3 Suasana Kerukunan Beragama di Tengah Pandemi Virus Corona, Buktikan Berbeda Itu Indah!

3 Suasana Kerukunan Beragama di Tengah Pandemi Virus Corona, Buktikan Berbeda Itu Indah!

Lori Official Writer
1078

Di satu sisi, pandemi virus corona memang menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat. Tapi di sisi lain, siapa sangka kondisi saat ini justru membawa perdamaian dan persatuan bagi umat beragama di Indonesia.

Dalam beberapa kesempatan, suasana kerukunan di tengah pandemi virus corona ini pun diabadikan dan banyak mendapat pujian. Kita bisa menyaksikannya dalam tiga suasana ini.

1. Doa bersama lintas agama di Jawa Tengah

Perwakilan dari enam agama di Jawa Tengah turut hadir dalam doa bersama lintas agama yang diadakan di Gedung Graharadika Bakti Utama Lantai 2 pada Kamis, 23 April 2020.

Doa ini sendiri bertujuan supaya setiap umat beragama sama-sama memita kepada Tuhan supaya pandemi virus corona ini atau Covid-19 ini segera berakhir.

Dalam acara ini tampak hadir perwakilan dari setiap agama diantaranya Ustadz Danusiri dari Islam, W.S Liem Ping An dari Konghucu, Anak Agung Ketut Darmaja dari Hindu, Romo Angga Dhammo Warto dari Budha, Pendeta Bambang Pujianto dari Kristen dan Romo Aloysius Budi Poernomo dari Katolik.

Acara yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ini juga diharapkan bisa memperkuat kerohanian dan juga persatuan umat Jawa Tengah. Mereka juga berharap doa bersama ini bisa jadi bentuk dukungan moral bagi seluruh warga Jawa Tengah dalam menghadapi pandemi virus corona.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, pemimpin-pemimpin umat beragama menjadi contoh bagi warga.

2. FPI lakukan penyemprotan disinfektan ke gereja-gereja

Untuk pertama kalinya, anggota Front Pembela Islam (FPI) tampak memasuki gedung gereja. Kali ini, sejumlah anggota FPI tampak melakukan penyemprotan disinfektan di dalam ruangan Gereja Bethel Indonesia (GBI) di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Suasana langka ini pun segera disebarluaskan oleh netizen di sosial media. Gak ketinggalan, bahkan aktor Ari Wibowo sendiri mengunggah suasana menyejukkan tersebut di sosial medianya.

"Indahnya berbagi. MPI (kumpula wanita relawan FPI) masuk Gereja Bethel Petamburan & Asrama Sekolah Teologi untuk bantu penyemprotan dalam memerangi covid-19 bersama-sama," tulis Ari Wibowo.

Postingan itupun akhirnya ramai dibanjiri dengan komentar-komentar positif. Banyak diantaranya mengaku sebagai orang Kristen sangat berterima kasih dengan tindakan FPI.


Baca Juga: Indahnya Toleransi, Gereja Ini Bikin Ibadah di Halaman Masjid!


3. Umat Kristen turut mengucapkan selamat berpuasa bagi umat Muslim

Meskipun berbeda keyakinan, namun tak sedikit umat Kristiani mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada umat Muslim yang baru saja memulai puasanya.

Adapun diantaranya adalah artis Sandra Dewi dan juga Aurelie Moeremans. Keduanya pun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat Muslim di Indonesia melalui akun sosial medianya.

Mereka pun menuai banyak pujian karena meski berbeda keyakinan namun tidak lupa mendukung saudara yang lain berpuasa di rumah selama masa pandemi ini.

Sikap toleransi inilah yang diharapkan bisa dilakukan oleh seluruh umat beragama di Indonesia.

Bahkan walaupun pandemi virus corona akan berakhir. Kita tetap berharap suasana indah seperti ini tetap tumbuh di antara umat beragama di Indonesia.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami