Lori

Official Writer
509


Menjamurnya K-pop di Indonesia membuat Korea Selatan (Korsel) semakin dikenal luas. Bukan hanya mengagumi produksi drama koreanya, tapi banyak masyarakat Indonesia yang juga suka dengan beragam jenis makanan yang mereka sajikan. Beragam gerai restoran Korea pun mulai menjamur dan membuat lidah Indonesia harus mencicipi beragam makanan Korea yang penuh dengan cita rasa yang berbeda. Tapi siapa sangka Kimchi adalah salah satu makanan yang digemari dari negara ini.

Seperti diketahui, Kimchi adalah hidangan sayuran fermentasi dan dibumbui dengan rempah-rempah. Kimchi sendiri merupakan makanan tradisional Korsel yang terus dilestarikan oleh masyarakat karena sejarahnya yang penting serta manfaatnya yang baik bagi kesehatan.

Kimchi sendiri berasal dari 2500-3000 tahun yang lalu. Waktu itu, Korea masih sangat miskin dan hanya punya hidangan sayuran asin untuk bisa bertahan hidup selama musim panen dan menjaga keluarga tetap makan di musim dingin.

"Seiring berlalunya waktu dan semakin banyak jenis makanan yang muncul, daftar bahan hidangan bertambah, (pembuatan Kimchi pun) memakai rempah-rempah yang berbeda dan ragam sayuran dan aromatik," kata Dr. Julia Skinner, pendiri dan pemimpin Root, sebuah perusahaan sejarah dan fermentasi makanan di Atlanta.

Untuk bahan utama Kimchi sendiri dibuat dari kol. Tapi bisa juga diganti dengan sayuran lain seperti lobak daikon, paprika merah dan buah-buahan seperti Apel. Sementara untuk bumbunya terdiri dari garam, saus ikan dan lada kering atau pasta cabai merah. Bumbu-bumbu inilah yang memunculkan cita rasa Kimchi yang sedikit asam, pedas dan asin. Kemudian Kimchi melewati masa fermentasi selama satu sampai dua minggu pada suhu kamar.

Kandungan Gizi Pada Kimchi

Kimchi kol biasanya mengandung 40 kalori per 100 gram dimana kandungannya terdiri dari:

  • 1 1 gram Protein
  • 0 4 gram Lemak
  • 7 gram Karbohidrat
  • 0.3 gram Gula
  • 0.8 gram Serat
  • 2 gram Sodium
  • 19% dari kebutuhan harian Vitamin B6
  • 22 % dari kebutuhan harian Vitamin C
  • 55% dari kebutuhan harian Vitamin K
  • 20% dari kebutuhan harian Folat
  • 21% dari kebutuhan harian Zat Besi
  • 10% dari kebutuhan harian Niasin
  • 24% dari kebutuhan harian Riboflavin

Kimchi jadi makanan fermentasi yang kaya akan kandungan folat, kalian dan kalsium. Namun Kimchi cukup tinggi kandungan garam. Sehingga mereka yang menderita tekanan darah harus mengatur pola konsumsinya. Dalam 2 sendok makanan Kimchi bisa mengandung sekitar 2 sendok teh garam. Atau jika ingin terus mengkonsumsinya carilah varian Kimchi yang mengandung garam yang lebih rendah.

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Bagi yang belum tahu, Kimchi mengandung segudang manfaat kesehatan yang sangat baik diantaranya:

1. Mencegah Penyakit Ringan Sampai Berat

Proses fermentasi pada Kimchi menghasilkan bakteri baik Lactobacillus yang berfungsi memecah gua menjadi asam laktat. Jenis asam inilah yang berguna untuk menyembuhkan sakit pencernaan dan beberaapa jenis diare.

Kimchi juga kaya akan probiotik yang sangat baik jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak.

Kandungannya yang kaya probiotik dan bakteri baik membuat Kimchi bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker tertentu, serangan jantung, kesehatan mental, pencernaan, serangan flu, sembelit dan mengobati kondisi kulit.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Bakteri Lactobacillus yang ada dalam Kimchi bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, suntikan yang mengandung Lactobacillus pantarum, tikus diketahui mengalami peningkatan kekebalan tubuh yang lebih baik.

3. Mengurangi Peradangan

Probiotik dan senyawa aktif dalam Kimchi dan makanan fermentasi lainnya bisa membantu melawan peradangan.

Sebagai contoh, sebuah studi tikus mengungkapkan bahwa HDMPPA, salah satu senyawa itama dalam kimchi bermanfaat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.


Baca Juga: 

Bukan Cuma Makan, Ini Pentingnya Pastikan Makanan Kita Kaya Probiotik!

5 Jenis Makanan Ini Wajib Ada Dalam Daftar Makananmu, Alasannya Alkitabiah Loh!


4. Memperlambat Proses Penuaan

Bagi para wanita yang ingin tampil awet muda, sering-seringlah mengkonsumsi Kimchi. Karena makanan fermentasi ini diketahui bermanfaat memperlambat proses penuaan sel.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi kimchi segar membantu menurunkan berat badan, indeks massa tubuh dan lemak tubuh. Selain itu, varietas fermentasi juga menurunkan kadar gula dalam darah.

Untuk diketahui, mereka yang mengkonsumsi Kimchi menunjukkan peningkatan tekanan darah dan lemak tubuh yang secara signifikan lebih besar daripada mereka yang mengkonsumsi makanan segar.

6. Mencegah Infeksi Jamur

Probiotik dan bakteri sehat dalam Kimchi bisa membantu mencegah infeksi jamur.

Infeksi jamur yang muncul di bagian tubuh yang rentan bisa dilawan dengan mengkonsumsi kimchi yang kaya akan kandungan Lactobacillus yang bermanfaat untuk melawan jamur Candida.

Meskipun makanan asal Korea Selatan ini punya segudang manfaat. Tapi tetap ditekankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena sebuah penelitian telah mengaitkan konsumsi tinggi terhadap Kimchi dengan peningkatan risiko kanker lambung. Kondisi inilah yang membuat para ahli mendesak supaya masyarakat mengatur pola makan Kimchi sesuai dengan kebutuhan. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2