Virus Corona Mewabah, Pemerintah Siapkan Ini

Virus Corona Mewabah, Pemerintah Siapkan Ini

Claudia Jessica Official Writer
743

Wabah virus corona menyebar di beberapa negara dan mendapatkan respon global, termasuk Indonesia.

Namun pemerintah menyebutkan, hingga saat ini virus corona belum masuk ke Indonesia meski sudah banyak pasien yang diduga terinfesksi akan virus ini. Sejauh ini  hasil pemeriksaannya pun selalu negatif. Virus corona sendiri pun disebut dengan nama 2019-nCoV.

Dikutip dari detik.com, virus corona sebetulnya adalah virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus corona biasanya menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

Virus corona sendiri telah mengakibatkan 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali pada 2012 di Arab Saudi. Sebelumnya pada 2003, virus corona menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019-nCoV di China dan setidaknya ada sekitar 300 kasus yang terindentifikasi di China.

Virus corona ini sendiri pun dapat menginfeksi hewan dan manusia. Virus ini menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Virus corona menyebar melalui batuk dan bersin dari mereka yang terinfeksi, sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh.

Baca juga: Lagi Heboh, Wabah Virus Corona Berdampak Besar Bagi 4 Jenis Bisnis Ini Loh!

Lagi Wabah Virus Corona, Benarkah Penyebarannya Bisa Dicegah Dengan Masker?

Segala Hal Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Virus Corona, Mulai Dari Gejala Hingga Pencegahan

Bahkan tiap orang juga mungkin pernah terinfeksi virus corona sedikitnya sekali. Bahkan di Amerika, infeksi virus corona biasa terjadi pada anak-anak, namun siapapun bisa terkena virus ini.

Infeksi virus corona pun kini semakin menyebar hingga ke 13 negara di dunia. Negara tersebut adalah China, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

Pihak pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk menghadapi virus conara, diantaranya:

1. Penjagaan 24 Jam

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan, pihaknya telah ikut menjaga 135 pintu masuk ke Indonesia selama 24 jam penuh.

"Sebanyak 135 pintu masuk negara kita sudah dijaga 24 jam terus menerus dan dilaporkan setiap saat kepada Kemenkes dan kementerian/lembaga terkait," ujar Terawan.

Terawan menjelaskan hal yang paling baik untuk penanganan wabah virus tersebut adalah mencegah agar tidak masuk ke Indonesia. Karena jika virus tersebut berhasil masuk maka hal yang harus dilakukan adalah mendeteksi, menyingkirkan dan kemudian meresponnya.

"Itu yang kami lakukan dengan penuh kesiagaan tinggi namun tanpa kepanikan, itu yang paling penting," kata dia.

2. Alokasi Dana

Terawan juga mengatakan bahwa terdapat 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, China. Meski mereka mengkonfirmasi bahwa mereka dalam keadaan sehat, pemerintah telah menyiapkan beberapa langkah jika mereka dipulangkan ke Tanah Air.

"Kalau sudah sampai di sini kami sudah siapkan semua langkahnya di rumah sakit mana untuk isolasi 243 orang itu," terang dia.

Pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan virus corona, jika wabah yang menetas di Wuhan, Hubei, China, tersebut masuk ke Indonesia. Dana itu sekaligus untuk upaya antisipasi.

Perlu diketahui bahwa virus corona tidak hanya mengancam manusia namun juga pertumbuhan ekonomi global. Hal ini dikarenakan virus tersebut akan mempengaruhi aktivitas dan laju perekonomian China, negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami