Menkumham Ajak Gereja Bantu Pemerintah Lindungi HAM dan Sejahterakan Masyarakat

Menkumham Ajak Gereja Bantu Pemerintah Lindungi HAM dan Sejahterakan Masyarakat

Lori Official Writer
691

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengajak gereja untuk tidak diam saja saat ketidakadilan terjadi di negara ini. Dia yakin jika gereja bisa mendukung pemerintah di berbagai lini, khususnya dalam hal perlindungan HAM, peningkatan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikannya ketika berkunjung ke Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta pada Senin, 27 Januari 2020 lalu.

Di depan mahasiswa kuliah umum tersebut, Yasonna mendorong gereja untuk berani memberikan kritikan yang konstruktif kepada ketidakadilan dalam penegakan HAM.

“Saya percaya bahwa dalam kerangka kerja HAM tentu negara paling bertanggung jawab. Tetapi seluruh masyarakat harus juga memberi kontribusi secara bersama-sama dan gereja tidak hanya memberi suara-suara kenabiannya, tetapi juga berperan aktif dalam membangun penghargaan perlindungan HAM,” ucap Yasonna, seperti dikutip Antaranews.com.


Baca Juga : William Jan Hehakaya, Pendeta yang Bantu Para Penderita Kusta di Desa Terpencil Maluku


Menurutnya, gereja bisa melahirkan solusi-solusi kreatif untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada baik HAM, pendidikan, ekonomi dan sosial di masyarakat.

Seperti yang terjadi di Papua, Yasonna menilai gereja harus aktif dalam meningkatkan pendidikan maupun kesejahteraan masyarakatnya. Karena dengan pendidikan yang baik, masyarakat Papua akan menjadi lebih terampil dan terdidik sehingga hak ekonomi, sosial maupun politiknya bisa terpenuhi.

Meskipun pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk membangun masyarakat di sana. Namun hal dianggap belum optimal. Sehingga sinergi antara gereja dan pemerintah sangat diperlukan sehingga perubahan bisa terjadi.

“Kehadiran gereja ikut bersama-sama memberikan solusi yang konstruktif. Pemerintahan Jokowi baik periode pertama maupun kedua sangat terbuka soal ini. Saya memberikan catatan soal Papua karena saya mau gereja berperan dalam melihat persoalan di sana dan ikut bersama pemerintah,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Menkumham, pekerjaan pemerintah untuk mewujudkan keadilan, meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan bangsa akan terwujud jika berbagai pihak bersinergi membantu pemerintah. Kita patut mendukung berbagai lembaga sosial kemanusiaan dan juga gereja yang sudah berjuang untuk menuntaskan kemiskinan dan meningkatkan pendidikan masyarakat Indonesia. Karena itu kita mengajak semua gereja untuk keluar dari gedungnya dan melakukan sesuatu yang berdampak bagi masyarakat.

Sumber : Antaranews.com | Jawaban.com

Ikuti Kami