Jahe Merah Bisa Jadi Obat Untuk Virus Corona?

Jahe Merah Bisa Jadi Obat Untuk Virus Corona?

Claudia Jessica Official Writer
810

Akhir-akhir ini cuaca seperti sedang tidak menentu. Sebentar panas, kemudian bisa hujan. Karena perubahan yang ekstrim ini, banyak orang jatuh sakit. Biasanya terkena flu.

Hal ini juga menyebabkan sistem kekebalan tubuh pun jadi menurun. Apalagi ditengah wabah virus corona yang kini telah muncul di Indonesia yang membuat kita harus lebih ekstra waspada.

Karenanya kita perlu menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit. Baik dengan mengonsumsi obat herbal dalam kehidupan sehari-hari seperti: jahe.

Selain bermanfaat untuk membuat daya tahan tubuh tetap terjagam jahe juga mampu menjadi Pereda nyeri alami dan anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri otot setelah melakukan kegiatan berat seperti olahraga.

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari jahe merah:

1. Meredakan Batuk

Secara tradisional, khasiat jahe merah sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya, jahe akan diolah dan konsumsi dalam bentuk teh.

Kandungan dalam jahe merah yang membuatnya berkhasiat adalah sifat jahe merah yang hangat mampu membantu mengatasi batuk dan radang tenggorokan.

2. Meredakan Sakit Kepala

Sering merasakan sakit kepala? Cobalah dengan rutin meminum jahe merah. Caranya cukup dengan memotong jahe secara tipis, kemudian diseduh dengan air panas dan nikmati selagi masih hangat.

3. Mengatasi Rematik

Jahe merah memiliki kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Selain rematik, jahe merah juga dapat mengatasi asam urat.

Cara untuk mendapatkan khasiatnya adalah rebus jahe merah bersama dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey hingga mendidih. Kemudian air rebusan ini dapat diminum dua kali sehari.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan jahe merah juga sangat berguna untuk membuang racun dalam tubuh. Salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah yang dapat menghambat aliran darah.

Manfaat lain dari jahe merah yaitu melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hilang.

5. Mengatasi Peradangan

Jahe merah juga merupakan salah satu obat alami yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, baik untuk minuman tradisional maupun untuk pengobatan. Kali ini adalah dalam hal peradangan.

Rimpang jahe merah diketahui mengandung senyawa fenol termasuk gingerol dan shogaol. Gingerol memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan terbesar dibandingkan dengan gingerol lainnya yang dapat mengatasi radang.

Nah JCers, itu dia 5 dari banyak manfaat jahe merah yang dapat menjaga kesehatan kita. Walau ga secara langsung bisa menghalau penyakit tapi jahe merah bisa membantu kita meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu meringankan penyakit lainnya.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami