#FaktaAlkitab – Kisah Tentang Murid-murid  Yesus, Rasul Yohanes

#FaktaAlkitab – Kisah Tentang Murid-murid Yesus, Rasul Yohanes

Puji Astuti Official Writer
1741

Rasul Yohanes, sosok yang dikenal sebagai murid yang dikasihi oleh Yesus ini adalah sosok yang unik, karena hanya dialah satu-satunya murid yang tidak mati martir, karena setelah pembuangan di Pulau Patmos, Yohanes pada akhirnya mati karena usia tua.

Yohanes anak dari Zebedeus dan ibunya bernama Salome. Selain itu, saudara kandungnya  Yakobus juga menjadi salah satu dari 12 murid Yesus.

Nama Yohanes dalam Bahasa Yunani disebut sebagai Ioannes, yang berarti Tuhan adalah pemurah. Berikut adalah beberapa fakta yang ditulis Alkitab tentang Rasul Yohanes:

1# Anak-anak guruh

Bersama dengan Yakobus, Yohanes disebut oleh Yesus sebagai Boanerges, yang berarti anak-anak guruh (Markus 3:17), yang berarti berwatak keras dan kasar. Kampung halaman Yohanes ada di sebuah kampung nelayan di pinggir danau Galilea.

2# Murid Yohanes Pembabtis

Sebelum menjadi murid Yesus, Yohanes dan kakaknya, Yakobus adalah murid dari Yohanes Pembabtis.  Bayangkan betapa luar biasanya hati Yohanes dengan mengijinkan murid-muridnya untuk menjadi murid Yesus.

3# Menjadi saksi mata peristiwa penting dalam pelayan Yesus

Yohanes adalah salah satu dari tiga orang murid yang menjadi saksi mata beberapa perintiwa penting dalam pelayanan Yesus. Yang pertama adalah membangkitkan putra Yairus, diajak Yesus ke atas bukit dimana peristiwa transfigurasi Yesus terjadi dan melihat langsung Elia dan Musa saat itu.

Yohanes dikenal sebagai murid yang setia dan dikasihi Yesus, namun saat diajak berdoa di Taman Getsemani oleh Yesus di malam Ia akan ditangkap, Yohanes yang saat itu bersama dengan Petrus dan Yakobus tidak bisa berjaga-jaga dalam doa seperti yang diminta Yesus. Mereka ditemukan tertidur, hingga akhirnya mereka menjadi saksi mata penangkapan Yesus.

4# Dipercaya menjadi penulis 5 kitab di Perjanjian Baru

Yohanes dipercaya menjadi penulis dari 5 kitab di Perjanjian Baru, yaitu :

1. Injil Yohanes

2. Kitab 1 Yohanes

3. Kitab 2 Yohanes

4. Kitab 3 Yohanes

5. Kitab Wahyu

5# Murid yang dikasihi Yesus

Selain kedekatannya dengan Yesus yang dicatat oleh beberapa kitab Injil, hanya Yohanes sajalah yang mengklaim sebagai murid yang dikasihi Yesus. Hal tersebut bukanlah klaim yang berlebihan, karena sejak ia menjadi murid Yesus, ia mengalami transformasi yang luar biasa. Hal itu dapat dilihat dari sebelumnya ia adalah putra Guntur yang pemarah menjadi rasul yang penuh cinta kasih, karena ia menngalami  kasih Yesus secara langsung.

Kasih yang ia rasakan itu ia tuangkan dan ajarkan dalam kitab-kitab yang ditulisnya.

6# Berani mengajukan pertanyaan penting

Pada saat perjamuan terakhir atau dikenal sebagai “the Last Supper”, Yesus mengungkapkan bahwa diantara mereka ada yang akan mengkhianatinya. Saat itu, Yohanes dengan berani bertanya:

"Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?" (Yohanes 21:20)

7#  Mengikuti Yesus di malam penyaliban

Hanya Yohanes dan Petrus,2 dari 12 murid Yesus yang terus mengikuti Yesus di malam sebelum penyaliban saat itu. Yohanes juga masuk ke dalam rumah Imam Besar saat Yesus di adili.

8#  Bersama Yesus  saat penyaliban di Golgota

Bersama para wanita saleh yang mengikuti Yesus hingga ke Golgota, saat penyaliban itu Yohanes dipercaya menjadi satu-satunya murid laki-laki yang ada di dekat salib Yesus hingga kematian-Nya.

9# Diminta Yesus untuk menjaga Maria, ibu Yesus

Pada saat-saat terakhir Yesus di kayu salib, Yesus mempercayakan Maria, ibunya kepada Yohanes. (Yohanes 19:26-27)

10# Menjadi pelopor pemberita Injil

Setelah kebangkitan, Petrus dan Yohanes adalah yang pertama-tama berlari menuju kubur Yesus, dan Yohaneslah yang pertama percaya bahwa Yesus benar-benar telah bangkit.

Setelah kenaikan Yesus dan turunnya Roh Kudus, Yohaneslah pelopor pemberita Injil yang mengajak Petrus untuk memberitakan Injil di Yerusalem tanpa rasa takut dan menderita pemukulan dan hukuman penjara.

Ia juga yang bersama Petrus mengunjungi orang-orang yang baru bertobat di Samaria. Para sejarahwan mengasumsikan bahwa Yohanes dengan berani dan setia selama 12 tahun merintis dan memuridkan banyak orang.

11# Mati dalam damai

Kita tahu bagaimana kisah Yohanes diasingkan di Pulau Patmos karena tidak mati saat dijatuhi hukuman mati dengan di goreng di minyak panas di Roma. Dipercaya bahwa setelah ia tua, ia dibebaskan dan kembali Selcuk di Provinsi Izmir, atau yang sekarang kita kenal sebagai Turki.

Ia kemudian meninggal dunia di usia 98 tahun, dan menjadi satu-satunya murid Yesus yang meninggal dengan damai karena usia tua.

Nah, itulah fakta Alkitab tentang Yohanes, salah satu murid Yesus. Kamu ingin tahu tentang fakta Alkitab murid-murid Yesus yang lainnya? Yuk, kunjungi akun JC Channel dengan KLIK DISINI. Pastikan kamu subscribe ya. Tuhan Yesus memberkati. 

Baca juga : 

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Petrus

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Andreas

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus, Rasul Yakobus Murid Yang Jadi Martir Pertama

Sumber : JC CHANNEL

Ikuti Kami