Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
1339


Tahukah kamu kalau ternyata perempuan adalah investor yang lebih baik dibandingkan pria. Ya, mahluk yang sering dibilang hobi belanja dan menghabiskan uang ini, ternyata ketika sudah mengerti tentang investasi dan juga cara berinvestasi, hasilnya akan lebih sukses dibandingkan kaum Adam.

Hasil penelitian yang dikutip oleh laman financial Forbes.com, yaitu peneltian di Cal-Berkeley berjudul “Boys Will Be Boys: Gender, Overconfidence, and Common Stock Investment,” mengungkapkan bahwa sekalipun pria lebih sering memperjualbelikan saham, namun hasil investasi peremupuan lebih tinggi sebesar 0.94% per tahunnya.

Riset lebih lanjut yang dilakukan oleh Warwick Business School antara tahun 2012 -2016 menguatkan pernyataan di atas, karena kelompok wanita yang disurvey ternyata berhasil mendapatkan keuntungan lebih tinggi sebesar 1.2% pertahunnya dalam investasi di bursa saham dibandingkan  kelompok pria.

Sebuah survei terhadap 8 juta akun investasi juga menyatakan bahwa wanita memberikan imbal balik investasi yang lebih tinggi dan pribadi yang lebih pintar menabung.

Hasil penelitian ini juga mengungkapkan apa yang menjadi kelemahan para pria, faktor terlalu percaya diri membuat mereka aktif melakukan jual beli portfolio saham mereka, hal itu membuat mereka merugi karena biaya transaksi yang lebih tinggi.

Lalu apa sih yang membuat para perempuan itu menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi?

1. Perempuan lebih berhati-hati terhadap resiko

Saat berinvestasi, perempuan lebih hati-hati saat menghadapi resiko. Mereka biasanya lebih cermat dalam mengamati instrument investasi mereka.  Karenanya aktivitas investasi atau aktivitas jual-beli saham kaum hawa lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Jadi pendekatan investasi para wanita seperti bertolak belakang dengan para pria yang  lebih agresif dan masif melakukan aktivitas jual-beli.

2. Perempuan adalah tipe investor jangka panjang

Karena para perempuan biasanya lebih sabar, maka mereka cenderung memilih investasi jangka panjang. Mereka cenderung membeli dan menahan investasi mereka serta disiplin dengan investasi jangka panjangnya.

Baca juga:

Ternyata 5 Alasan Yang Bikin Anak Muda Takut

Pemula, Investasi Saham Nggak Melulu Soal Modal, Yuk Kumpulkan Cuan Lewat 5 Cara Ini!

Jadi bisa dikatakan bahwa  investor perempuan itu lebih konservatif dan orientasi investasinya untuk jangka panjang, berbeda dengan investor laki-laki yang cenderung berorientasi pada investasi jangka pendek.

3. Perempuan tidak malu untuk bertanya dan minta bantuan

Para perempuan seringkali merasa tidak percaya diri ketika terjun dalam dunia bursa saham dan investasi. Namun hal tersebut tidak membatasi mereka, sebab para kaum hawa ini tidak malu bertanya dan meminta bantuan ketika tidak tahu atau menghadapi masalah atau keputusan yang sulit.

Selain itu, para perempuan ini  biasanya tidak cukup meminta pendapat satu orang, tapi membandingkannya dengan pendapat beberapa orang. Itulah sebabnya mereka terbilang hati-hati dalam memilih portfolio mereka.

Nah, dari tiga keunggulan tersebut, buat kamu para perempuan yang mau mulai investasi pada instrument saham, obligasi atau reksadana jangan segan-segan untuk mulai belajar dan melangkah ya. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

upin ipin 20 February 2020 - 06:10:46

Hewan yang penakut

0 Answer

ria rahmadani 19 February 2020 - 20:05:36

Pengertian dari masalah sosial

0 Answer

Benedicto Morio Wada 18 February 2020 - 14:51:23

Riri Panjaitan

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)