Puji Astuti

Official Writer
449


Presiden Joko Widodo mencanangkan Indonesia bebas Tuberkulosis (TBC) pada tahun 2030 nanti agar dapat mendukung pembangunan sumber daya manusia. 

“Saya ingin mendukung keras kegiatan ini, kegiatan bersama menuju eliminasi TBC di 2030. Percuma kalau masyarakat kita enggak sehat, merembetnya bisa ke mana-mana. Bisa ke pendidikan, bisa ke keberlanjutan dalam nanti bekerja, ke mana-mana," demikian pernyataan Presiden Jokowi dalam acara Pencanangan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi Tuberkulosis (TBC) 2030 di Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, pada Rabu (29/1/2020).

Selain itu, Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi Tuberkulosis demi peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi fokus kerja pemerintahan yang dipimpin Jokowi dalam lima tahun ke depan ini.

Mengapa penyakit TBC mendapat perhatian besar dari pemerintah? Yuk kita lihat bersama beberapa fakta penting penyakit yang dikenal menyerang paru-paru hingga menyebabkan batuk darah dan bahkan kematian ini. 

1# TBC adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini menduduki posisi ke kesembilan sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Pada tahun 2015 saja, diperkirakan TBC telah merenggut nyawa 1,3 juta orang di berbagai belahan dunia. Walau demikian, angka ini lebih kecil dari tahun 2000, sebab jumlah kematian telah turun sebesar 1,5 persen. 

2# Indonesia berada di urutan ke 3 sebagai negara dengan penderita TBC terbanyak di dunia

Indonesia berada di urutan ke 3 negara dengan penderita TBC terbanyak di dunia dengan menyumbang 8 persen kasus, sedangkan urutan pertama adalah India dengan 27 persen penderita dan Cina di urutan ke dua dengan 9 persen penderita. 

Di Indonesia setiap tahunnya diperkirakan 100.000 orang meninggal dunia karena penyakit TBC, atau sekitar 300an kematian per harinya. 

3# TBC tidak hanya menyerang paru-paru tapi juga berbagai organ tubuh ini

Banyak orang berpikir bahwa TBC adalah penyakit yang menyerang paru-paru, namun faktanya selain paru-paru, bekteri Mycombaterium tuberculosis ini juga menyerang organ pencernaan seperti usus, lambung dan hati. 

Selain paru-paru dan pencernaan, TBC juga menyerang tulang dan sendi membuat rasa nyeri dan pembengkakan pada jaringan yang terinveksi. 

Bakteri TB juga bisa menginfeksi selaput otak dan saraf tulang belakang, hal inilah yang disebut sebagai meningitis TB. 

TBC juga bisa menyerang ginjal dan saluran kencing, yang bisa ditandai dengan sakit saat buang air kecil, terdapat darah saat buang air kecil, dan nyeri pinggang pada pinggang bagian belakang. 

Ada juga TB kelenjar atau limfadenitis tb yang menyerang kelenjar getah bening.  TB jenis ini adalah kasus TB diluar paru yang paling sering terjadi, ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening. TB kelenjar ini bahkan bisa menyebar dan menginfeksi kulit, hingga bisa membuat kulit menjadi luka, dan menjadi borok atau bernanah. 

4# Penularan bakteri TB hanyalah melalui udara

Menurut laman Hellosehat.com, ternyata penularan TBC hanya terjadi melalui kontak udara dengan penderita. Hal ini jauh berbeda dengan berbagai mitos yang dipercaya orang, seperti memegang dan menyentuh penderita, atau menggunakan alat-alat makan yang pernah ia pakai bisa tertular. 

Kamu akan tertular jika menghirup udara yang mengandung percikan droplet yang mengandung bakteri TB dari penderita. Droplet itu keluar dari tubuh penderita saat ia bersin atau batuk, bahkan saat bicara.

5# Faktor-faktor penentu yang meningkatkan resiko tertular TBC

Tidak semua orang yang berinteraksi dengan penderita TBC akan langsung tertular penyakit ini, namun menurut Central for Disease Control and Prevention, ada empat factor yang membuat kamu mungkin tertular penyakit ini: 

a. Sistem kekebalan tubuhmu sedang menurun atau memang lemah. Untuk itu mereka yang sedang sakit, atau punya penyakit lain seperti HIV/AIDS dan diabetes lebih mudah tertular TBC karena imun tubuhnya lemah. 

b. Sering berinteraksi dengan pasien dan sering terpapar oleh kuman atau bakteri TB.

c. Berada di lingkungan yang tidak sehat, seperti rumah yang lembab, sempit, tidak terpapar matahari dan ventilasi udara yang buruk. Hal ini sangat berpengaruh karena udara segar dan paparan sinar matahari ternyata bisa membunuh kuman yang ada di udara loh. 

Nah, itulah 5 fakta seputar penyakit TBC yang wajib kita ketahui. Yuk kita dukung pemberantasan penyakit TBC ini, karena jika kita sehat, lingkungan kita sehat maka kehidupan kita akan menjadi lebih baik. Selamat menjalani hidup sehat ya JCers. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7250

Banner Mitra Juni Week 1-2