10 Tanda Cinta Uang (Bagian 1/2)

10 Tanda Cinta Uang (Bagian 1/2)

Claudia Jessica Official Writer
846

Cinta akan uang adalah masalah hati. Pilihan untuk mengejar kekayaan demi kemewahan belaka atau konsumsi yang egois alih-alih memandang kehidupan dari perspektif alkitabiah, mengumpulkan uang dan sumber daya sebagai alat yang ampuh untuk membawa kemuliaan bagi Tuhan.

Dalam 1 Timotius 3, Paulis mendesak pemimpin gereja untuk  "bebas dari cinta uang."

1 Timotius 6:10 “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang”

Untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan alkitabiah dengan uang, kita harus membangun di atas kebenaran ini: Tuhan memiliki kita dan semua yang kita miliki, dan hanya ketika kita dengan bijak mengelola sumber daya-Nya.

Baca juga: Ini yang Dimaksud Dengan Cinta Uang

Inilah 10 tanda kamu telah terlalu cinta akan uang:

01. Terobsesi Menjadi Kaya

Kekhawatiran di sini bukanlah kekayaan itu sendiri tetapi cinta akan uanglah yang jahat. Pengejaran kekayaan yang kompulsif dan terkadang tidak etis lah yang menyebabkan kehancuran.

1 Timotius 6: 9-10 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Terkait dengan hal ini, obsesi akan kekayaan, gila bekerja yang tidak bijaksana, baca Amsal 23: 4.

02. Tidak Pernah Merasa Cukup

Ketidakpuasan akan apa yang kamu miliki dan kurangnya rasa bersyukur membuatmu tidak akan pernah merasa cukup. Perasaan ini membuatmu cinta akan uang. Seberapa banyak yang kamu miliki namun kamu tidak pernah merasa cukup.

Filipi 4: 11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

Baca juga: Mau Sukses? Larangan Utamanya Jangan Cinta Uang

Masalah hati yang harus dibenari disini adalah perasaan ‘kekurangan’ yang muncul secara konsan dari roh yang tidak puas. Baca Lukas 3: 14, Amsal 30: 15, dan 1 Timotius 6: 6-8.

03. Hidup di Luar Caramu

Gaya hidup yang tidak sesuai dengan pemasukanmu bukan berarti tidak memungkin untuk kamu berhutang. Pemasukan dan pengeluaran yang tidak sepadan demi memenuhi gaya hidupmu adalah masalah keserakahan yang dimilki hatimu. Usahakanlah agar pengeluaranmu sepadan dengan pemasukan yang kamu dapat.

Amsal 22: 7 Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.

04. Menjadi Pamer

Godaan dari saluran belanja tidak akan pernah berahkhir. Karenanya kamu harus mengendalikan dirimu.

Keinginan tidak sehat daging kita, keinginan kita untuk hal-hal yang ingin kitalihat dan kebanggaan akan harta yang ‘bukan dari Tuhan.’

1 Yohanes 2: 16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Tuhan memberi kita banyak hal untuk dinikmati, tetapi kita tidak menjadi "angkuh" atau sombong, menetapkan harapan kita pada "ketidakpastian kekayaan" (1 Timotius 6:17).

Baca juga: Cinta Uang Dapat Hancurkan Pernikahan Anda

Coba lihat kembali apa yang telah kamu di Instagram, Facebook dan media sosial lainnya. Apakah itu cerminan pemikiran dan keyakinanmu tentang uang? Apakah kasmu memuji Tuhan karena pemberian-Nya yang baik, atau menyombongkan diri?

05. Dicirikan oleh Keserakahan

Kamu mungkin tidak merasa serakah, tetapi coba lihat bagaimana orang lain mencirikan kamu?

Apakah mereka melihatmu sebagai orang yang serakah, kurang keinginan untuk memberi? Apakah mereka berpikir bahwa kamu adalah orang yang murah hati dan berbuat baik kepada orang lain? Apakah mereka melihatmu menyimpan harta di surga , atau hanya mengumpulkan barang-barang di bumi?

1 Timotius 6: 18-19 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

Itulah 5 tanda bahwa kamu mencintai uang terlebih daripada Allah yang memberikannya kepadamu. Apakah kamu merasa dirimu memiliki satu atau beberapa tanda di atas? Segerlah periksa hatimu dan berbenah diri.

Kita akan bahas 5 tanda lainnya di artikel selanjutnya.

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami