Di Tengah Pandemik COVID-19, Kamu Harus Menaikkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

Di Tengah Pandemik COVID-19, Kamu Harus Menaikkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

Claudia Jessica Official Writer
752

Menjaga kesehatan dan menghindari penyakit dimulai dari mengenali sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Sistem kekebalan tubuh kita berbeda dari keluarga kita, dari pasangan atau pun dari tetangga.

Ini adalah hal penting karena sistem kekebalan adalah yang akan mencegah kuman menular dari luar yang membuatmu sakit. Mencuci tangan, menutup mulut dengan siku ketika bersin dan menggunakan sanitizer adalah upaya baik yang dilakukan untuk mencegah kuman mendarat dan berkembang biak di tubuh, tapi kekebalan tubuhmulah yang membuat perbedaan dan melindungimu.

Sistem kekebalan tubuh yang membuatmu sehat ketika kamu sedang bepergian keluar. Ini adalah sistem kekebalan tubuh individual. Pasukan keamanan kecil yang menjaga tubuhmu, itulah yang dilakukan system imun.

Membuat antibody, sel darah putih, limfosit untuk membunuh bakteri jahat atau kuman yang masuk ke dalam tubuh. Pertanyaannya adalah, apakah system kekebalan tubuhmu sepenuhnya terjaga? Atau apakah kamu menjalankan efisiensi 75, 60 persen atau kurang dari itu?

Apa yang menentukan kekuatan sistem kekebalan tubuhmu? Istirahat, Nutrisi Baik dan Stres!

Apa yang menghambat respon kekebalan tubuhmu? Kurang tidur, bersenang-senang atau berjemur, terlalu banyak tekanan/stress, kurang gizi baik.

Istirahat dan tidur adalah hal-hal sederhana yang harus dilakukan, tetapi jika kita tidak melakukannya dengan benar, jangan harap system kekebalan tubuhmu dapat menjalankan tugasnya untuk menjaga kesehatanmu.

Nutrisi yang baik lebih dari sekadar menelan lebih banyak vitamin atau minuman sehat. Kamu perlu melihat acid-alkaline balance. Apakah diet membuat tubuhmu lebih asam atau basa? Semakin asam tubuhmu maka semakin rentan terhadap kesehatan yang buruk, sedangkan ketika kamu lebih basa, maka kamu memiliki lebih sedikit masalah kesehatan.

Perlu diingat bahwa virus, bakteri, parasit, dan mikroba serta patogen lainnya tumbuh subur di lingkungan yang asam, sedangkan mereka tidak melakukannya dengan baik di lingkungan yang bersifat basa. Ini juga berlaku untuk sel kanker.

Apa yang membuatmu asam? Minuman bersoda, jus, minuman berenergi, kopi, dan protein. Tepung putih olahan, gula putih, biji-bijian olahan. Sebagian besar makanan cepat saji dan makanan ringan instan yang banyak kamu temui di mini market. Juga minuman berarkohol termasuk dalam kategori ini.

Apa yang membuatmu basa? Air mineral. Buah-buahan dan sayuran penuh dengan mineral. Bukankah Allah juga berfirman di kitab kejadian “Aku memberimu semua tanaman hijau dan buah untuk dimakan?” Ditambah lagi mereka juga mengandung banyak nutrisi penting dan fitokimia yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuhmu.

Apakah kamu mendapatkan 6-8 porsi buah dan sayuran sehari? Jika tidak, cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan basa dan mengurangi risiko terkena infeksi.

Caranya, konsumsi minuman hijau. Lakukan ini satu hingga dua kali agar kamu mendapatkan tubuh yang lebih basa dengan cepat, selain itu juga memberi tubuhmu banyak nutrisi makanan.

Stres dan Dis-Stres. Stres membuat respon kekebalan tubuh menjadi lemah. Kendalikan stresmu dan ingatlah bahwa stres tidak selalu tentang kekhawatiran, ketakutan, dan kecemasan. Kurang tidur juga dapat menjadi penyebabnya.

Tidak semua olahraga mengurangi stres! Intensitas latihan yang menentukan apakah hal itu  mengurangi atau memproduksi stress.

Jika kita makan makanan yang salah dan memicu gula darah kita naik dan turun sepanjang hari atau melewatkan makan atau menunda makan. Ini memicu lebih banyak hormon stres kortisol kita, yang menghambat sistem kekebalan tubuh.

Jadi, kamu ingin meningkatkan system kekebalan tubuhmu, buatlah tubuhmu basa (buah-buahan dan sayuran atau minuman hijau) dan kurangi tingkat stres dan dis-stres dalam hidupmu. Mengonsumsi vitamin akan sangat membantu tetapi kamu juga harus berhenti melakukan hal-hal yang melemahkan sistem kekebalanmu juga.

Sumber : CBN

Ikuti Kami