Belajar Nilai-nilai Kekristenan Dari 10 Film Ini Yuk! (Part 1)

Belajar Nilai-nilai Kekristenan Dari 10 Film Ini Yuk! (Part 1)

Lori Official Writer
1047

Para pecinta film pastinya setuju jika saat menonton sebuah film, mereka bukan hanya mencari tentang alur cerita dan kualitas cinematografinya. Tapi ada juga yang lebih mencari nilai-nilai moral atau pesan positif yang menginspirasi dari sebuah film.

Faktor inilah yang berusaha dimasukkan oleh para sutradara film. Ada begitu banyak film-film terbaik yang muncul belakangan ini dan secara menakjubkannya film-film ini mengandung banyak nilai-nilai kekristenan yang menginspirasi.

Di antara sekian banyak film yang ada, kita bisa menyaksikan 10 film ini dan belajar tentang pesan positif yang disampaikan di dalamnya.

1. Hacksaw Ridge

Film ini diangkat dari kisah Perang Dunia II, dimana seorang pria bernama Desmond Doss menjadi sukarelawan tenaga medis untuk perang.

Uniknya, dia menolak memegang senjata atau bahkan menggunakannya demi menaati prinsip yang ditetapkan sebagai seorang penganut gereja Advent Hari Ketujuh.

Awalnya, permintaannya ditolak. Tapi karena kegigihannya untuk membantu Perang Dunia II, Desmond Doss akhirnya ditugaskan ke medan perang di Okinawa, Jepang. Doss berjuang untuk menyemalatkan diri dari serangan peluru dan bom untuk menyelamatkan sebanyak 75 tentara yang terluka. Tindakan inilah yang membuatnya berhak mendapatkan Medali Kehormatan dari Presiden Amerika Serikat.

2. A Hidden Life

Seorang petani yang rajin asal Austria, Franz Jagerstatter menolak untuk berjuang untuk Hitler karena menjunjung teguh keyakinannya sebagai penganut Katolik yang taat.

Film ini sendiri diangkat dari kisah nyata seorang  pria pemberani yang memegang teguh imannya selama masa kekuasaan Nazi, Hitler. Selama satu dekade penuh dia memilih untuk tidak berbohong dengan imannya.

"Jika para pemimpin kita tidak baik, jika mereka jahat, apa yang bisa dilakukan seseorang? Aku ingin menyelamatkan hidupku, tetapi tidak melalui kebohongan," ucap Jagerstatter kepada seorang uskup Katolik.

Film A Hidden Life diisi dengan tema-tema Alkitabiah, termasuk menentang kejahatan dan membela kebenaran sekalipun tak satu pun yang mau.

3. The Greatest Showman

Seorang pengusaha yang putus asa bernama Phineas mempertaruhkan kekayaannya untuk membuka pertunjukan seperti sirkus yang sedikit aneh.

Pertunjukan sirkus inipun dibantu oleh beberapa orang seperti seorang wanita berjanggurt yang bisa bernyanyi, seorang pria pendek yang mengendarai kuda, dan seorang pria dengan badan yang cukup berat.

Film ini sendiri dibuat sebagai tayangan drama musical yang diangkat dari kisah kehidupan seorang PT Barnum. Di film ini dia pun menyampaikan pesan yang dikutip dari Alkitab bahwa semua kehidupan itu penting. Dalam artian Tuhan tidak menciptakan manusia yang tidak berguna. Karena semua orang punya fungsinya masing-masing.

Pesan ini dianggap sebagai ajakan kepada gereja untuk menjalankan mandatnya untuk menyambut orang-orang yang dikucilkan dan terbuang ke dalam gereja.


Baca Juga : 

10 Film Terbaik 2019 yang Masuk Nominasi Oscar Tahun Ini, Ada 5 Film Kristen Loh! (Part 1)

10 Film Terbaik 2019 yang Masuk Nominasi Oscar Tahun Ini, Ada 5 Film Kristen Loh! (Part 2)


4. The Martian

Film fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Matt Damon ini menyampaikan pesan tentang dukungan terhadap kehidupan. Melalui film ini kita diingatkan dengan perkataan bahwa satu jiwa itu begitu berharga bagi Tuhan. Jadi, satu nyawa pun harus diselamatkan dari kondisi yang mengancam seperti yang dialami oleh sang astronot yang tertinggal di planet Mars dan berjuang untuk bertahan hidup sampai bala bantuan datang membawanya pulang.

5. Chariots of Fire

Film bertema olahraga ini menceritakan tentang jejak karir seorang pelari Olimpiade Inggris Eric Liddell tak sekalipun mau memakai hari Sabat untuk bertanding. Sebagai seorang Kristen, dia menolak untuk berlari di pertandingan apapun.

Para rekan kerjanya pun menghormati keyakinan Liddell. Sampai pada akhirnya dia ditawari berlomba dalam pertandingan 400 meter dan berhasil memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Panas pada tahun 1924.

Siapa sangka keyakinannya yang kuat rupanya diwariskan dari orangtua yang adalah misionari. Ketaatannya dalam iman memberikan pesan yang kuat bagi seluruh umat Kristen dalam menjalani kehidupan rohaninya setiap hari.

Dikenal sebagai pribadi yang religius, seorang teman pun memberinya dukungan saat menjalani sebuah pertandingan yang dikutip dari 1 Samuel 2: 30, “Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.”

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin sangat jarang menemukan seseorang yang sangat getol menghidupi nilai-nilai keyakinannya walaupun kondisinya gak memungkinkan. Hari ini, film-film di atas mengingatkan kita, sebagai orang percaya, untuk tidak mengkompromikan iman dan nilai-nilai agama yang kita anut. Hal ini jelas mengungkapkan tentang panggilan sejati dari orang percaya yaitu untuk menjadi berbeda di tengah dunia.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami