Lori

Official Writer
5758


Masih ada yang belum bisa membedakan apa itu epidemi dan pandemik?

Epidemi adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan penyebaran penyakit menular tanpa terkendali di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu.

Sedang epidemi adalah istilah yang menggambarkan peristiwa penyebaran penyakit yang aktif. Istilah ini bisa dikatakan sebagai penyebaran epidemi yang sudah meluas sampai ke seluruh dunia.

Untuk membedakan kedua istilah ini mari mengelompokkannya ke dalam jenis penyakitnya.

Epidemi

Secara medis, penyakit yang dikenal sebagai epidemi diantaranya adalah wabah Zika 2016 yang melanda kota Florida dan Texas, Amerika Serikat.

HIV juga dikategorikan sebagai epidemic. Meskipun jenis penyakit ini sudah menyebar ke berbagai negara dan harusnya lebih tetap disebut epidemik. Tapi penemuan pengobatan terhadap penyakit ini telah menurunkan risiko peningkatan penyakit.

Selain itu ada demam tifoid yang menyerang Long Island pada tahun 1905. Jumlah penyebarannya hanya mencapai 51 orang. Hal inilah yang membuatnya masuk dalam kategori epidemi.

Pandemik

Sementara di sisi lain, istilah pandemik jauh lebih luas. Kondisi ini terjadi ketika epidemi sudah menembus batas wilayah tertentu dan tersebar ke berbagai bagian negara.

Adapun contoh dari pandemik adalah wabah H1N1 2009 di Amerika Serikat. Sebanyak 60 juta orang positif terserang wabah ini, dimana sebanyak 274.304 orang dirawat dan 12.460 orang meninggal dunia. Pandemik kolera yang terjadi pada tahun 1816-1824 yang meluas sampai ke India, Indonesia dan Rusia. Penyakit ini sendiri telah menewaskan lebih dari 40 juta orang. Ada juga pandemik flu di Spanyol pada tahun 1918 yang membunuh 50 juta orang dalam setahun. Demikian pula dengan pandemik cacar yang merenggut sebanyai 500 juta orang selama abad ke-20.


Baca Juga: Lagi Wabah Virus Corona, Benarkah Penyebarannya Bisa Dicegah Dengan Masker?


Sementara flu telah dikategorikan sebagai pandemik oleh WHO setelah melakukan beberapa fase. Flu disebutkan sebagai pandemik pada tahun 2005 lalu.

Sebuah penyakit dinyatakan sebagai pandemik jika sudah melalui 6 fase ini.

Fase 1 – periode untuk memastikan apakah virus ditularkan dari hewan ke manusia.

Fase 2 – periode dimana jika ternyata virus terbukti ditularkan dari hewan ke manusia.

Fase 3 – ketika kasus sporadis atau kelompok kecil penyakit dipastikan terjadi, tapi penularan dari manusia ke manusia tidak terjadi atau dianggap tidak mungkin berubah menjadi epidemi.

Fase 4 – Ini adalah titik dimana penularan penyakit diketahui sudah terjadi antara manusia ke manusia dan tertular secara luas ke orang lain.

Fase 5 – Sebuah penyakit diduga keras sudah menjadi pandemik ketika penyebarannya sudah mencapai sedikitnya ke dua negara.

Fase 6 – titik dimana penyakit ini dinyatakan sebagai pandemic yang sudah menyebar ke berbagai negara.

Kerangka waktu untuk setiap fase bisa sangat bervariasi, bisa mencapai berbulan-bulan dan bahkan puluhan tahun. Uniknya, tidak semua penyakit berkembang sampai ke fase 6.

Bagi masyarakat awam, mungkin awalnya sulit untuk membedakan dua istilah ini. Tapi dengan informasi ini semoga kita bisa lebih cermat dan cepat meresponi berita yang menyinggung tentang wabah epidemi dan pandemik yang sedang terjadi.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus