Lori Mora

Official Writer
523


Serangan jantung adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia.

Di minggu ini saja kantor kami dikejutkan sama kematian mendadak salah satu dari rekan kerja kami karena diduga alami serangan jantung. Kemudian dilanjut dengan hari duka nasional setelah suami penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair (40 tahun) juga dikabarkan meninggal karena serangan jantung.

Tentu saja ada banyak kasus serangan jantung yang menimpa orang-orang yang kita kenal. Dan kejadiannya bahkan sangat gak terduga dan begitu cepat.

Walaupun penyakit ini mematikan, bukan berarti mereka yang mengalaminya gak bisa selamat loh! Jadi salah satu teman kerja kita di tahun 2017 lalu juga mengalami serangan jantung koroner. Untungnya, nyawanya masih tertolong karena dia segera mendapatkan pertolongan medis. Kejadian ini pun menyadarkan kita akan pentingnya punya pengetahuan tentang cara memberikan pertolongan pertama kepada penderita serangan jantung.

Jadi apa yang harus dilakukan saat seseorang mengalami serangan jantung?

Melakukan tindakan penyelamatan yang lebih cepat sangat memungkinkan peluang seseorang yang mengalami serangan jantung bisa selamat.

Karena itulah kita perlu tahu, kapan waktu yang tepat dan apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan kepada penderita.

Sebelum memberikan pertolongan pertama, ada baiknya mengetahui jika seseorang yang menderita serangan jantung akan mengalami gejala seperti:

  • Muncul perasaan tidak nyaman di bagian dada, terutama bagian pusat yang berlangsung lebih dari beberapa menit. Rasa tidak nyaman di dada ini bisa jadi semakin berat, sakit dan menekan.
  • Rasa sesak dibagian atas tubuh seperti lengan, punggung, leher, rahang dan perut.
  • Mengalami sesak napas di bagian dada
  • Sensasi tidak biasa seperti keringat dingin, mual, muntah dan pusing.

Saat seseorang menyampaikan keluhan sama seperti gejala-gejala di atas, maka saat itulah waktu yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama.

Ada 3 tindakan penting yang perlu dilakukan:

1. Segera panggil tim medis atau ambulans

Jangan tunggu sampai kondisi penderita semakin parah. Segera hubungan tim medis atau ambulans untuk datang ke tempat dan melarikan penderita ke rumah sakit. Memanggil tim medis adalah cara tercepat untuk segera mendapatkan perawatan darurat daripada harus meminta seseorang mengantarkannya ke rumah sakit.

2. Minta penderita untuk duduk

Cara kedua ini sangat efektif untuk memberikan penderita ketenangan dan terhindar dari risiko pingsan dan terbentur ke lantai.

Setelah itu segeralah lepaskan pakaian dang anti dengan pakaian yang lebih longgar. Dan jika pasien tidak memiliki riwayat pendarahan atau alergi, pasien bisa diberikan aspirin untuk mengurangi rasa sakit yang muncul.

3. Jika penderita pingsan, segera berikan bantuan resusitasi jantung paru (RJP)

Resusitasi jantung paru (RJP) adalah langkah pertolongan medis untuk mengembalikan fungsi napas atau sirkulasi darah di dalam tubuh yang terhenti.

RJP ini bertujuan untuk menjaga darah dan oksigen tetap terdistribusi ke seluruh bagian tubuh.

Adapun tahap-tahap yang bisa dilakukan adalah melalui C-A-B ayaitu compression, airways dan breathing.

Compression adalah tahap menekan dada. Lalu dilanjutkan dengan airways dengan membuka jalur pernapasan melalui mulut. Kemudian memberikan bantuan pernapasan (breathing) melalui mulut.

Lakukanlah ketiga tahap ini untuk mengembalikan kesadaran penderita.


Baca Juga:

6 Penyebab Utama Serangan Jantung

Inilah 10 Pemain Sepak bola yang Meninggal Karena Serangan Jantung


Perlu diketahui, pengetahuan tentang melakukan RJP ini sangat penting bagi penderita serangan jantung. Karena ada banyak orang mengalami serangan jantung di rumah atau di tempat umum, yang dimana pertolongan pertama harus dilakukan untuk menyelamatkannyawa penderita sebelum dilarikan ke rumah sakit. Dan hal yang paling penting adalah, setiap orang bisa melakukan hal ini, terutama melakukan tahap compression.

Jangan sampai kita kehilangan orang yang kita kasihi hanya karena kita terlambat memberikan pertolongan. Karena itulah penting sekali bagi kita, masyarakat awam untuk diedukasi dan membekali diri untuk memberikan pertolongan pertama kepada penderita bukan hanya serangan jantung, tetapi juga kondisi lain yang menyerang seseorang.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7253

Banner Mitra April Week 2