Lori

Official Writer
1436


Meski Anthony adalah mahasiswa kedokteran yang notabenenya belajar tentang ilmu pasti atau nyata. Namun pemikirannya tentang tujuan hidup terus menghantui. Sampai pada akhirnya, dia mencoba mencari jawabannya dari berbagai buku-buku filsafat.

“Dunia kedokteran itukan termasuk ilmu pengetahuan alam. Ilmu pasti. Satu ditambah satu harus dua. Jadi kita percaya karena kita melihat. Sedangkan ilmu ketuhanan itu kan lepas dari panca indra. Itukan ada ilmu lagi tentang masalah roh dan saya belum pernah belajar tentang seperti itu,” terang dr. Anthony.

Dari setiap buku yang dibaca, Anthony tidak menemukan penjelasan tentang adanya sosok Tuhan. Dia hanya menemukan bahwa inti kehidupan itu adalah hidup sebaik-baiknya. Dalam artian, pusat kehidupan berada pada diri kita sendiri.

Semakin banyak buku yang dia baca, semakin dalam punya pemikirannya tentang hidup. Bisa dipastikan kalau sepanjang hari, otaknya terus memikirkan tentang kehidupan.

“Jadi saya lagi berpikir-berpikir terus hampir tiap malam itu, menghantui setiap hari. Gak bisa lepas itu. Gak gila aja sudah bagus, saya pikir,” terangnya.


Baca Juga: Veronica Ruby : Kalau Suamiku Bukan Jodohku Kenapa Tuhan Persatukan?


Di Sumpah Pakai Alkitab

Tahun 1995, setelah menyelesaikan studinya. Tibalah masanya Anthony akan diwisuda. Dalam setiap ceremoni wisuda, setiap mahasiswa akan disumpah di bawah kitab suci menurut keyakinannya.

Sayangnya, Anthony sama sekali bukanlah sosok yang mengenal Tuhan. Latar belakang keluarga yang berasal dari suku Jawa dan China pun mempengaruhi pandangannya tentang Tuhan dan kehidupan. Anthony menyebut dirinya seorang atheist atau tidak percaya Tuhan.

“Pada waktu wisuda, kan disumpah, kedokteran kalau udah lulus disumpah. Waktu disumpah tuh ditanya agamanya apa? Dan saya jawab saya gak ada agamanya, saya bilang. Ya, kalau gak ada agamanya jadi kamu pakai kitab suci mana? Saya bilang gak tahu,” kenang Anthony.

Namun berkat ucapan kekasihnya saat itu, Anthony pun memilih untuk disumpah pakai Alkitab. Tapi dengan syarat, dia mau disumpah jika Alkitab punya teori penciptaan yang sama dengan pemikiran filsafatnya.

“Saya bilang kalau Alkitab pada waktu penciptaan dunia sama seperti itu (bahwa dunia diciptakan dengan cara dualisme atau segaris), saya pegang buku itu. Dan pada waktu mau diwisudanya, saya baca tentang penciptaan dunia,” jelasnya.

Sesaat setelah membaca kisah penciptaan yang ditulis di kitab Kejadian, Anthony mengaku takjub. Dia menemukan jawaban yang sama dengan pemikiran filsafat yang dianggapnya benar. “Hari pertama Tuhan menciptakan terang dan gelap. Oh ini nih alam dualieme. Sama. Udah saya tutup bukunya. Saya pikir orang yang menulisnya adalah orang yang mengerti filsafat,” ucapnya.

Setelah membaca bagian ayat itu, Anthony pun menjadi percaya. Dia memutuskan untuk disumpah memakai Alkitab.


Mendalami Alkitab Setelah Menjadi Dokter

Alkitab membuat Anthony semakin penasaran. Pelan-pelan dia mulai mempelajari setiap bagian kitabnya dan menemukan persamaan dengan teori filsafat yang dia pelajari, termasuk tentang kebaikan, dosa dan juga standar kehidupan orang Kristen.

“Jadi banyak ajaran-ajaran baru yang lebih detil terutama tentang rohani yang saya dapatkan dari kekristenan ini,” ucapnya.

Saat itulah dirinya menyadari bahwa semua pemikiran dan pertanyaan tentang hidup ditulis lengkap di dalam Alkitab. “Jadi dari mana kita berasal, kemana kita (nantinya pergi) ada semuanya,” lanjutnya.

Dia menyesalkan karena ketidaktahuannya tentang isi Alkitab disebabkan karena dia tidak menolak untuk membacanya. Dia juga mengakui bahwa tak seorangpun yang pernah memberitahukan atau bahkan membimbingnya untuk mendalami Alkitab.

Meski begitu, dengan dorongan dari dirinya sendiri. Kini dr. Anthony menjadi orang yang sepenuhnya percaya kepada Yesus. Dia tak lagi pernah memusingkan pemikiran-pemikiran lama yang menghantuinya karena semua jawabannya sudah dia temukan di dalam firman Tuhan.


Apakah kamu punya pertanyaan-pertanyaan yang menganggu hidupmu selama ini? Pastikan untuk menemukan jawabannya di Alkitab. Atau kamu juga bisa membagikan apa yang kamu alami kepada konseling Sahabat 24 kami, yang siap melayani sepanjang hari. Silahkan hubungi ke SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DI SINI.

Sumber : Solusi TV | JC Channel


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2