Claudia Jessica

Official Writer
1320


Seperti yang kita ketahui sebelum paskah, ada yang dinamakan prapaskah yang dilakukan selama 40 hari. Dimulai dari Rabu Abu yang tahun ini jatuh pada tanggal 26 Februari kemarin, hingga Minggu Palma, dengan berbagai liturgi yang diakhiri sampai pada hari Kamis Putih.

Kamis Putih, menjelang peringatan 3 peristiwa amat penting yaitu Kematian Yesus pada hari Jumat Agung, yang dilanjutkan dengan penguburannya dan masa tinggalnya di dalam kubur, serta kebangkitan-Nya dari kematian pada hari Minggu Paskah.

Jikalau Paskah memperingati kebangkitan Yesus setelah kematiannya di atas kayu salib, maka masa Prapaskah adalah periode waktu dimana orang Kristen Protestan dan Katolik menyambut hari Paskah atau Kematian dan Kebangkitan Yesus yang berlangsung selama 40 hari.

Baca juga: 5 Fakta Unik di Balik Perayaan 40 Hari Pra-Paskah

Tujuannya adalah untuk memperbaharui kerohanian, melakukan perenungan, dan pengampunan dari dosa. Selain itu, orang Kristen biasanya juga melakukan puasa selama 40 hari lamanya. Hal ini diadopsi dari peristiwa Yesus yang berpuasa selama 40 hari dan 40 malam lamanya.

Sebenarnya istilah prapaskah sendiri tidak ada di dalam Alkitab. Hanya kitab Matius berbicara tertang Yesus yang menyendiri selama 40 hari dan 40 malam untuk berpuasa dan berdoa. Karenanya tradisi ini menggambarkan tentang masa puasa Yesus.

Lantas siapa saja yang melakukan puasa prapaskah? Biasanya tradisi ini dilakukan di gereja-gereja Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental, Katolik Roma, Lutheran, Methodist, Presbyterian, Anglikan dan sejumlah gereja Baptis.

Baca juga: Kenapa Gereja Harus Rayakan 40 Hari Pra-Paskah?

Pra-Paskah ini sekarang juga diperingati di beberapa denominasi yang dulunya mengabaikannya, misalnya di sejumlah gereja Baptis dan Mennonit.

Adapun beberapa tadisi yang dilakukan selama masa Prapaskah:

Rabu Abu: Awal dimulainya 40 hari Prapaskah.

Minggu Palma: Satu minggu sebelum paskah.

Kamis Putih: Kamis Putih atau Kamis Kudus merupakan perjamuan terakhir Yesus dengan murid-muridNya.

Jumat Agung: Good Friday atau yang sebelumnya disebut sebagai Black Friday, biasanya diisi dengan kegiatan Jalan Salib, yang meliputi 14 doa dan refleksi tentang 14 kejadian yang menyebabkan kematian Yesus.

Minggu Paskah: Inilah puncak dari Prapaskah yaitu ketika Yesus bangkit dari kematianNya. Ini adalah peringatan yang paling bersejarah bagi umat Kristen sekaligus peringatan Yesus yang telah mati di atas kayu salib untuk menebus kita semua dari dosa.

Baca juga: Masa Pra-Paskah, Masa Untuk Perubahan Hidup

Sumber : jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7239

advertise with us