Puji Astuti

Official Writer
1740


Akibat virus corona, berita terakhir dari  Aljazeera menyatakan ada 17 orang di China telah tewas, dan di kota Wuhan telah menjadi wabah dan secara global dilaporkan telah terjadi lebih dari 550 kasus serangan penyakit ini.  

Kebanyakan kasus terjadi di China dan kota Wuhan sendiri saat ini sudah diisolasi untuk mencegah penyebaran penyakit menjelang hari raya Imlek dimana akan ada ratusan juta orang akan bepergian ke berbagai penjuru China dan juga ke luar negeri.

Selain China, kasus virus corona juga dilaporkan terjadi empat kasus di Thailand, juga di Korea Selatan, Taiwan, Jepang dan ada satu di Amerika. Semua orang yang terjangkit virus ini adalah orang yang baru pulang dari kota Wuhan, China atau baru-baru ini kesana.

Bagaimana pencegahan penyebaran virus corona yang telah dilakukan?

Pemerintah China pada hari kamis secara efektif menutup akses kota Wuhan dengan cara menghentikan penerbangan dan kereta keluar dari kota itu dan memerintahkan kepada penduduk kota bahwa mereka tidak bisa keluar kota itu tanpa alasan khusus.

Pemerintah China  juga memonitor dan melakukan proses mendesinfeksi sebelum Tahun Baru China atau Festival Musim Semi  yang  acaranya akan dimulai pada Jumat besok, dimana ada 1,4 miliar orang akan bepergian baik secara domestic maupun ke luar negeri.

Berbagai bandara di Asia, seperti Jepang, Hong Kong, Thailand, Singapura, Korea Selatan dan Malaysia melakukan penyaringan terhadap penumpang yang berasal dari kota Wuhan.

Di Eropa, Inggris dan Italia menyatakan bahwa mereka akan memulai peningkatan pemantauan penerbangan dari Wuhan, selain itu Romania dan Rusia juga memperketat pemeriksaan. Hal ini juga sudah dilakukan oleh Amerika Serikat.

Seperti apa sih gejala orang yang terjangkit virus corona?

Menurut lembaga kesehatan dunia WHO, tanda-tanda terinfeksi virus corona ditandai dengan infeksi pada saluran pernafasan, seperti demam, batuk, sulit bernafas dan nafas yang pendek.

Dalam kasus yang parah, bisa mengalami pneumonia, infeksi akut saluran pernafasan, gagal ginjal dan bahkan kematian.

(sumber gambar : Dailymail.com)

Seberapa mematikan virus corona ini?

Menurut para ahli, seperti yang dikutip oleh Aljazeera, virus corona  tidak begitu mematikan dibandingkan dengan SARS, yang telah membunuh 800 orang di seluruh dunia saat terjadi wabah pada tahun 2003-2003 lalu. Virus SARS juga bersumber dari China.

Virus MERS yang tidak menyebar  secara luas lebih mematikan karena membunuh sepertiga orang yang terinveksi.

Baca juga: 

Muncul Tiba-tiba, Ini Fakta Soal Wabah Penyakit Pneumonia Misterius di China

WHO Temukan Virus Mirip SARS

Ular kobra jadi sumber virus corona?

WHO memperkirakan bahwa virus corona ini bersumber dari binatang. Sedangkan laman Scientificamerican.com baru-baru ini merilis bahwa kemungkinan sumber virus ini adalah  ular. Ular yang dimaksud adalah ular kobra China dan ular selat China (Bungarus multicinctus).

Virus corona menyebar dari orang ke orang

Pemerintah China melaporkan bahwa ada belasan petugas medis yang sudah terjangkit oleh virus corona karena melakukan kontak langsung dengan penderita. Penyebaran virus bisa terjadi saat batuk, bersin atau berjabat tangan.

Menurut lembaga pengendalian penyakit Amerika Serikat (CDC), mereka yang bersentuhan dengan benda atau sesuatu yang dipakai penderita, lalu mereka menyentuh mulut, hidung dan matanya sendiri tanpa cuci tangan terlebih dahulu bisa terjangkit.

Mereka yang merawat penderita corona virus juga bisa terjangkit saat menangani limbah pasien, seperti urin dan tinja mereka.

Bagaimana bisa mencegah agar tidak terjangkit?

Hingga saat ini belum ada vaksin untuk mencegah terjangkit virus corona. Beberapa lembaga kesehatan saat ini sedang bekerja keras untuk bisa membuatnya.

Cara terbaik agar tidak terjangkit adalah menghindari orang yang sedang sakit. Jika kamu bersentuhan langsung dengan mereka atau benda yang digunakan, maka jangan sentuh mulut,hidung dan matamu.Sering mencuci tangan dengan sabun dan air. Cuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Kesadaran adalah kuncinya, jika kamu pernah kontak dengan orang yang baru saja dari kota Wuhan, dan merasa sakit, maka kamu harus segera memberitahu petugas medis tentang kondisimu.

Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, serta bersihkan dengan disinfektan benda yang kamu pakai atau sentuh.

Disarankan juga  untuk tidak pergi ke China dulu dalam waktu dekat ini. Walaupun merayakan Imlek di negeri asalnya pasti lebih seru, namun untuk alasan kesehatan ini kamu lebih baik memilih destinasi lain ya. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

Banner Mitra April Week 2