5 Nilai Penting Ini yang Perlu Ditanamkan ke Anak Sejak Usia Lima Tahun

5 Nilai Penting Ini yang Perlu Ditanamkan ke Anak Sejak Usia Lima Tahun

Lori Official Writer
914

Usia lima tahun ke atas adalah usia dimana orangtua perlu fokus pada pertumbuhan karakter anak.

Karakter anak akan jauh lebih baik saat mereka diajarkan tentang nilai-nilai kehidupan yang berlaku, seperti bagaimana mereka bersikap, memperlakukan orang lain dan meresponi kondisi yang ada di sekitarnya.

Cara mengajarkannya pun harus dibarengi dengan contoh nyata yang bsa ditiru anak dari orangtua. Jadi, hari ini mari mulai menanamkan 5 nilai-nilai ini ke anak.

1. Nilai Keadilan

Bersikap adil artinya memperlakukan orang lain dengan pelakuan yang sama.

Bersikap adil ini bisa diajarkan, misalnya saat anak bertengkar dengan saudaranya karena berebut mainan. Lalu dia mulai memukul saudaranya.

Tentu saja tindakan itu salah. Jadi, mintalah dia untuk minta maaf ke saudaranya dengan cara yang tepat.

Sementara untuk mengatasi pertengkaran, ajarkan mereka untuk bermain dengan cara bergilir.

2. Nilai Kejujuran

Jangan sampai anak belajar berbohong karena dia mencontoh perilaku orang dewasa.

Untuk membentuk anak sebagai pribadi yang selalu jujur, ajarlah dia bahwa berkata jujur itu adalah tindakan terpuji. Dan juga bukan hanya penting untuk diri sendiri, tapi juga membantu orang lain juga.

Misalnya, saat salah satu dari saudaranya butuh pewarna untuk menyelesaikan tugasnya. Sementara anak sengaja mengambilnya untuk kesenangannya sendiri. Dan waktu ditanya, ‘Ada lihat pensil pewarnaku gak? Dan anak menjawab ‘Gak’. Itu tandanya anak sudah merugikan orang lain.

Jadi, orangtua perlu menekankan ke anak bahwa dalam hal sekecil apapun itu, berbohong itu sangat tidak dianjurkan.


Baca Juga: Mengasuh Anak Berarti Harus Berkorban, Apakah Orangtua Sudah Berkorban Banyak Demi Anak?


3. Mengasihi

Sudah seharusnya rumah jadi tempat dimana anak-anak belajar tentang kehangatan. Kehangatan ini bisa muncul dari bagaimana semua anggota keluarga tidak segan menunjukkan rasa cinta ke semua orang, seperti mengucapkan selamat ulang tahun sembari mmeberikan kejutan atau kado, atau bercengkrama bersama di waktu-waktu luang.

Anak akan terbentuk menjadi pribadi yang hangat saat orangtua juga gak segan menunjukkan kasih sayangnya ke anak.

4. Empati

Sama pentingnya dengan mengasihi, berempati ke orang lain juga jadi nilai penting yang harus diajarkan ke anak berusia 5 tahun.

Rasa empati ini bisa dilakukan dengan mendorong anak menjadi pendengar yang baik dan mudah membantu orang lain Saat anak punya empati, otomatis mereka juga pasti akan bertindak secara adil kepada semua orang.

5. Sabar

Jadi sabar berarti anak harus menahan emosi dan keinginannya waktu orang lain melakukan tindakan yang mengganggu.

Anak yang punya kesabaran yang tinggi akan cenderung lebih mampu mengontrol emosinya dan jadi pribadi yang tenang.

Misalnya, dia dan temannya sedang bermain. Sayangnya temannya selalu bertindak curang seperti merebut mainan dan menghalanginya untuk ikut dalam permainan. Tampaknya memang menyebalkan, tapi dalam kondisi itu ajarkanlah anak untuk sabar dengan karakter orang lain sekalipun itu gak adil.

Mengajarkan nilai-nilai ini ke anak buan hanya mempersiapkan anak untuk tumbuh dengan karakter yang baik. Tapi juga membantu anak berdampak bagi kehidupan orang lain.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami