Apa yang Kita Butuhkan Untuk Mengatasi Kebugaran Rohani?

Apa yang Kita Butuhkan Untuk Mengatasi Kebugaran Rohani?

Claudia Jessica Official Writer
      994

1 Timotius 4:8

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 119:1-88; 1 Korintus 7; 1 Samuel 1-2

Kita telah belajar bagaimana mencintai orang lain seperti yang Tuhan inginkan. Untuk melakukan hal ini, kita perlu mengembangkan kebiasaan baik secara fisik, emosional dan spiritual.

Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 13: 7-8 bahwa cinta sejati itu “Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.” Tetapi kamu tidak dapat melakukan itu tanpa bantuan Tuhan. Kamu tidak memiliki kekuatan untuk melakukan itu dan kamu akan kehabisan energi secara spiritual.

Perhatikan ciri-ciri kalau kamu mungkin akan mengalami kelelahan rohani. Misalnya, kamu merasa orang lain tidak mengasihimu seperti kamu telah mengasihi mereka, atau mungkin kamu mulai menyalahkan Tuhan atas masalahmu.

Ini tidak terjadi secara khusus untukmu; ada banyak pahlawan besar di Alkitab, seperti Daud, Musa, dan Abraham, mengalami hal yang sama ketika mereka berada dalam proses yang teramat sulit.

Kamu mempertahankan kebugaran spiritual dengan cara yang sama seperi kamu tetap bugar secara fisik: dengan kesengajaan dan disiplin. “Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” (1 Timotius 4: 8)

Tidak ada disiplin yang lebih penting dalam mengembangkan kebugaran rohani selain menghabiskan waktu yang teratur setiap hari bersama Tuhan.

Tidak ada yang dapat membantumu lebih dari yang Tuhan dapat lakukan, dimana kamu mengijinkan Dia berbicara kepadamu melalui Alkitab dan melalui doa.

Alkitab mengatakan dalam 2 Korintus 4:16 bahwa meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. Kamu bisa mengambil waktu 10 menit dipagi hari untuk berhubungan dengan Tuhan sebelum memulai harimu.

Kamu perlu menghabiskan waktu pribadi dengan Tuhan untuk menentukan kualitas setiap hubungan yang kamu miliki.

Cinta manusia dapat pudar. Tetapi untuk mencintai lebih lagi seperi yang Yesus lakukan, kamu harus menjadikan waktu bersama Tuhan menjadi prioritas sebelum memulai harimu. Ketika kamu melakukannya, hubunganmu akan terisi dengan cinta Tuhan melalui kamu.

Ikuti Kami