Apa yang Harus Kulakukan Jika Pasangan Mengalami COVID-19?
Sumber: Business Insider

Marriage / 1 April 2020

Kalangan Sendiri

Apa yang Harus Kulakukan Jika Pasangan Mengalami COVID-19?

Claudia Jessica Official Writer
3548

Rumah adalah tempat yang aman untuk ditinggali selama masa pandemik corona yang kian menyebar hingga sekarang. Bagi kebanyakan pasangan menikah atau keluarga kecil, mungkin inilah momen untuk menghabiskan lebih banyak waku bersama.

Namun, bagaimana jika pasanganmu mengalami gejala virus corona dan tetap tinggal di rumah bersama denganmu dan keluargamu?

Dikutip dari focusonthefamily, ada banyak hal yang kita lakukan untuk membantunya. Kita harus memberikan yang terbaik untuk memberi mereka pelayanan dan komunikasi, membawa harapan, perspektif dan membantu untuk tetap menjaga sikap dan pikiran positif, bersyukur dan taat pada Firman Tuhan.

Baca juga: Ini Cara Ampuh Menangani Corona di Taiwan, Negara Dengan Kasus Paling Rendah

Ada beberapa saran praktis untuk mendukung, dan mencintai pasanganmu jika dia menunjukkan geajala virus corona.

Tawarkan Dukungan Secara Spiritual

Salah satu cara untuk mengurangi rasa takut atau panik adalah dengan membaca Alkitab. Namun jika kamu sudah melakukan ini dalam rutinitasmu, kamu bisa menambah durasinya atau di waktu lainnya.

Ibrani 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Baca Firman Tuhan dan klaim janji Tuhan, nyatakan kebenaran Firman Tuhan atas pasanganmu, dan biarkan kuasa Tuhan bekerja.

Baca juga: Dukung Penanganan Wabah Virus Corona, OBI Sumbangkan Alat Medis ke Dinas Kesehatan

Sementara itu, kita juga harus memastikan bahwa kita memiliki persediaan makanan dan memastikan kebersihan di dalam rumah. Kita memiliki perisai dan perlindungan yang tak terkalahkan, Yesus Kristus.

Mazmur 18:3 Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!

Kemudian, kita juga bisa mengatakan kata-kata kehidupan yang menyegarkan bagi jiwa dan kesehatan.

Amsal 16:24 Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

Ambil Beban Mereka

Ketika mereka menunjukan gejal virus corona dan membutuhkan waktu istirahat ataupun membatasi diri dengan tidak banyak menyentuh barang atau berinteraksi langsung, kamu bisa menunjukan kasihmu dengan cara mengambil alih tugas mereka.

Baca juga: Tidak Hanya Tim Medis, Pasien Corona Juga Butuh Dukungan Kita

Mungkin membersihkan rumah atau memasak terdengar sederhana tapi inilah yang mereka butuhkan ketika tidak bisa melakukannya. Kemudian akibat pandemik ini, sekolah pun ditutup dan anak-anak berada di rumah. Kamu bisa mengambil tanggung jawab merawat anak-anak.

Jaga Dirimu

Selama kamu merawat pasanganmu dan seisi rumah, pastikan bahwa kamu juga menjaga kesehatanmu. Dr. Daniel Hinthorn, direktur divisi Penyakit Menular di University of Kansas Medical Center, mencatat bahwa mungkin bukan hanya paparan terhadap orang yang terinfeksi yang akan menentukan apakah seseorang akan terinfeksi.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi apakah seseorang mengembangkan COVID-19 adalah jumlah keseluruhan partikel virus yang ditemui seseorang. Dia juga menyarankan agar menghindari kontak dengan pasanganmu jika dia benar-benar terjangkit virus corona.

Baca juga: Ketika Dunia Takut dan Kehilangan Harapan, Inilah 10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan

Kontak secara berulang yang sangat dekat memungkinkan untuk tertular dengan lebih tinggi sehingga memiliki risiko terjangkit penyakit. Dr. Benzio mengingatkan bahwa "isolasi fisik tidak berarti isolasi relasional, emosional, spiritual atau psikologis."

Kamu butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Kamu butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : focusonthefamily
Halaman :
1

Ikuti Kami