Lori

Official Writer
1931


Ron Muller sudah menjalankan bisnis restoran Amigos dan Papa Ron’s Pizza selama 40 tahun. Namun baru kali ini dia mengalami bagaimana rasanya harus terdampak langsung oleh kondisi yang tak pernah terpikirkan yaitu pandemi virus corona.

"Saya sudah bangun usaha Amigos dan restoran-restoran Papa Ron’s sudah 40 tahun.  Ketika satu info masuk bahwa orang yang datang dengan corona habis dengan satu titik. Itu nggak gampang tapi kita harus terima keadaan seperti itu," kata Ron Muller.

Ron Muller masih ingat betul bahwa di awal bulan Maret 2020, dia mendapat satu pesan Whatsapp yang memberitahukan bahwa seorang pengunjung yang datang ke restorannya dinyatakan positif Covid-19.

Restoran Amigos pun menjadi sorotan saat itu. Sementara Ron Muller harus dicecar banyak pertanyaan dari awak media yang eminta konfirmasi bagaimana nasib restoran tersebut dan apa yang harus dilakukan ke depan.

Sesaat mendapatkan informasi, Ron pun segera melakukan pembersihan dengan disinfektan ke seluruh bagian restoran. Setelah itu, dia segera membuat laporan ke kantor polisi dan ke departemen kesehatan.

“Jadi kita periksa semua sampai jam 1 baru kita umumkan bahwa setahu kita Amigos selama dua minggu ini kita tidak mendengar apapun satu tamu yang merasa batuk, merasa sakit demam atau apapun. Saya sendiri gak ada merasa weak (lemah) dan waitress semua tidak ada merasa (sakit),” katanya.


Baca Juga: Sugiarto Setiawan: Pilih Mengampuni Meski Usaha Bangkrut Karena Ditipu


Setelah melakukan pembersihan dan konfirmasi kepada pejabat yang berwajib, Ron pun berencana untuk menutup restorannya selama dua minggu. Namun berdasarkan anjuran dari dokter dan Dinas Kesehatan, Amigos pun tetap berjalan.

“Akhirnya kita bikin keputusan, udah kita tutup empat hari. Akhirnya setelah empat hari kita buka. Tapi bisnisnya gak ada yang naik. Gak ada tamu. Jadi kita mikir ya buka untuk apa? ” ucapnya.

Penurunan omzet bisnis restoran pun membuat Ron banyak merenung tentang firman Tuhan. Dia menyadari satu hal penting sedang terjadi yaitu Tuhan akan selalu bekerja di tengah segala masalah yang terjadi.

Dia pun teringat dengan kisah dalam Matius 8: 23-28, dimana murid-murid Yesus mulai ketakutan saat ombak besar menerjang perahu yang mereka tumpangi. Sementara waktu itu Yesus sedang tertidur.

“Kan Yesus lagi tidur. Sebetulnya reaksi mereka instead of (didasarkan pada) lihat ke Yesus tapi mereka lihat ke circumstances (sekelilingnya) Setelah mereka minta sama Tuhan Yesus, langsung calm the sea (lautnya tenang), supaya semua mereka tenang, stress nya hilang. Gak usah takut, iyakan?” terangnya.

Dia pun melihat situasi pandemi Covid-19 ini sama seperti pada saat itu. Karena itu penting untuk merespon dengan cara yang benar yaitu bagaimana tetap fokus kepada Tuhan atau malah fokus kepada keadaan sekitar. Saat kita memilih untuk fokus kepada Tuhan, pasti akan muncul ketenangan. Sebaliknya, saat kita hanya fokus pada keadaan, maka kebingungan dan kepanikan akan terjadi. Karena itulah Ron menyarankan supaya semua orang tetap mengandalkan Tuhan.

“Tanpa Yesus kita gak bisa apa-apa. Sebagai business man (pebisnis) jangan hanya minta Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruslamat kita waktu kita hadapi masalah. Tapi memang ini sesuatu yang kita harus kuat dalam iman kita,” kata Muller.

Karena itu dia berpesan bahwa sekalipun usaha atau bisnis benar-benar sedang dalam kondisi tidak baik, pendapatan menurun dan restoran harus ditutup untuk sementara waktu. Satu-satunya hal yang bisa menguatkan adalah tetap mengingat bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi semua orang yang percaya kepada Dia.

Bukan hanya Ron Muller, tapi ada anyak pengusaha di luar sana yang merasakan dampak besar dari wabah virus corona. Jadi, jangan patah arang. Sebaliknya serahkanlah segala kuatirmu dan pergumulanmu kepada Tuhan.

Apakah kamu diberkati dengan kesaksian ini? Mari bagikan pesan yang sama kepada orang lain dengan cara membagikan link video yang tertera di dalam gambar artikel ini.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami http //bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http //bit.ly/inginKonseling.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7234

advertise with us