di dalamnya.

"Ini menunjukkan bahwa Covid-19 masih belum akan selesai dalam waktu dekat," kata Retno.

Sampai saat ini, WHO mencatat jumlah terpapar Covid-19 di seluruh dunia mencapai 4.696.849 jiwa. Dari jumlah ini sebanyak 315.131 jiwa meninggal dunia dan 1.800.000 jiwa sembuh.

Retno tidak menampik jika pandemi ini memang telah membuat kondisi ekonomi setiap negara menurun tajam. Tapi di tengah situasi ini, seluruh negara harus terus berjuang melawan peperangan melawan pandemi Covid-19 sampai tuntas.

Dia mengingatkan supaya setiap negara tidak mengalami penyebaran virus gelombang kedua yang terjadi di Singapura dan Korea Selatan setelah sempat menerapkan aturan relaksasi.

Dalam hal ini, pemerintah Indonesia beberapa pekan belakangan ini tampaknya mulai melonggarkan aturan social distancing. Seperti tampak dari mulai dibukanya penerbangan dalam dan luar negeri. Sementara lainnya pemerintah tampak tidak menindak tegas masyarakat yang mulai berkerumun di tempat-tempat publik. Padahal seperti diketahui jumlah pasien terpapar Covid-19 sampai hari ini terus meningkat dan telah berada di angka mencapai 18.496 kasus dengan jumlah dirawat 12.808, meninggal sebanyak 1.221 dan sembuh 4.467.


Baca Juga: 3 Fakta Soal Tagar #IndonesiaTerserah Warganet yang Lagi Booming


Peningkatan jumlah terpapar ini justru tidak dibarengi dengan pembatasan aktivitas masyarakat. Sebaliknya pemerintah dan masarakat dianggap mulai melonggarkan aturan. Kondisi ini sendiri membuat para tim medis yang bertugas menangani pasien Covid-19 geram dan melontarkan tagar #IndonesiaTerserah. Hal ini menjadi bentuk kritik mereka terkait ketidakpedulian masyarakat atas kerja keras tim medis untuk menuntaskan kasus penularan virus Covid-19.

Sejak kritikan ini muncul, pemerintah pun menghimbau masyarakat untuk tetap menaati aturan social distancing yang berlaku. Bahkan menjelang perayaan Idul Fitri, Menteri Agama Fachrul Razi dengan tegas meminta umat Muslim secara khusus untuk menjalankan solat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Dia meminta rumah ibadah dan lapangan ditutup saat perayaan Idul Fitri pekan depan. Dia mengingatkan bahwa ini adalah cara yang efektif untuk menekan angka penularan yang lebih luas.

“Hendaknya kita taat kepada pembatasan kegiatan keagamaan maupun pembatasan kegiatan di fasilitas umum sesuai dengan UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. (Ibadah) Cukup dilakukan di rumah sendiri bersama keluarga inti. Oleh karena itu yang kita keluarkan kata-kata himbauan,” ucap Fachrul.

Dia menegaskan supaya masyarakat tidak menyalahartikan himbauan Presiden Jokowi yang menyampaikan bahwa pemerintah tidak melarang warganya beribadah. Tapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dalam hal ini, pemerintah menekankan bahwa umat beragama tetap bisa beribadah. Namun ibadah untuk sementara waktu harus dilakukan di rumah masing-masing.

Karena itu, warga negara Indonesia yang berada di berbagai wilayah nusantara harusnya memahami bahwa saat ini peningkatan kasus terpapar Covid-19 masih sangat rentan. Sehingga pemerintah dan Tim Medis mendorong seluruh warga negara Indonesia untuk bekerja sama dalam mencegah peningkatan penularan dengan tetap tinggal di rumah dan membatasi perkumpulan yang massive.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami