Apakah Aman Pesan Online Makanan Dari Luar di Masa Pandemi Ini? Ini Kata Pakar Kesehatan
Sumber: Limetray.com

Health / 22 April 2020

Kalangan Sendiri

Apakah Aman Pesan Online Makanan Dari Luar di Masa Pandemi Ini? Ini Kata Pakar Kesehatan

Lori Official Writer
1700

Pakar kesehatan mengungkapkan apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat memesan makanan secara online dari restoran di masa-masa pendemi saat ini.

Menyusul pemberlakuan social distancing, bahkan restoran-restoran pun sudah memberlakukan penutupan pelayanan di tempat dan lebih memilih untuk menyediakan layanan pesan antar. Sebagai masyarakat yang sudah terbiasa dengan memenuhi kebutuhan makan secara online, pastinya kita akan lebih suka memenuhi makanan sehari-hari kita secara online.

Namun ada banyak yang mulai berpikir, benarkah memesan makanan secara online masih aman bagi kesehatan?

Para ahli keamanan manakan pun menyampaikan pendapat mereka soal hal ini.

"Kami masih perlu mempelajari lebih banyak tentang virus ini, jadi rekomendasi didasarkan pada apa yang baru diketahui saat ini saja," kata Angela M. Fraser, Ph.D, seorang profesor di departemen makanan, nutrisi dan ilmu pengemasa di Clemson University South Carolina.

Fraser menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diketahui soal memesan makanan secara online, diantaranya:

1. Memesan makanan masih aman selama makanan di masak di pada suhu yang tepat

Kabar baiknya adalah para ahli makanan tidak melarang pemesanan makanan secara online.

“Kami membantu restoran Thailand favorit kami selama akhir pekan, dan saya senang melakukannya,” kata Donald Schaffner Ph.D, profesor terkemuka dan spesialis ekstensi dalam ilmu pangan dan ahli dalam risiko mikroba di Rutgers University di New Brunswick, New Jersey.

Walaupun data-data masih sangat terbatas, tapi perlu diketahui bahwa virus tidak tahan panas seperti patogen lain dalam makanan yang membuat kita sakit. Karena itulah sangat direkomendasikan supaya makanan dimasak dengan suhu mencapai internal 70 derajat celcius.

Walaupun makanan yang dimasak pada suhu yang tepat bisa membunuh virus, tapi para ahli masih tetap meneliti kebenarannya.

2. Hindari memesan salad

Memesan makanan yang dimasak pada suhu yang tinggi jauh lebih aman dibandingkan dengan memesan makanan mentah.

“Saya tidak akan memakan makanan dingin yang dihidangkan oleh seseorang yang saya tidak kenal,” kata Fraser.

Dia menyampaikan hal ini karena belum mengetahui dengan pasti berapa lama virus corona bisa bertahan di dalam makanan.

Namun berdasarkan jurnal kesehatan yang diterbitkan di New England pada Maret 2020 lalu, virus ini terbukti hidup di beberapa permukaan hingga dua atau tiga hari. Tentunya, daun selada berbeda dengan benda lain seperti plastik. Meski begitu, masyarakat perlu waspada dan memilih membeli makanan yang sudah terbukti aman. Salah satunya menghindari makanan mentah seperti salad.

3. Memesan online jauh lebih aman dibandingkan membelinya di tempat

Di masa pandemi saat ini, rata-rata restoran telah memberikan pilihan untuk mengantar makanan secara online.

Untuk meminimalkan kontak dengan orang baru, kamu bisa meminta kurir atau penjemput pesanan untuk menaruh makanan di depan pintu dan memberikan tips melalui aplikasi pesan online tanpa harus melibatkan penukaran uang tunai.


Baca Juga: 

Setelah Jadi Pergunjingan Publik, BMKG Tetapkan Jam Berjemur yang Baik Bagi Kesehatan

Di Masa-masa Sendiri, Ini 4 Manfaat Kesehatan Butuh Hewan Peliharaan di Rumah!


4. Pindahkan makanan dari kemasan ke piring dengan benar

Saat kita menerima paket makanan, kita gak tahu pasti apa yang melekat di bagian permukaan kemasan makanan. Karena itu penting untuk segera memindahkan makanan ke piring atau wadah bersih.

Tentunya pastikanlah untuk segera membuang kemasan makanan dan mencuci tangan setelah menaruh makanan ke piring. Untuk mencegah kemungkinan virus atau bakteri apapun masuk ke dalam tubuh. Setelah itu panaskan makanan ke dalam mikrowave.

5. Komunikasikan dengan jelas ke restoran

Untuk memastikan kebersihannya, hubungilah pihak restoran tertentu dan tanyakan bagaimana mereka menyediakan makanannya. Apakah itu benar-benar bersih? Pastikan pihak restoran menghidangkan makanan dengan menggunakan alat keamanan yang tepat seperti memakai masker dan sarung tangan.

Selebihnya, jika kamu memang terpaksa harus membeli makanan dari luar karena malas atau gak memungkinkan memasak di rumah, pastikanlah bahwa makananmu bersih dan bebas dari kuman. Memanaskannya di microwave adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami