Lori

Official Writer
654


Bisa dibilang Shoe Bible adalah perintis jasa cuci sepatu yang mulai menjamur saat ini di Indonesia. Usaha ini sendiri dimulai saat pendirinya Yenda Handriaman mendapatkan ide dari masalah yang banyak dihadapi para pekerja yang sibuk di ibu kota. Dimana kebanyakan harus merogoh kocek yang cukup mahal untuk membersihkan sepatu-sepatu kesayangan mereka.

Ide itu muncul pada tahun 2013-an, yang dimana saat itu, bisnis jasa cuci sepatu masih sangat langka dan mahal. Akhirnya dia dan seorang temannya memutuskan untuk membuka bisnis cuci sepatu Shoe Bible tepat pada September 2014. Mereka menawarkan cuci sepatu dengan harga terjangkau untuk setiap jenis bahannya, mulai dari authentic leather,synthetic leather, numbuck hingga suede, hanya berkisar 60 ribu-an saja.

Sebulan kemudian, Yenda pun memperkenalkan Shoe Bible dalam acara Brightspot Market. Siapa sangka melalui event ini usahanya mendapatkan banyak perhatian. Ada banyak orang yang kemudian menawarkan buka cabang dan sampai akhirnya menjadikan bisnis ini sebagai franchise di awal tahun 2015.

Setelah berjalan selama setahun, Yenda memutuskan untuk menjalankan bisnis ini sendiri. Dia pun mengajak distributor sabun sebagai mitra kerja.

Awal membangun Shoe Bible membutuhkan modal sebesar Rp 40 juta. Biaya ini digunakan untuk menutupi kebutuhan seperti gedung, renovasi dan alat-alat cuci sepatu. Dan setelah bisnis ini berjalan selama dua bulan, modal yang dikeluarkan sudah kembali. Di bulan ketiga, Shoe Bible sudah meraup penghasilan sebesar Rp 11 juta per bulan.

Dan hanya dalam hitungan bulan, cabang Shoe Bible sudah hadir di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta dan Padang. Di Jakarta sendiri, Yenda sudah punya 9 toko. Salah satu pusatnya berada di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


Disamping harganya yang terjangkau, Shoe Bible sendiri terbilang menjadi salah satu usaha cuci sepatu yang banyak digemari karena kualitas pelayanannya yang sangat baik. Sama seperti asal muasal namanya Shoe Bible, Yenda ingin usahanya bisa jadi kitab yang berisi tentang sepatu.

Dan bukan hanya jasa cuci sepatu, saat ini Shoe Bible juga melayani jasa pencucian tas berbagai jenis bahan serta akan menyediakan penjualan aksesoris sepatu seperti insole dan kaos kaki, perbaikan sepatu dan penambahan warna untuk sepatu kanvas.

Balik modal dalam waktu yang sangat cepat tentunya membuat kamu tertarik berbisnis cuci sepatu bukan? Kamu bisa coba kok, asal punya modal dan punya keahlian mencuci yang benar ya.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7234

Kanan Agustus